Mau Buka Usaha Froyo dan Es Krim? Inilah Kursus Membuat Es Krim dan Froyo

Sebelum membahas Kursus Membuat Frozen Yogurt dan es krim, mari cari tahu bagaimana peluang usaha froyo. Frozen yogurt atau yogurt beku atau yang ngetrend disebut froyo merupakan makanan penutup yang sedang populer di tengah masyarakat. Sajian yang menyerupai es krim ini diminati bukan hanya karena rasanya unik, manis dan sedikit asam, tapi juga memiliki manfaat yang melipah bagi tubuh. Anda pasti sudah tahu bukan komposisi utama frozen yogurt? Yup, yogurt!

Seperti yang kita ketahui bersama, yogurt merupakan produk yang dihasilkan dari fermentasi susu. Dalam yogurt sendiri terkandung energi, karbohidrat, gula, protein, vitamin A, vitamin B2, serta kalsium.Oleh karena itu tidak heran banyak orang yang menyukai jajanan ini.

Selain itu, juga banyak yang menyukainya karena diklaim rendah kalori dan baik untuk pencernaan. Dengan begitu dapat dikatakan, frozen yogurt merupakan alternatif cemilan es krim bagi orang-orang yang peduli akan kesehatan namun tetap ingin camilan enak.

Cemilan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tepatnya tahun 1981. Adalah TCBY (The Country’s Best Yogurt) yang merupakan usaha franchise pertama yang menawarkan frozen yogurt sebagai produknya. Kemudian seiring dengan perkembangan jaman, bisnis ini mulai menjamur, varian rasa dan hadirnya¬†topping-topping pemanis froyo juga mulai ditawarkan banyak kedai frozen yogurt.

Di Indonesia, terutama di Jakarta gerai frozen yogurt juga sudah mulai terlihat. Gerai-gerai tersebut kebanyakan di temukan di mal-mal kota besar di Indonesia. Camilan dingin ini dijual dalam berbagai varian rasa dan topping. Apa Anda juga berminat ikut menjajal bisnis ini? Tapi bagimana prospek bisnis frozen yogurt?

Peluang Usaha Frozen Yogurt

Peluang usaha frozen yogurt di Indonesia bisa dikatakan sangat menjajikan mengingat banyaknya permintaan yang kian melambung. Ini tidak mengherankan karena penikmatnya sendiri menjangkau semua kalangan, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Tetapi biarpun menggiurkan, banyak yang mengira persaingannya sangat sulit karena pemainnya kebanyakan didominasi oleh segmen menengah ke atas.

Memang benar, tetapi ini tidak pula menutup peluang bagi bisnis frozen yogurt di skala menengah ke bawah. Kenapa? Sebab seperti yang telah kami jelasakan, target konsumennya menjangkau semua lapisan masyarakat. Lalu bagimana jika kita ingin merintisnya di skala kecil menengah? Konsep outlet space dengan terbatas, di lokasi yang strategis dan harga produk yang lebih terjangkau oleh kalangan menengah bisa jadi permulaan bisnis frozen yogurt Anda.

Agar tidak tenggelam di tengah persaingan yang ketat, ciptakanlah inovasi yang tidak dimiliki oleh kompetitor Anda. Misalnya jika kebanyakan frozen yogurt disajikan menggunakan cup biasa, Anda bisa mencoba mengubah wadahnya menggunakan sesuatu yang unik untuk menarik pelanggan. Dan yang terpenting adalah sajian froyo yang Anda tawarkan. Pastikan memiliki tekstur dan rasa yang enak.

Pada tahap ini kadang membuat sebagian pengusaha putus asa karena tidak kunjung dapat membuat frozen yogurt yang enak dan bertekstur padat. Untuk itu, mulailah muncul kursus cara membuat frozen yogurt. Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti kursus membuat frozen yogurt, berikut rekomendasi tempat kursusnya. Beberapa di antaranya ada juga yang sekaligus memberikan pelatihan membuat es krim.

Kursus membuat frozen yogurt dan es krim

Raja Yogurt Yudi Wayan Roosdian

Alamat: Gg Denser II 70 RT 003/13

Kontak: 0813 9440 7824

Yudi awalnya merintis bisnis minuman yogurt yang ia beri nama Raja Yogurt. Bisnis ini dimulainya pada 2004 yang berhasil memproduksi di atas 100 liter per hari. Namun karena kesulitan memasarkan produknya, ia banting stir ke bisnis pelatihan. Terjunnya Yudi pada bisnis ini pun dimulai dari tidak sengaja. Kemudian kegiatan ini dimulainya sejak tahun 2009 hingga kini.

Baca Juga : Ikuti Kursus Coklat Dulu

Dengan metode pengajaran yang sederhana ia membandrol harga yang tinggi untuk program kursusnya. Untuk sekali pertemuan, peserta hanya perlu membayar Rp 500 ribu, yang sudah termasuk fasilitas peralatan, bibit yogurt, emulsifier, essence, dan konsultasi gratis selama tiga bulan pasca pelatihan. Selain pelatihan membuat frozen yogurt, Yudi juga memberikan perlatihan untuk membuat es krim tanpa menggunakan mesin es krim.

Kursus Tristar

Kursus Yoghurt

Alamat: Jl. Prapen Indah blok J5, Surabaya, Jawa Timur (Kantor Pusat)

Kontak: (031) 843 8839

Info Kursus: http://www.kursustristar.com

Kursus Tristar memberikan pelatihan home industri dan handicraft yang membantu pengusaha yang ingin memulai bisnis pada skala industri kecil dan menengah. Tristar menyediakan berbagai program kursus masak, salah satunya adalah kursus membuat frozen yogurt.

Di sini peserta pelatihan diajarkan mulai dari pengetahuan bahan, step by step pengolahan baik secara manual, menggunakan mesin dan peralatan industri sederhana, cara pengemasannya, bahkan sampai cara pengurusan izin usaha. Bukan hanya itu saja, Tristar juga menyiapkan bibit yoghurt siap pakai. Dan nantinya peserta juga akan diajarkan bagaimana jenis bibit yogurt yang berkualitas dan cara pengembang biakannya sehinggapeserta dapat menyajikan froyo dengan bahan yang berkualitas.

Lezat Academy

Alamat: Jl. Veteran 9B Surabaya

Kontak: 031-3538710

Lezat Academy adalah lembaga kursus yang didirikan oleh Lezat Grup, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang majalah kuliner dan cooking hands on, just demo, cooking show/cooking demo dan berbagai acara memasak lainnya.

Kelas wirausaha yang diselenggarakannya antara lain kursus membuka warung makan, frozen food, bakso dan mie, siomay dan batagor. Selain belajar membuat frozen yogurt, di sini Anda bisa mempelajari bagaimana cara manajemen bisnisnya. Sebab target peserta yang dijangkau oleh lezat Academy adalah pengusaha kecil dan menengah.

Manda Es krim

Alamat: Jl.Ceger Raya 17, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangsel

Kontak: 0817 696 9987

Bagi Anda yang berlokasi di daerah Tanggerang Selatan, tempat kursus ini bisa Anda datangi. Di tempat kursus Manda Es krim, Anda bisa belajar membuat es krim dalam waktu 5 menit saja. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga akan dibekali dengan kiat-kiat memulai usaha es krim. Adapun materi yang akan diberikan berupa informasi seputar modal usaha, cara meminimalisir risiko dan meningkatkan keuntungan, membuat system agar usaha yang ada cepat bekembang. Untuk mengikuti kursus ini Anda tidak akan dipungut biaya apapun.

Cukup menjadi agen Manda Es krim maka Anda bisa mendapatkan materi pengajaran tersebut.

Baca juga : Mesin Pembuat es krim dan yogurt

Gustaaf’s Ice Cream

Alamat: Jl. Gunung Salak 1 No. 2 Perumnas Cirebon

Kontak: 0231- 9255900

Adalah tempat kursus usaha es krim dan frozen yogurt yang bertempat di bilangan Gunung Salak, Cirebon. Berdasrkan dari website Gustaaf’s Ice Cream, tepat kursus ini dapat diikuti oleh semua peserta, baik profesional maupun pemula yang baru akan memulai usaha ice cream dan frozen yogurt. Apa saja yang didapatkan dari pelatihan ini? Selain mendapatkan ilmu bagaimana cara membuat es krim dan foryo dengan komposisi yang pas, peserta juga mendapatkan buku resep, peralatan membuat es krim dan froyo, seperti mixer, bahan es krim dan peralatan pendukung lainnya. Biaya untuk mengikuti kursus ini cukup terjangkau, peserta cukup membayar Rp 2.5 juta per orang.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY