Mesin Capping, Mesin Perekat Botol Anti Tumpah

Mesin Capping

Mesin Capping adalah suatu alat yang bisa digunakan untuk mempermudah atau mempercepat proses penutupan botol untuk suatu produk. Mesin ini cocok bagi Anda yang berbisnis minuman seperti jus dan minuma jenis lainnya. Karena jika menggunakan botol lebih tahan lama dibandingkan jika menggunakan plastik.

Selain itu kegunaan mesin ini juga bisa digunakan sebagai bahan penutup yang berupa plastik, seng, kawat, dan ulir. Mesin ini juga sangat berguna untuk industri pengemasan liquid atau cair. Untuk industri obat, industri air mineral yang menggunakan kemasan berupa botol. Dengan mesin ini akan membantu proses penutupan botol sehingga lebih cepat.

Baca juga : Kemasan Produk Cantik dengan Mesin Press Plastik

Kegunaan mesin ini mampu menutup botol plastik yang memiliki diameter cup 10 hingga 50 milimeter. Kecepatannya hingga hitungan menit. Dengan menggunakan mesin yang memiliki kekuatan energi listrik dengan kekuatan daya sebesar 60 Watt dengan sumber tegangan bisa mencapai 220 volt. Sehingga bisa hemat listrik.

Selain Untuk Menutup Botol Apalagi Keunggulan dari Mesin Capping

  • Mesin capping bisa menutup botol untuk berbagai ukuran botol baik yang botol beling maupun plastik.
  • Mesin ini bisa mengemas dengan lebih cepat dan lebih bersih.
  • Mesin ini bisa menjamin mutu dan kualitas dari cairan yang berada di dalam botol hingga dibuka oleh konsumen.

Cara Memproses Produksi Pembotolan

Mesin Capping

Ternyata tak semua produk berupa minuman yang menggunakan wadah botol. Untuk bahan baku obat, minyak goreng, oli, sabun cair, sirup, pembersih lantai, pewangi pakaian, sirup dan lain-lain bisa menggunakan wadah botol.

Biasanya produsen pembotolan memiliki production line yang sampai dalam jenis mesinnya dengan konveyor sebagai penghubung antara mesinnya. Selain menggunakan mesin capping, untuk memproduksi produk yang dikemas dalam botol maka melalui proses yang menggunakan berbagai jenis mesin pembotolan sendiri. Biasanya terdiri dari depalletizer, washer/rinser, filter, sealer, capper, labeller, packer, dam palletizer.

Depalletizer

Merupakan mesin yang digunakan untuk mengambil botol dari pallet dan menaruhnya di konveyor feeding. Mesin merupakan mesin mekanik dengan penggerak tiga sampai dengan lima aksis. Selain itu botol juga bisa diambil dari wadah formar crate dengan partisi atau tidak.

Baca juga : Cup Sealer, Mesin Penutup Kemasan Minuman

Washer atau Rinser

Mesin tersebut berisi dengan cairan yang umumnya merupakan cair obat dan air konsumsi minum. Sebelum digunakan botol harus dibersihkan terlebih dahulu agar steril. Karena washer atau rinser ini mampu menghilangkan partikel dalam botol yang mungkin masuk saat proses produksi botol.

Cairan pembersih yang digunakan merupakan cairan yang khusus untuk mencuci botol. Tidak hanya itu beberapa mesin botol juga bisa diblow untuk mengeringkan bagian dalam botol setelah dicuci. Mesin washer dan rinser ini menggunakan prinsip semakin lama botolnya dicuci makan semakin bersih botolnya.

Namun jika line produksinya kapasitasnya tinggi maka mesin memiliki kompensasi sendiri agar botolnya tetap bersih dan kapasitas output terpenuhi. Mesin ini biasanya berupa rotary atau berputar.

Filler

Mesin filler atau mesin pengisi biasanya memiliki terhubung dengan sistem buffer product tank atau sistem product mixing atau blending. Untuk produk konsumsi minum, sistem perpipaan maka harus terbuat dari bahan yang sanitary dan stainless. Untuk beberapa kasus produksi dengan line produksi sama tetapi digunakan untuk produksi dua atau lebih jenis cairan yang berbeda, sistem product deliverynya khusus. Atau lebih dari dua jenis isian cairannya. Sistem product deliverynya berjumlah banyak yang sesuai dengan banyaknya isian botol, dan mesin filler mempunyai sistem pengisian secara bergantian.

Sistem kalibrasi isian tergantung dari jenis pengatur isi yang menggunakan magnetic flowmeter atau mas coriolis flowmeters. Mass flowmetter lebih memiliki keakuratan pengisian dengan toleransi sekitar 0,5%. Mesin filling bisa berupa rotary atau inline atau continous atau intermittent.

Mesin Capping

Tidak semua botol bisa disegel dengan foil namun semua botol pastinya bisa ditutup dengan mesin caping. Untuk cara penutupan tergantung dari jenis tutup botol. Ada yang diputar, ditekan dan lain-lain. Seperti Botol capper yang digunakan untuk menutup botol selama proses bottling, mesin ini akan digunakan untuk menutup botol bir setelah proses filling atau pengisian.

Mesin capping ini bisanya menggunakan teknik tekanan untuk mendorong tutup logam atau plastik pada bibir botol, proses  penyegelannya harus sangat ketat agar penutupan botolnya memang benar-benar terekat sempurna. Sehingga tak mengalami kebocoran ketika proses pendistribusian.

Labeller

Sistem labeling pada botol sebenarnya bermacam-macam. Tergantung dari posisi label yang berada di botol selain itu tergantung juga dari bahan/jenis label yang digunakan. Posisi label  biasanya berada di body dan leher. Bahan labelnya pun beragam bisa berupa plastik dan kertas sticker. Untuk botol bulat untuk label umum biasanya melingkat. Dan untuk botol yang memiliki dua sisi label bisa diberi satu sisi atau kedua sisi.

Packer

Merupakan mesin yang digunakan untuk mengambil kardus dan menempatkannya di pallet. Dan karena ukuran pallet dan formasi kardus  tertentu maka

Spesifikasi Mesin Capping Untuk Menutup Botol

Mesin caping ada tiga jenisnya yaitu mesin capping untuk botol plastik, mesin caping untuk tutup botol logam dan mesin caping portable.

  1. Mesin Capping untuk Menutup Botol Plastik

Mesin Capping

  • Mesin ini beroperasi dengan tenaga listrik yang bisa menutup botol dengan cup diameter 25-40 mm.
  • Sementara ketinggian botol mulai dari 50-320 mm.
  • Dalam waktu sejam mampu menutup botol hingga 1200 botol. Sementara mesin hanya bisa untuk menutup botol plastik.
  • Dimensi eksternal mesin cukup besar yaitu 650x200x920mm.
  • Berat mesin ini mencapai 65kg.
  • Harga Rp 5.700.000

2. Mesin Capping untuk Menutup Botol Metal/ Kaleng

Mesin Capping

  • Mesin ini sangat kuat karena kuat dan mudah digunakan untuk menempelkan tutup botol aluminium ke botol gelas, PP, PE, dan PET.
  • Mesin ini memiliki kekuatan 370 watt
  • Memiliki kekuatan listrik 370 Watt
  • Dengan sistem listrik 370 Watt
  • Diameternya 20-40 mm
  • Untuk ketinggian botol 100-300mm
  • Sementara bisa langsung menutup botol hingga kapasitas 1200 per jam.
  • Eksternal dimensi 350x250x650mm
  • Dengan berat mesin 65kg

 3. Mesin Capping portable

Mesin Capping

  • Mesin ini hanya untuk menutup botol plastik.
  • Cap diameternya 10-50mm
  • Capping speednya dengan kecepatan 30-90 botol per menit
  • Daya listriknya hemat hanya 60 watt dengan kecepatan 220 Volt
  • Berat mesin hanya 1,5 kg sehingga portabel mudah untuk dibawa ke mana saja
  • Dimensi mesinnya hanya 300x70x70 mm.
  • Meski ukurannya dan bobotnya yang kecil namun bisa membuat tutup botol semakin rapi dan menjadikan produk minuman kemasan makin berkualitas.
  • Untuk torsinya hanya 50 hingga 25kg.
  • Menggunakan mesin ini tidak menyebabkan tutup botol rusak.
  • Saat tutup botol telah maksimum menutup maka mesin secara otomatis akan berhenti.
  • Cara menggunakannya mudah cukup menempelkan mesin capping pada tutup botol yang sudah tertempel pada botol. Kemudian menghi mesin maka hanya dalam hitungan menit maka tutup akan tertempel. Dan isi cairan dalam botol tidak akan tumpah.

LEAVE A REPLY