Sering Menggunakan Layanan E-Banking? Ketahui Cara Aman Transaksi dengan Internet Banking

tips aman ebanking

Bagi yang sudah menjadi nasabah bank sudah pasti akrab dengan istilah internet banking. Apa itu internet banking dan apa manfaatnya bagi Nasabah? Internet banking atau yang dikenal dengan istilah e-banking adalah layanan perbankan dengan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. Layanan ini bisa digunakan nasabah untuk melakukan pembayaran, transfer serta pengecekan saldo tabungan melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan. Pengadaan internet banking ini bertujuan untuk menerapkan atau aplikasi terhadap teknologi yang kian berkembang dan bertujuan untuk menjawab keinginan nasabah yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman, murah dan tersedia setiap saat dan yang tidak kalah penting adalah bisa diakses di manapun nasabah berada.

Jenis layanan internet banking terdiri menjadi dua, yaitu perbankan online atau yang 66biasa juga disebut dengan perbankan daring dan bank mobile. Perbankan online adalah layanan yang bisa digunakan nasabah untuk melakukan transaksi seperti transfer dana, informasi saldo dan nilai tukar, pembayaran tagihan dan pembelian bisa dilakukan di komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank. Sedangkan perbankan mobile adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telpon seluler GSM dengan menggunakan SMS.

Dari waktu ke waktu, layanan e-banking semakin banyak diterapkan oleh beberapa bank yang Anda, pengadaan layanan atau jasa internet banking ini pun diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum. Apa saja manfaatnya internet banking untuk nasabah yang menggunakannya?

Transfer Antar rekening bisa lebih mudah

Bagi Nasabah yang suka melakukan pembayaran antarbank, tentunya dengan layanan pembayaran online akan sangat membantu. Pasalnya Anda tidak perlu mengunjungi mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri)  untuk melakukan pembayaran karena Anda bisa melakukannya saat itu juga tnpa harus keluar rumah atau meninggalkan kerjaan Anda.

Tagihan bisa dibayar menggunakan layanan perbankan E-banking

Dengan memiliki fitur internet banking Anda juga bisa dengan mudah melakukan pembayaran tagihan. Tagihan apa saja? Seperti tagihan kredit, tagihan air, listrik bahkan tv kabel. Hal ini karena kini sudah banyak layanan e-banking yang menyediakan fitur beberapa pembayaran tagihan tersebut. Tidak hanya itu, nasabah juga bisa membayar pembelian produk atau jasa ke merchant-merchant yang bekerja sama dengan bank terkait.

Dapat Dengan Mudah Memonitor Laporan Keuangan

Selain dapat mengecek saldo, setiap layanan internet banking juga dilengkapi dengan laporan atau catatan setiap transaksi yang dilakukan. Dengan itulah para nasabah yang menggunakan layanan ini bisa dengan mudah memonitor keuangan mereka secara realtime di mana pun dan kapanpun.

Membeli pulsa ponsel

Jika dahulu untuk mengisi pulsa Anda harus ke toko pulsa atau agen penjual pulsa, kini dengan layanan internet banking Anda bisa melakukan pengisian pulsa sendiri. pembelian pulsa ini didukung oleh semua operator seluler di seluruh Indonesia. Jadi apapun provider yang Anda gunakan, Anda bisa melakukan pengisian dengan layanan tersebut.

Kajahatan dalam Menggunakan E-banking

Dengan menawarkan pelayanan yang mudah, cepat dan praktis maka semakin banyak nasabah yang menggunakan layanan ini. Namun sangat disayangkan layanan tersebut tidak sepenuhnya aman dan bebas dari pembobolan. Salah satunya adalah kasus pembobolan akun internet banking nasabah dari bank terkemuka di Indonesia.

Kedok yang dimainkan oleh pelaku pembobolan adalah dengan cara melakukan laporan palsu ke salah satu provider selular dengan dalih bahwa kartu SIM card dari nomor korban hilang. Sehingga dengan kartu baru tersebut pelaku menelpon call canter dari bank terkait yang mengaku sebagai korban dan meminta ID dan alamat email yang digunakan untuk verifikasi e-banking. Kemudian setelah mendapatkannya, pelaku langsung memindahkan saldo rekening korban ke rekening pelaku. Nah, untuk itu, jika Anda pengguna internet banking yang cukup aktif, sebaiknya lakukan penceggahan agar terhindar dari tindakan kejahatan. Berikut ini tips-tipsnya.

Bertransaksi dengan komputer atau gadget pribadi

Melakukan pembayaran dengan komputer atau gadet yang bukan milik Anda adalah langkah yang salah karena keamanannya tidak terjamin. Untuk itu jangan abil risiko. Bila Anda ingin melakukan pembayaran melalui internet banking, jika Anda melakukan pembayaran melalui internet banking lakukanlah dengan perangkat pribadi milik Anda dan gunakan koneksi internet yang aman. Bila Anda ada ditempat umum diusahakan jangan menggunakan koneksi Wifi publik untuk melakukan pembayaran melalui mobile banking atau online banking.  Bila Anda terpaksa menggunakan device umum maka pastikan pastikan media tersebut aman untuk melakukan transaksi. Setelah melakukan logut aku e-banking Anda dan segera hapus history transaksi menggunakan pilihan clear cache.

Berhati-hatilah membuka email

Kasus pembobolan dengan cara email phising sudah bukan hal yang baru lagi. Tapi sayangnya masih banyak nasabah yang terjebak dengan modus tersebut. Biasanya email phising ini berupa email yang dibuat seotentik mungkin agar korban percaya bahwa email itu dari perusahaan yang terpercaya, sehingga korban tidak ragu memberikan data pribadi termasuk nomor rekening beserta passwordnya. Nah untuk mecegah hal ini terjadi, Anda jangan pernah membuka/ meng-klik lnik yang dikirimkan melalui email atau media lain yang mengatasnamakan salah satu perusahaan. Kalau Anda penasaran ada baiknya pastikan terlebih dahulu kepada perusahaan terkait apakah ada program seperti yang di-emailkan.

Jangan mengunduh dan menggunakan aplikasi yang tidak terpercaya

Selain menggunakan email, pembobolan juga bisa melalui aplikasi yang Anda unduh. Aplikasi tersebut biasanya berupa malware yang bisa mengambil data-data pribadi pada device Anda, bahkan bisa saja mengambil alih kontrol gadget yang Anda gunakan.

Jaga kerahasian kode akses atau nomor pribadi SMS Banking

Nomor pribadi yang Anda daftarkan untuk mengaktifkan SMS Banking adalah alat yang bisa digunakan oleh orang yang ingin membobol akun e-banking Anda. Maka jangan pernah memberikan atau memasukan data tersebut ke aplikasi yang tidak terpercaya, apa lagi kode akses untuk masuk ke akun e-banking Anda.

Ubah password secara berkala

Cara lainnya untuk pencegahan adalah dengan mengganti password e-banking Anda secara berkala. Buatlah kombinasi password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain, jangan gunakan password dengan nama atau tanggal lahir sendiri. Buat kombinasi password dengan gabungan angka dan huruf.

Buat laporan ke provider seluler yang Anda gunakan bila handphone dan SIM Card hilang

Biasanya untuk melakukan transaksi menggunakan e-banking paling sering melalui handphone. Karena jauh lebih praktis ketimbang kita harus login terlebih dahulu dengan di laptop atau komputer. Nah jika suatu saat handphone yang bisa Anda gunakan untuk electronic banking ini hilang, segeralah buat laporan kepada pikah provider seluler agar menonaktifkan nomor Anda. Selain itu, membuat laporan ke pihak bank untuk membekukan rekening Anda sementara juga jadi langkah yang tepat untuk mencegah pembobolan akun mobile banking.

Bila Anda menenemukan kejanggalan, misalnya ada transaksi dalam jumlah yang banyak namun bukan Anda yang melakukan transaksi tersebut, maka segeralah hubungi contact center bank terkait agar segera dilakukan tindakan.  Demikian tips pencegahan terjadinya tidakan kejahatan terhadap internet banking. Semoga berguna dan dapat Anda terapkan agar dapat bertransaksi dengan aman.

LEAVE A REPLY