Digibank DBS, Segala Layanan Perbankan Dikemas ke Dalam Satu Aplikasi

DBS hadirkan digital bank yang mereka namai Digibank DBS. Digibank DBS merupakan sebuah aplikasi yang mengemas seluruh layanan perbankan mulai dari transfer, e-wallet, sampai membuat perencanaan keuangan yang bisa diakses melalui smartphone pengguna. Aplikasi ini baru saja memulai debutnya di India tahun lalu dan dinyatakan sukses sampai menjaring minat 1.5 juta nasabah baru hingga saat ini. Bertolak dari keberhasilan mereka di India, Indonesia pun dijadikan target pasar berikutnya.

Tepat pada bulan Mei 2017 DBS resmi meluncurkan aplikasi Digibank DBS ini di Indonesia. Saat peluncuran aplikasi ini, Paulus Sutisna, Presiden Direktur Bank DBS Indonesia mengatakan Digitalbank DBS dikembangkan karena dalam beberapa tahun terakhir pengguna internet dan smartphone bertumbuh semakin pesat di Indonesia. Sehingga, hal ini mengubah prilaku nasabah dan orang-orang yang semakin menginginkan cara yang sederhana, cepat dan praktis dalam melakukan transaksi perbankan. Untuk itulah DBS memperkenalkan Digibank dengan tujuan dapat memenuhi kebutuhan masyarkat tersebut sehingga dapat melakukan transkasi di mana saja dan kapan saja.

Baca juga : Apa saja Internet Banking

Saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, DBS mengklaim 13 ribu nasabah berhasil terjaring untuk menggunakan aplikasi ini. Digibank DBS baru menyediakan layanan perbankan standar untuk kebutuhan pembukaan rekening, deposito, dan transfer dana. Selain itu, DBS juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain adalah teknologi keamanan biometric, fitur perencanaan finansial, layanan asisten virtual berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dikerjakan oleh Kasisto (startup asal New York yang merupakan jebolan perusahaan yang menciptakan Siri Assistant Apple).

Keunggulan layanan Digibank DBS

Teknologi Biometrik untuk buka rekening

Cara pembukaan rekening Digibank terbilang sangat mudah. Nasabah cukup mengunduh aplikasi Digibank di App Store atau Google Play Store. Kemudian mengisi data dan membuat janji dengan agen Digibank untuk melakukan verifikasi tanpa harus ke bank, dan tanda tangan. Proses verifikasi ini nantinya akan dibantu dengan alat kusus berteknologi biometric. Untuk itu, pada tahap verifikasi nasabah hanya diminta untuk menyiapkan e-KTP, NPWP dan mencocokan sidik jari nasabah dengan e-KTP. Apa perlu menjadi nasabah DBS terlebih dahulu untuk registrasi Digibank? Tidak perlu nasabah cukup mendaftarkan diri melalui aplikasi Digibank DBS saja.

Fitur perencanaan finansial Spending Tracker untuk pantau keuangan nasabah

Fitur ini jelas tidak dimiliki oleh aplikasi perbankan mobile, seperti BCA Mobile atau yang lainnya. Spending Tracker merupakan layanan yang dapat memudahkan nasabah merencanakan pengeluaran mereka dan juga memantau transaksi perbankan menggunakan kartu debit Digibank.

Virtual Assistant yang akan jawab pertanyaan nasabah

Untuk meningkatkan kenyamanan nasabah, DBS menyertakan layanan virtual assistant berteknologi Artificial Intelligence yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Digibank dan transaksi nasabah. Misalnya untuk mengetahui saldo rekening, cukup menulis “Berapa saldo rekening saya?” Virtual Assistant Anda akan menampilkan informasi berapa saldo rekening nasabah. Bagaimana bila pertanyaan nasabah tidak terjawab? Bila ada pertanyaan yang tidak atau belum terjawab, maka Anda akan dihubungkan langsung dengan Agen Digibank. Tidak ada batasan waktu untuk menggunakan layanan ini, nasabah bisa menggunakannya 24 jam dan gratis.

Kelebihan menggunakan Digibank DBS

Tidak hanya memberikan layanan perbankan dengan cara yang baru, Digibank juga memiliki kelebihan lainnya yang menguntungkan bagi nasabahnya, anatara lain.

  • Bunga tabungan 3%

Biaya oprasional digital bank ini lebih efesien dibandingkan bank konvensional. Tidak ada biaya administrasi tiap bulan dan syarat saldo minimum. Ditambah lagi nasabah juga bisa menikmati bunga 3% per tahun mulai dari penempatan rupiah pertama.

Baca juga : Apa itu Layanan e-Banking

  • Transfer dan tarik tunaik di ATM tidak dikenakan biaya

Dengan membuka rekening Digibank Anda terhubung dengan bank lain dan jaringan ATM-nya, Jadi, nsabah bisa transfer ke bank mana saja dan pilih ATM mana saja berlogo Alto dan ATM bersama untuk tarik tunai dengan gratis termasuk di ATM DBS dan POSB di Singapura.

  • Bunga deposito 6.25%

Dengan hanya Rp 5 juta, pemegang rekening dapat menikmati bunga deposito hingga sebesar 6,25%.

  • Nasabah bisa nikmati promosi dari merchant rekanan Digibank DBS

Selain ketiga keuntungan itu, nasabah pun juga bisa menikmati berbagai promosi yang diberikan oleh merchant yang telah bekerja sama dengan DBS, misalnya Cashback 50 untuk pengisian ualang Go-Pay melalui menu isi ualng aplikasi Digibank, cashback 50% dan potongan harga 30% untuk pembelian menggunakan kartu debit DBS, promo belanja di Singapura dan masih banyak lainnya.

  • Bisa bayar tagihan melalui aplikasi Digibank

Dengan menggunakan layanan ini, Anda bukan hanya bisa mengirimkan dana ke rekening atau bank lain dengan gratis, tapi juga bisa untuk membayar tagihan apapun, seperti listrik, air, telpon, kredit, bahkan isi ulang pulsa.

Limit transaksi Digibank DBS

Dengan menggunakan layanan ini, nasabah bisa melakukan transaksi ke sesama bank ataupun rekening lain yang besaran maksimumnya berbeda-beda, berikut besar limit transaksi menggunakan Digibank DBS.

Nah, bagaimana tertarik dengan keunggulan dan keuntungan yang ditawarkan digibank DBS? Saat ini layanan ini sudah bisa menggunakan di sistem operasi Android atau iOS. Anda bisa unduh aplikasi ini melalui app store atau play store.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY