Memperkuat Koperasi & UMKM, Melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif di Koperasi & UMKM Expo 2017

Dalam rangka memperkuat Koperasi & UMKM Melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif, PT. Amara Satu Raya (ONE EVENT) didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi & UKM dan di sponsori oleh Bank BRI akan menyelenggarakan pameran Koperasi & UMKM Expo 2017 yang dilaksanakan pada 26 – 30 Juli 2017 bertempat di Grand City Convex Surabaya.

Pameran ini akan diikuti oleh kurang lebih 220 stand dengan produk unggulan Koperasi & UMKM dari dalam dan luar Jawa Timur. Pihak yang turut berpartisipasi dalam pameran ini diantaranya adalah Koperasi Usaha Kecil & Menengah (UKM), Dekranasda dari berbagai daerah di Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kabupaten/Kota di Jawa Timur beserta mitra-mitra binaannya, UKM Binaan Bank BRI, Perusahaan perbankan dan jasa – jasa lainnya seperti BUMN/BUMD beserta mitra-mitra binaannya.

Adapun tema yang diangkat di tahun ini adalah “Memperkuat Koperasi & UMKM Melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif”. Tema ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempersiapkan produk Koperasi & UMKM untuk segera siap menuju persaingan era global. Pameran ini juga diadakan sebagai ajang untuk memperkenalkan produk-produk unggulan dengan kualitas ekspor yang kreatif dan inovatif melalui kegiatan ekonomi kreatif, yang dalam hal ini adalah melalui kegiatan pameran. Selain itu konsep yang diusung adalah City of Charm, dimana City Of Charm ini adalah sebagai media untuk lebih memperkenalkan ke 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Yang dalam tahun ini daerah yang akan kami branding adalah Kota Malang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pameran Koperasi & UMKM Expo tahun ini disponsori oleh Bank BRI. Dalam hal ini Bank BRI turut mendukung program pembayaran non tunai (cashless) dengan memberlakukan pembayaran menggunakan uang elektronik. Untuk mendukung gerakan tersebut telah disediakan berbagai doorprize pembelanjaan harian berupa macam-macam alat elektronik bernilai total puluhan juta rupiah. Salah satu syarat untuk mendapatkan kupon doorprize adalah pengunjung harus melakukan transaksi non tunai di area pameran, seperti kartu kredit, kartu debit, serta uang elektronik (Brizzi) dan dapat menukarkan struk pembelanjaannya dengan kupon droorprize.

Hal lain yang menjadikan pameran Koperasi & UMKM Expo 2017 lebih spesial adalah setiap harinya pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai acara menarik di area dalam pameran (indoor) maupun luar pameran (outdoor) yang dapat membantu menambah pengetahuan dalam hal pengembangan bidang usaha terutama Usaha Kecil & Menengah (UKM). Seperti hal nya di hari rabu hingga jumat akan hadir banyak talkshow, workshop, dan seminar. Sedangkan di hari sabtu dan minggu akan banyak hiburan dan berbagai perlombaan seperti Hijab Hunt, Smesco Idol Singing & Colouring Competition, dan Cultural Zumba Dance, Fun Walk, Aerobik, dan beberapa acara unggulan di tahun ini adalah Indonesia Fashion Culture, Festival Kopi Nusantara, dan Zombie Fun Run.

Indonesia Fashion Culture

Di tahun ini, Indonesia Fashion culture sebagai acara andalan di tahun lalu akan kembali hadir di dalam rangkain acara Koperasi & UMKM Expo 2017. “Kembali bekerjasama dengan beberapa asosiasi di Jawa Timur, kami sangat berharap Indonesia Fashion culture dapat menjadi sebuah ajang fashion show yang dapat mengangkat industri fashion lokal serta produk unggulan kreatif dan inovatif asli Indonesia ke kancah Internasional” ungkap Yusuf Karim Ungsi, SH., MM., Direktur PT. Amara Satu Raya, selaku organizer pameran ini. Ia pun mengungkan acara ini tidak terlepas dari beberapa asosiasi yang turut membantu dalam pelaksanaannya, seperti Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Asosiasi Pengrajin Batik Jawa Timur (APBJ), Komunitas Usaha Kreatif Jawa Timur (KUKJ), Persatuan Pengusaha Bordir Jawa Timur (PERSADIR), Asosiasi Pengrajin Kulit (ASPEK), Perkumpulan Perajin Perhiasan dan Bebatuan (PERABA), dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Surabaya. Festival Kopi Nusantara

Festival Kopi Nusantara merupakan sub acara Koperasi & UMKM Expo 2017 yang digelar di area luar pameran (Outdoor) yakni di area parkir mobil depan Grand City Convex Surabaya. Para pecinta kopi dapat mengunjungi area ini dan akan disuguhkan berbagai macam komoditas kopi sebagai produk unggulan di Jawa Timur sembari menikmati pertunjukan V60 Battle, yakni adalah lomba menyeduh kopi secara manual (brewing).

Cultural Zumba Dance, Aerobik, Funwalk, dan Zombie Fun Run

Beberapa acara menarik lainnya yang kami hadirkan di Koperasi & UMKM Expo 2017 diantaranya adalah Cultural Zumba Dance di hari sabtu malam, serta Aerobik, Funwalk, dan Zombie Fun Run di hari minggu pagi. “Acara ini merupakan sebuah terobosan gagasan ide untuk memperkuat brand image Koperasi & UMKM untuk meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri dan mengembangkan ekonomi yang berdikari melalui kegiatan kekinian yang dapat merangkul seluruh kalangan terutama anak muda” Ucap Yusuf.

Peserta Aerobik, Funwalk, dan Zombie Fun Run akan memperoleh kesempatan untuk memenangkan doorprize bernilai total puluhan juta rupiah. Tak kalah serunya di Zombie Fun Run pengunjung dapat merasakan sensasi mengejar zombie yang badannya sudah ditempeli oleh kupon ekstra yang dapat memperbesar peluang peserta untuk memperoleh doorprize.

Kontribusi UMKM di Tengah Perekonomian Jawa Timur

Dalam memperingati Hari Koperasi ke-70, saat ini perekonomian di Jawa Timur sudah 54,98 persen ditopang oleh koperasi & UMKM. Hal ini terjadi berkat komitmen dan ketekunan dari Dr. H Soekarwo selaku Gubernur Jawa Timur.

Ditemui di sela-sela acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-70 Provinsi Jawa Timur di  Tulungagung beberapa hari silam, Kepala Dinas Koperasi & UKM Jawa Timur mengataan bahwa kontribusi koperasi & UMKM pada PDB Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun. “PDB Indonesia dari koperasi saat ini terus merangkak naik, dimana pada tahun 2013 hanya berkisar 1,71 persen kini sudah merangkak naik mejadi 4 persen atau tepatnya 3,99 persen. Kami yakin tahun depan pun akan lebih meningkat dari tahun ini” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M., M.H.

Pada pameran kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Koperasi & UMKM Jawa Timur telah mengikutsertakan binaannya yang mendisplay Produk Unggulan dan Kualitas Export dari 38 Kabupaten / Kota di Jawa Timur dan beberapa Produk Unggulan Creative Trading House (CTH) yang meliputi : Produksi Fashion, Craft, Makanan dan Minuman, Herbal, Aksesoris, Produk Kulit, Agro & Food, Furniture, Bordir, Beauty & Cosmetic dan Perbankan.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY