Ide Kemasan Keripik yang Tidak Akan Bikin Produk Anda Keliatan Garing

ide kemasan kripik

Peluang usaha kripik akhir-akhir ini banyak dipilih oleh pengusaha tidak heran karena penggemarnya memang cukup banyak. Bukan hanya itu saja, cara membuatnya yang mudah dan juga modal yang dibutuhkan tidak mernguras kantong jadi alasan mengapa banyak pengusaha tergiur menjalankannya. Tapi bukan berarti tidak ada kendala, justru karna semakin banyak orang yang menjajaki usaha ini, persaingannya pun akan semakin ketat. Untuk itu diperlukan inovasi terbaru agar produk tidak tenggelam.

Banyak cara sebenarnya untuk dapat bertahan bahkan lebih unggul dari produk lainnya, seperti membuat inovasi rasa yang baru atau mengemas produk Anda dengan desain unik yang dapat menarik perhatian pembeli. Sahabat UKM, pasti tahu bukan kalau peran kemasan sangat penting dan menentukan penjualan produk? Untuk itu, tidak hanya produk saja yang harus unggul, kemasan pun juga perlu diperhatikan agar bisa bersaing di pasar lebih besar.

Tidak hanya harus menarik kemasan juga tidak boleh meninggalkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Apa saja saja itu? Cukup banyak, di anataranya adalah:

– elemen-elemen visual seperti bentuk, gambar, tulisan serta warna.

– Material yang digunakan apakah itu kertas, plastic, gelas, kayu, atau material lainnya yang disesuaikan dengan produk.

– Identitas brand atau merek berupa logo, mascot, slogan, dan endorsement

– Informasi yang menjelaskan atau labelling, seperti data perusahaan, cara penyimpanan, cara pemakaian, manfaat produk, tanggal kadaluarsa, barcode, label halal, info/peringatan, serta authentication seal.

Jadi sebelum mendesain kemasan, pastikan material yang digunakan tepat untuk produk dan pada saat mendesain kemasan sertakan semua unsur-unsur di atas agar kemasan Anda lebih ciamik. Bicara tentang desain kemasan? Sudah terpikirkan Anda mau seperti desain kemasan Anda? Bila belum berikut ini berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi kemasan untuk keripik buatan Anda.

Desain Keripik Kentang Real                  

Saat melihat kemasan ini Anda pasti akan langsung jatuh hati. Bukan karena perpaduan warnannya yang mencolok, tapi konsep desainnya yang menarik dengan beberpa mascot sesuai dengan rasa keripik yang ditawarkan. Desain ini sangat mudah dingat dan akan lebih menonjol dari produk lainnya saat ditampilakan.

Desain Kemasan dengan Gambar Karakter Terkenal

Siapa yang tidak kenal dengan film Star Wars? Franchise film ini sudah menarik lebih dari jutaan pencinta film di seluruh dunia. Bahkan fans fanatiknya rela mengeluarkan uang jutaan dolar hanya untuk mengkoleksi miniatur atau gambar karakter-karater di dalam film tersebut. Nah, Anda juga bisa menarik para fans fanatik tersebut dengan cara menyertakan gambar karakter film terkenal di kemasan produk kripik Anda.

Desain Spoonachos Nachos Berbentuk Sendok

 Spoonnachos adalah keripik tortilla dengan bentuk seperti sendok. Umumnya kemasan keripik menggunakan plastik, namun tidak dengan spoonachos. Kemasan ini dibuat dari bahan karton berbentuk oval mengikuti bentuk produknya. Yang unik dari kemasan ini, pada bagian sisi kemasan ada bagian yang terdapat label yang bisa tarik untuk membuka seluruh bagian karton. Pembeli tidak perlu takut keripik akan berceceran saat karton dibuka karena bagian bawah kemasan akan menahan keripik agar tidak jatuh.

Desain Tortilla Chips

Masih sama seperti desain keripik kentang Real, Tortilla chips juga menampilakan mascot pada bagian depan kemasannya. Kemasan ini dibuat oleh perusahaan retail besar Tesco yang bertempat di Inggris. Terinspirasi dari produk yang ditawarkan, Tesco menggunakan mascot pria meksiko yang sedang menikmati keripik tortilla pada bagian depan kemasan. Selain itu, Tesco tidak menambahkan visual lainnya, melainkan hanya menyertakan nama produk dan informasi rasa kripik.

Desain Keripik Kentang San Carlo

Dibandingkan kemasan keripik sebelumnya San Carlo lebih menunjukan desain yang simple yang hanya menampilkan bentuk keripik, nama produk dan informasi rasa keripik. Yang menarik dari desain kemasan ini adalah terletak pada gambar keripik yang diberi bayangan sehingga seperti keripik yang diletakan di atas kemasannya.

Desain keripik greenday

Keripik buah ini dikemas menggunakan desain yang simple dengan gambar buah yang digunakan. Di bagian depan kemasan juga terdapat informasi berupa berat produk di dalam kemasan, rasa keripik serta beberpa informasi kandungan keripik.

Desain Chicca Chips

Meninggalkan kebiasaan menggunakan warna yang umum seperti merah atau hitam, Chicca chips menggunakan warna kemasan yang mereka sesuaikan dengan 4 citra rasa keripiknya. Chicca Chips juga memperkenalkan kemasan semi-transparan, yang dapat menonjolkan produk keripik saat ditampilkan.

Desain PopChips

Desain kemasan Popchips ini menggunakan illustarasi alam yang di desain oleh desainer kemasan Marx Design dari New Zealand. Untuk pilihan rasa Asin dan Pedas mereka medesain tampilan kemasan seperti islustrasi gambar mercu suar di tengah pantai, di mana mercusuaranya diganti dengan botol garam. Selain itu, tampilan keripik yang bulat diilustrasikan seperti bulan dibalik mercusuar.

Desain kemasan Keripik Monster

Kemasan ini mungkin akan menarik perhatian kalangan anak muda. Sebab kemasannya menggunakan karakter layaknya gambar street art. Gambar karakter pada kemasan disesuaikan dengan produk yang ditawarkan misalnya keripik jamur, dengan gambar kemasan karater Mario Bros.

Desain Keripik Samson

Anda tentunya sering melihat keripik pisang oleh-oleh yang dikemas dengan menggunakan plastik bening, berbeda dengan keripik pisang Samson. Keripik pisang ini dikemas dengan menggunakan kemasan plastik gusset yang bagian depannya dicetak gambar karakter seperti pisang. Pisang coklat ini terdapat 3 pilihan rasa, yaitu original sweet, balado dan coklat.

Desain Kemasan Keripik Buah Bare

Keripik buah yang satu ini menggunakan kemasan zipper lock yang dapat menjaga ketahanan produk dan juga aman saat proses pengiriman. Pemilihan kemasan standup pouch dengan zipper lock ini sangat tepat untuk kemasan cemilan. Mengapa? Karena dengan kemasan ini konsumen bisa menyimpan kembali keripik yang belum habis tanpa harus memindahkannya ke dalam toples atau mengikatkan kemasan dengan karet agar udara tidak masuk ke dalam kemasan.

Desain Kemasan Dengan Gambar Mulut Karakter Terbuka

Kreasi desain kemasan ini juga bisa Anda jadikan inspirasi untuk kemasan kripik Anda. Anda bisa tambahkan karakter unik di depan kemasan Anda dengan mulut terbuka yang dilapisi  plastik trasnparan atau bening. Desain seperti ini seolah-olah karakter sedang makan keripik Anda.

Kemasan Kripik Berbahan Alumunium Foil

Kemasan berbahan alumunium foil juga sangat tepat untuk segala jenis keripik, baik itu keripik buah atau sayuran. Kemasan ini banyak diminati oleh para pelaku usaha karena memiliki daya simpan yang tahan lama, kuat dan tidak mudah sobek, resisten terhadap penetrasi lemak, minyak dan lain sebagainnya. Selain itu, Anda juga bisa mencetak gambar pada kemasan sesuai dengan keinginan Anda seperti misalnya gambar di atas.

Dengan menggunakan kemasan yang menarik seperti ini, maka dapat dipastikan produk keripik Anda akan lebih menonjol. Namun pastikan kemasan Anda tidak meninggalkan unsur-unsur penting yang harus dicantumkan pada kemasan, seperti labelling, identitas brand dan lain sebagainya. Jangan terlalu memaksakan kemasan, hanya karena ingin kemasan lebih ramai untuk menarik perhatian konsumen Anda sampai harus menghilangkan unsur penting tersebut. Lagi pula terlalu banyak visualisasi pada kemasan juga tidak baik, karena akan terkesan norak dan tidak memperlihatkan etika kemasan yang baik.

LEAVE A REPLY