Indonesia-Product.com Marketplace Online B2B Fokus Ingin Memperkenalkan Produk UKM ke Kancah International

Indonesia-product.com adalah sebuah platform direktori bisnis yang berada di bawah perusahaan PT. Indonesia Product Global yang sudah berdiri sejak 1998. Marketplace B2B (business to business) ini sendiri memiliki fokus untuk mengembangkan sektor bisnis Usaha Kecil Menengah ke global. Di tengah banyak pemain e-commerce yang tertarik di sektor B2C sebab promosinya lebih mudah, Indonesia-Product justru menyasar ke sektor listing bisnis.

Seperti yang kita tahu, dulu promosi bisnis konvensional hanya dapat dilakukan melalui buku direktori. Di mana dengan cara ini hanya dapat terdistibusi secara terbatas dan hanya bisa di satu area saja, belum lagi sudahnya menyelusuri bisnis yang ingin kita cari. Namun seiring dengan perkembangan dunia digital, mulai dikenal lah cara promosi bisnis melalui situs direktori online, seperti Indonesia-Product.com. Melalui portal ini tidak hanya pelaku usaha saja yang diuntungkan, tapi juga pengguna yang ingin mencari mitra bisnis. Di mana dengan Indonesia-Product.com pelaku usaha yang tergabung bisa menjangkau pasar hingga seluruh dunia melalui internet.

Cara Promosi Digital Indonesia-product kenalkan Produk UKM Ke Global

Indonesia-Product tidak hanya menawarkan layanan listing bisnis saja, namun juga memberikan promosi digital dengan melakukan optimasi kata kunci untuk produk-produk Indonesia terutama yang layak ekspor. Tidak hanya itu saja, untuk meyakinkan calon member Indonesia-product mendirikan lebih dari 20 website pendukung, di antaranya adalah Indonesia-Furniture.com, Indonesia-Handicraft.com, Indonesia-Garment.com dan Indonesia-Export.com.

Hal ini sangat penting dilakukan karena bisa membantu Pagerank score grup situs Indonesia-Product lebih tinggi di Google. Sehingga memungkinkan portal-portal dari Indonesia-product muncul pada halaman pertama dalam mesin pencari Google saat orang memasukan kata kunci khusus seputar produk lokal Indonesia.

Kabanyakan dari situs-situs pendukung tersebut menggunakan Bahasa Inggris. Sesuai dengan misi yang ingin mereka tuju. Di mana mereka ingin UKM yang tergabung bisa menjangkau pasar luar negeri, untuk itulah Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris agar mudah menjaring konsumen luar.

Tidak hanya itu saja, Indonesia-product baru-baru ini juga telah meluncurkan aplikasi mobile yang juga bernama sama, Indonesia-product. Aplikasi yang baru dirilis pada Juni 2016 ini untuk mendukung optimalisasi promosi produk UKM. Dengan alasan mengikuti perkembangan dunia teknologi, Indonesia-product mendevelop sebuah aplikasi marketplace B2B yang sudah dilengkapi berbagai fitur unggulan yang bisa menguntungkan member mereka. Salah satunya adalah sudah terintegrasi dengan Google Maps dan juga fitur Call Listing. Sehingga pembeli bisa lebih mudah menemukan, serta menghubungi member Indonesia-Product.

Kerjasama Dengan SMESCO Guna Mengembangkan UKM Indonesia

SMESCO Indonesia merupakan pusat bisnis UKM di Jakarta yang menyediakan 34 paviliun provinsi yang didesain sendiri oleh provinsi masing-masing dan menjual produk-produk unggulan khas daerahnya. Terdapat ribuan hasil karya UKM, baik perwakilan provinsi maupun bisnis UKM milik individu. Kerjasama yang dijalin oleh SMESCO dan Indonesia-product dalam bentuk promosi digital untuk UKM yang ada di keanggotaan SMESCO.

Sesuai dengan misi Indonesia-product, tujuan kerja sama ini dilakukan agar dapat memperkenalkan dan memasarkan produk UKM secara lebih luas. Melalui strategi digital marketing maka bukan hanya pembeli nasional saja yang bisa terjaring tapi juga International.

Paket Member Indonesia-Product

Untuk bergabung sebagai member, UKM yang memiliki potensi untuk berkembang di pasar International dapat mendaftarkan usahanya melalui website, aplikasi atau menghubungi langsung tim sales dari Indonesia-Product. Terdapat 2 jenis listing membership yang ditawarkan, yaitu Free Membership dan Paid Membership.

Pada Membership Free ditawarkan paket Bronze, merupakan paket tidak berbayar. Dengan mendaftar sebagai member free, Indonesia-product akan menampilkan informasi bisnis pengusaha nama usaha pada situs listing bisnisnya, seperti alamat, ratings dan review, detail view, nomor telpon, email, URL dan lokasi bisnis.

Pada member berbayar ada paket silver, gold dan diamond, dengan biaya investasi yang beragam mulai dari Rp 2 juta per tahun sampai Rp 10 juta per tahun. Masing-masing paket disertai dengan fitur yang beragam. Untuk paket Diamond dengan biaya sebesar Rp 10 juta per tahun, member akan mendapat mainstite dengan alamat www.indonesia-product/(nama perusahaan), tampil di halaman depan situs Indonesia-product, detail informasi perusahaan, juga layanan digital marketing dari Indonesia-product.

5 kategori Produk Lokal Indonesia yang Paling Diminati

PT Indonesia Product Global saat ini sudah memiliki cukup banyak basis data UKM Indonesia. Untuk sektornya bisnisnya sendiri beragam, mulai dari, fashion, handicraft, garment, furniture, hingga kuliner. Namun ada lima kategori yang dinyatakan paling tinggi secara peminat dan pencariannya, yaitu kategori furniture, jewellery, handicraft, garment dan natural stone. Untuk saat ini, sudah lebih dari 500 ukm yang telah tergabung menjadi member dari product-Indonesia. Kedapannya Indonesia-product berharap bisa lebih banyak merangkul lebih banyak UKM yang ada di Indonesia, sehingga impian untuk membuat produk lokal dapat bersaing di kancah international bisa tercapai.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY