Kemasan Produk Cantik dengan Mesin Press Plastik

Ketika proses produksi selesai yang dimulai dari tahap pengolahan, pemotongan hingga pengemasan. Ternyata ada yang terlupa. Pebisnis biasanya lupa untuk menyegel produknya. Padahal hal tersebut sangat penting untuk melindungi produknya dari kerusakan. Untuk menyegel makanan tentunya membutuhkan suatu alat yang bernama mesin press plastik

Mesin press atau mesin sealer sendiri bukan hanya digunakan untuk kemasan makanan namun juga produk lainnya. Saat ini mesin press plastik lebih banyak diminati dibandingkan mesin kemasan lainnya. Mesin ini bukan hanya digunakan di level bisnis skala besar namun juga skala kecil hingga rumahan.

Baca Artikel Terkait, Mesin Sangrai Kopi 

Lalu Apalagi Manfaat Mesin Press Plastik Bagi Produk ?

Mempermudah pengemasan

Karena pengemasan membutuhkan kecepatan dalam pengemasan pastinya membutuhkan mesin press plastik. Jika dibandingkan dengan cara manual yaitu setelah dikemas dengan plastik kemudian diikat dengan karet atau tali. Atau bisa juga direkatkan dengan api yang ditempelkan pada plastik. Cara tersebut memang menghasilkan kemasan yang tertutup namun tingkat kebocoran plastik besar.

Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Cara manual yaitu press plastik dengan merekatkan kedua bibir kemasan pada api yang menyala dengan hitungan detik. Sepertinya cukup berbahaya apalagi bagi pemula. Namun jika menggunakan mesin press plastik,kemasan tinggal dipress pada mesin press plastik maka kemasan langsung rekat.

Kemasan Makanan Lebih Rapi

Merekatkan kemasan dengan cara manual selain ditempelkan pada api, biasanya diikat dengan karet atau tali. Hasil yang didapat terntunya tak serapi jika menggunakan mesin press plastik. Karena akan terlihat berantakan dengan banyaknya lilitan.

Mengurangi Kontaminasi

Karena kemasan dijamin rekat sehingga kemungkinan tingkat kontaminasi kecil. Bakteri, jamur hewan lainnya kemungkinan kecil masuk ke dalam kemasan. Jadi produk yang telah dikemas dengan mesin  lebih higienis.

Harga Jual Lebih Mahal

Karena lebih higienis dan rapi tentunya produk yang dikemas dengan mesin press plastik lebih menarik Dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan cara manual. Sehingga harganya pun ikut naik.

JENIS-JENIS MESIN PRESS PLASTIK

Mesin Hand Sealer

Merupakan mesin press plastik yang digunakan untuk merekatkan plastik dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan mesin perekat yang dipakai. Cara kerjanya dengan memanfaatkan pana syang dihasilkan oleh listrik yang membuat plastik akhirnya menempel dan juga kedap udara dalam di bagian dalam plastik.

Bentuk hand sealer juga lebih kecil dibandingkan dengan mesin perekat biasa sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Hand sealer bisa digunakan untuk mengemas produk makanan yang berukuran kecil seperti bumbu makanan atau makanan ringan lainnya.

Jika dibandingkan dengan perekatan secara manual yang menggunaka lilin. Jika merekatkan dengan hand sealer terkesan lebih rapi dan lebih rekat. Jika dengan lilin dikhawatirkan kemasan justru bolong karena terbakar.

Menggunakan hand sealer pun cukup mudah dengan menempelkan kemasan pada alat. Jadi Anda tak perlu repot membaca buku manual. Selain itu keunggulan lainnya bisa merekatkan kembali kemasan yang sudah terbuka sehingga produk bisa disimpan kembali dan tahan lama.

Continous Sealer

Continous Sealer merupakan salah satu mesin press plastik yang secara otomatis bisa merekatkan kemasan plastik maupun almunium foil. Keunggulan dari mesin ini yaitu hasilnya lebih tertutup dan rekat sehingga meminalisir produk dari kebusukan karena bisa mencegah masuknya mikroorganisme.

Selain itu kecepatan dalam penyegelan produk juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu mesin press ini juga memiliki fitur pencetak expired date. Bahan mesin sendiri terbuat dari stainless steel sehingga kuat, awet dan tidak mudah berkarat. Pada mesin ini juga terdapat sistem roda untuk mempermudah pengemasan.

Cup Sealer

Mesin Press yang digunakan untuk menyegel minuman yang dikemas dalam gelas plastik. Misalnya yoghurt, jus, the, nata de coco. Alat ini ada yang otomatis ada juga yang manual. Para pedagang saat ini lebih memilih menggunakan cup sealer dibandingkan tutup cup. Karena tutup cup sering mengalami kebocoran ketika dijinjing oleh pembelinya.

Mesin Press Plastik Pedal

Merupakan mesin press plastik yang menggunakan pedal kaki dalam pengoperasiannya. Dengan begitu proses pengemasan akan lebih cepat dan mengurangi tingkat kebocoran kemasan. Sebab tenaga pengepressan dilakukan oleh kaki.

Vacuum Sealer

Merupakan mesin yang berfungsi untuk menghambat oksidasi produk makanan. Jadi mengemasnya dengan hampa udara. Makanan yang dikemas dengan mesin ini mampu bertahan hingga waktu 20 hari.

Bagaimana penting bukan mesin press plastik bagi bisnis Anda? Jika iya, untuk mendapatkan mesin tersebut Anda bisa mendapatkannya ke wiratech.co.id sebuah perusahaan yang telah bergerak dalam jual beli mesin selama 20 tahun lamanya. Selamat Mencoba!

 

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY