Ingin Membuka Usaha Kosmetik? Coba Bahan Herbal Ini!

Anda memiliki usaha kosmetik? Maraknya peredaran kosmetik ilegal membuat para pelaku bisnis dan pembeli harus berhati-hati dalam mencari sebuah produk. Tak hanya berdampak pada pembeli, namun juga pada penjual.

Peredaran kosmetik ilegal membuat para pelaku bisnis harus berhati-hati terhadap distributor kosmetik yang mereka pilih. Kesalahan pada pemilihan distributor kosmetik akan membuat pebisnis kehilangan kepercayaan konsumen.

Baca Juga: Jasa Tata Rias Semakin Naik Daun Seiring Permintaan Jasa Rias Wajah

Apalagi, kosmetik ilegal sangat berbahaya bagi tubuh. Tak tanggung-tanggung, kerusakan pada fungsi ginjal merupakan salah satu efek berbahaya dari pemakaian kosmetik ilegal.

Untuk menghindari peredaran kosmetik ilegal, ada baiknya jika Anda membuat produk kosmetik berbahan herbal. Berikut beberapa bahan herbal yang bisa dijadikan sebagai produk untuk usaha kosmetik Anda

Bahan Herbal yang Bisa dijadikan Kosmetik

Herbal adalah tanaman yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Berikut beberapa tanaman herbal untuk kosmetik

Shea Butter

Shea butter merupakan lemak putih yang diekstrak dari kacang pohon African Shea yang tumbuh liar di daerah Savana Barat dan Afrika Timur.

Dibuat dengan cara kacangnya diambil dari buah dengan menghancurkan dan tunggu sampai shea butter mendidih. Kacang dipetik, diretakkan, dipanggang, dan ditumbuk untuk mengekstrak  mentega yang kemudian direbus dalam air hingga shea butter segar naik ke permukaan.

Shea butter dapat bertahan selama 18 hingga 24 bulan. Banyak sekali manfaat yang didapat dari shea butter seperti menyembuhkan ruam, tanning, stretch mark, dan luka bakar. Tak hanya itu, shea butter juga sangat bermanfaat untuk bibir dan rambut.

Cocoa Butter

Cocoa butter atau lemak kakao adalah buah yang dihasilkan dari pohon kakao. Tanaman tersebut berasal dari hutan-hutan tropis di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Cara mengolah biji kakao menjadi cocoa butter adalah dengan cara menggiling biji kakao yang kemudian dipanaskan guna memisahkan lemak dari padatan kakao.

Cocoa butter memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Misalnya seperti menjaga kulit tetap lembab dan halus, mengatasi bibir yang pecah, menunda penuaan, mengurangi gejala-gejala masalah kulit, dan membantu memudarkan stretch mark.

Hanya saja, kelemahan dari cocoa butter adalah tidak semua orang cocok menggunakannya. Beberapa orang yang sensitif terhadap penggunaan cocoa butter akan menyebabkan reaksi alergi.

Lidah Buaya

Siapa yang tidak mengenal jenis tanaman yang satu ini? Dalam dunia usaha kosmetik alami, lidah buaya sudah lama dikenal karena memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sering kali produk kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran.

Lidah buaya sudah tidak bisa diragukan lagi manfaatnya. Untuk wajah, lidah buaya bermanfaat untuk membasmi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah, menghilangkan komedo, mengecilkan pori-pori wajah, dan menghaluskan wajah.

Sedangkan manfaat lidah buaya bagi tubuh adalah dapat mempercepat penyembuhan luka luar, mengatasi iritasi, meningkatkan kekebalan tubuh, membasmi plak pada gigi, membantu proses detoksifikasi, mengurangi berat badan, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Jojoba Oil

Jojoba oil merupakan minyak alami yang diekstrak dari biji tumbuhan herbal yang disebut jojoba. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah gurun seperti California dan Meksiko. Meskipun tumbuh di gurun, tanaman ini tetap mampu menyimpan cadangan air.

Biasanya jojoba oil digunakan untuk perawatan rambut, luka bakar, dan jerawat. Meskipun berbahan herbal, jojoba oil tidak cocok untuk dikonsumsi. Pemakaiannya hanya digunakan untuk perawatan luar tubuh seperti kulit dan rambut.

Baca Juga: Jangan Cuma Jadi Konsumen! Coba Jadi Penata Rias di Salon Kecantikan

Untuk wajah, jojoba oil berfungsi untuk mengatasi kulit berminyak, sebagai pembersih make up, dan melembabkan bibir yang kering. Sedangkan untuk rambut,, jojoba oil berfungsi mengatasi rambut kering, dan membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Acai Berry

Acai berry merupakan buah yang mirip dengan blueberry, dan cranberry. Buah acai berry berasal dari pohon acai palm yang biasa tumbuh di Amerika Tengah dan Selatan. Buah acai berry cukup populer dalam dunia kecantikan.

Manfaat acai berry untuk kecantikan adalah mmebuat kulit tampak lebih sehat dan berkilau, membantu mengurangi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menjaga kulit tetap lembab, dan mengatasi bibir pecah.

Neem

Neem atau daun intaran merupakan daun yang berbentuk gerigi. Tanaman ini merupakan tanaman khas india, Myanmar, Sri Lanka, dan Bangladesh. Manfaat terbaik neem didapat dengan cara mengambil airnya.

Agar dapat memproses daun neem menjadi produk kosmetik, Anda bisa mengambil airnya. Air neem bisa didapatkan dengan mudah dengan cara merebus daun neem ke dalam air, lalu dinginkan.

Manfaat daun neem untuk kecantikan adalah sebagai obat anti jerawat, anti-aging, anti inflamasi, pelembab kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan komedo, dan menghilangkan lingkaran hitam mata.

Baca Juga: Pelatihan Make Up Artist Jakarta GTC untuk Berbisnis Tata Rias dalam Sehari

Arnica

Arnica merupakan tanaman bunga yang tumbuh asli di pegunungan Eropa dan Siberia. Daun arnica bentuknya bergerigi dan sedikit berbulu. Meskipun merupakan tanaman herbal, arnica tidak boleh digunakan sebelum diolah menjadi minyak.

Arnica sangat baik digunakan untuk rambut karena memiliki manfaat berupa membantu pertumbuhan rambut dan mengatasi masalah ketombe.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk usaha kosmetik Anda. Penggunaan tanaman herbal pada kosmetik tentu lebih baik karena kosmetik berbahan herbal relatif lebih aman jika dibandingkan kosmetik berbahan kimia.

SHARE

LEAVE A REPLY