Ketahui Media Sosial Apa Yang Cocok Untuk Usaha Online Anda

Sudah bukan hal yang baru lagi media sosial digunakan sebagai media atau tempat untuk menjual produk. pasalnya platform-platform ini tidak hanya bisa digunakan untuk tempat pemasaran saja namun juga bisa menjadi platform untuk mempromosikan bisnis secara online tanpa dipungut biaya. Ini yang membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk membuka usaha online dengan media sosial ketimbang berjualan offline. Semakin tinggi penikmat media sosial untuk usaha akhirnya mendorong perusahan-perusahaan tersebut mengembangkan fiturnya. Seperti  Facebook misalnya dengan meluncurkan Facebook Marketplace yang merupakan platform jual-beli yang bisa diakses oleh pengguna Facebook.

Selain pemasaran, media sosial juga banyak dimanfaatkan untuk promosi. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar dengan menggunakan fitur Ads seperti Twitter Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Bila Anda pengusaha yang juga ingin memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menjajakan jaualan, Anda harus mengetahui medsos yang tepat karena setiap media sosial memiliki karakter pengguna yang berbeda-beda. Daripada Anda harus memakan waktu menggunakan banyak media sosial untuk usaha lebih baik fokus ke satu platform namun karekter penggunannya sangat dominan dengan target konsumen bisnis Anda. Berikut beberapa media sosial dan bagaiamana karakter penggunannya sehingga Anda bisa menentukan media sosial yang cocok untuk usaha online.

Facebook

Facebook merupakan jaringan sosial network terbesar, baik nama dan banyaknya pengguna jumlahnya sudah melampaui pemakaian media sosial lainnya. Bahkan kami kutip dari okezone.com menurut laporan pada kuartal ketiga (Q3) di 2016, pengguna Facebook diketahui telah melebihi angka 1 miliar di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Data ini diambil bedasarkan data jumlah pengguna aktif secara harian pada September 2016. Pada priode yang sama juga, Facebook dilaporkan memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 1.66 miliar hanya di perangkat mobile dengankan pengguna aktif bulanan dari semua platform sebanyak 1.79 miliar.

Berdasarkan data-data itu maka tidak heran pengusaha banyak yang memilih media sosial ini sebagai sarana pemasaran dan promosi mereka. Konten yang bisa di posting pada media sosial ini juga tidak terbatas, selain text, Kita juga bisa meng-share foto, video, update perusahaan dan hal lainnya yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Karakter pengguna Facebook:

18 – 29 tahun : 34%

30 – 49 tahun : 31%

55 – 64 tahun : 16%

> 65 tahun : 9%

Baca juga: Facebook Marketplace, Jual-beli Jauh lebih Mudah dengan Sosial Media

Twitter

Media sosial lainnya adalah twitter, media memang tidak serupa dengan Facebook di mana Anda hanya bisa memposting teks minimal sebanyak 140 karakter, selain teks pengguna juga bisa mengupload konten lainnya seperti gambar, link, video atau poling. Uniknya media sosial ini adalah pengguna bisa menggunakan tanda tagar (#) atau yang biasa disebut dengan hastag untuk mengkelompokan sebuah pesan atau status yang menggunakan kata kunci khusus. misalnya Anda ingin mem-posting busana muslim, Anda bisa menggunakan tanda tagar diikuti dengan keyword khusus sesuai dengan produk yang mudah dicari oleh pengguna twitter lainnya contohnya #bajumuslim. Nah, pengguna lain akan lebih mudah mencari produk Anda dengan menuliskan hastag yang serupa yaitu #bajumuslim pada kolom pencarian.

Yang harus diperhatikan jika menggunakan media sosial ini adalah jangan posting hanya untuk mengupload promosi produk Anda saja, buatlah konten yang relevan dengan tren yang sedang diminati oleh pengguna twitter lainnya. Rentang usia pengguna Twitter :

18 – 29 tahun : 37 %

30 – 49 tahun : 25 %

50 – 64 tahun : 12 %

> 65 tahun : 10 %

Instagram

Instagram adalah media sosial yang lebih condong pada aspek visual seperti foto dan video. Mesekipun jenis kontennya cenderung terbatas, namun penggunannya bisa dikatakan cukup banyak. Kurang lebih tercatat lebih dari 400 juta pengguna memposting dengan berbagai macam konsep, ada yang khusus memposting bertemakan kuliner dan traveling, fashion, kesenian dan tak luput tren masa kini yaitu selfie. Karena media sosial ini mengkususkan untuk konten berupa gambar maka di dalam Instagram juga tersedia fitur mengedit foto dan video yang dapat diakses dengan mudah oleh perangkat mobile.

Pengguna media sosial ini sendiri memiliki pengguna yang lebih spesifik, sehingga Anda juga harus menyesuaikan karakter pengguna dengan usaha yang ingin Anda jalankan. Bagaimana rentang pengguna media sosial Instagram? Rentang usia pengguna Instagram :

18 – 29 tahun : 53%

30 – 49 tahun : 25%

50 – 64 tahun : 11%

> 65 tahun : 6%

Nah bila target konsumen Anda adalah kelompok yang berumur 25-34 tahun ini salah satu media yang cocok untuk usaha Anda. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus memahami wawasan tentang fotografi agar foto yang Anda posting menarik perhatian koknsumen. Selain itu ada beberapa tips jualan di Instagram yang juga harus Anda ketahui.

Baca juga: Cara Mendapatkan 10.000 Followers Instagram

Tumblr

Media sosial ini adalah salah satu platform yang mungkin jarang digunakan untuk keperluan berbisnis. Namun juga meraik jika digunakan untuk promosi produk, selain teks Anda juga bisa memposting gambar atau video yang berdurasi sedikit, chat quote, dan juga audio. Platform ini sama seperti twitter karena pengguna bisa me-reblogging atau meng-share teks atau video dari akun yang lain sehingga jika content Anda menarik maka content milik Anda akan cepat viral. Untuk penggunanya media sosial ini juga memiliki karekater pengguna.

Rentang usia pengguna Tumblr :

18 – 24 tahun : 23%

25 – 34 tahun : 27%

35 – 44 tahun : 15%

45 – 54 tahun : 10%

55 – 64 tahun : 6%

> 65 tahun : 2%

Sebagian pengguna Tumblr adalah anak muda dengan rentang usia 18-24 tahun. Nah, jadi bila Anda memiliki usaha dengan target konsumen yang rentang usianya tidak jauh dari itu, Anda bisa menggunakan Tumblr sebagai platform promosi usaha.

Youtube

Salah satu media sosial yang cocok untuk usaha online selanjutnya adalah Youtube, yitu merupakan platform atau network untuk berbagi video. Di mana pengguna dapat mencari dan mengupload video milik mereka ke situs ini. Lebih dari 1 miliar pengguna aktif berkunjung dan melakukan pencarian pada situs ini. Setelah diakusisi oleh Google pada tahun 2006, pada mesin pencari google Youtube selalu berada di posisi paling atas. Jadi ini mungkin bisa Anda jadikan salah satu media marketing yang sangat tetap untuk bisnis online. Dengan konten berupa tutorial atau pengenalan produk adalah kunci agar brand Anda bisa akan lebih dikenal oleh konsumen apa lagi disertai dengan content yang menarik dan unik.

Rentang usia pengguna Youtube:

18 – 24 tahun : 11%

25 – 34 tahun : 23%

35 – 44 tahun : 26%

45 – 54 tahun : 16%

55 – 64 tahun : 8%

> 65 tahun :3%

Demikian media sosial yang cocok untuk usaha online yang bisa Anda gunakan. Sesuaikan karakter penggunanya dengan target pasar Anda maka suatu saat pasti penjualan Anda juga akan meningkat. Selamat mencoba!

Sumber:https://gleamsocialblog.wordpress.com/2016/03/24/social-media-users-statistics-infographic-2016-gmi/

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY