Mencoba Peroleh Keuntungan dari Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis Affiliate Marketing menjadi salah satu peluang bisnis online menjanjikan, yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan. Sistem kerjanya yaitu dengan cara mempromosikan produk/jasa milik orang lain (merchant), baik itu melalui Blog ataupun website.

Anda tidak harus memiliki ataupun menjual produk yang dijual merchant. Tugas Anda hanya membantu merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasanya, dan tentunya akan mendapat komisi atas penjualan yang dilakukan.

Baca Juga : 7 Online Payment Gateway di Indonesia yang Cocok bagi Bisnis Online

Perolehan income atau keuntungan dari bisnis ini bisa didapatkan, ketika Anda berhasil menjual produk tersebut. Tertarik mencoba bisnis yang satu ini? Yuk simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Mengenal Bisnis Affliate Marketing

Secara sekilas, bisnis ini hampir mirip dengan influencer, yaitu seseorang yang membantu mempromosikan suatu produk.

Hanya saja, bisnis affiliate marketing lebih banyak menggunakan metode soft selling untuk memikat konsumennya. Berbeda dengan influencer, yang biasanya terang-terangan mempromosikan suatu produk barang atau jasa.

Cara kerjanya pun berbeda, bisnis affiliate marketing ini dilakukan dengan cara menyebarkan tautan atau URL pada sebuah Blog, website, atau forum online lain yang Anda miliki. Semakin banyak pengunjung URL yang diberikan merchant, maka semakin besar kemungkinan produk tersebut akan dibeli.

Sebagai seorang affiliate marketer, tugas Anda yaitu mengirimkan pengunjung (visitor) sebanyak-banyaknya ke website milik merchant. Jika visitor berhasil melakukan transaksi pembelian, pihak perusahaan pembuat produk (merchant) akan mengetahui bahwa visitor yang membeli produk datang dari Anda.

Sehingga pada saat itu pihak perusahaan yang produknya dipromosikan akan memberi komisi kepada Anda. Ada tiga jenis perhitungan perolehan komisi, yaitu:

  • Pay-per-Sale : Anda akan mendapatkan persenan tetap dari harga jual saat website Anda menghasilkan penjualan.
  • Pay-per-Click : kalau Anda melakukan versi pay-per-click, Anda akan mendapatkan uang untuk setiap pengunjung yang diarahkan dari situs affiliate Anda. Anda tidak perlu pusing soal penjualan, karena Anda akan mendapat uang.
  • Pay-per-Lead : kalau yang ini, bisa dibilang gabungan dari PPS dan PPC. Pengunjung yang Anda arahkan ke situs penjual harus memberikan info kontak (biasanya diminta dalam bentuk form) agar Anda mendapatkan uang.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affliate Marketing?

Untuk memulai bisnis affiliate marketing ini tidak harus memiliki modal yang besar. Anda hanya memerlukan personal computer atau dekstop, yang terkoneksi dengan internet.

Selain itu Anda juga hanya tinggal membeli domain atau hosting agar lebih profesional. Biayanya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta per-bulan. Tergantung dari website hosting dan site domain yang Anda pilih.

Namun jika terkendala dengan modal, Anda bisa menggunakan website dan domain gratis. Kemudian mendaftarkan diri untuk program affiliate (afiliasi) pada merchant, untuk mendapatkan Identitas Afiliasi. Program-program afiliasi ini banyak tersedia di internet, dan gratis.

Selanjutnya, merchant akan memberikan tautan atau URL dan kode khusus untuk Identititas Afiliasi Anda. Tautan ini akan menunjukkan jumlah konsumen yang membeli produk yang disebarkan oleh afiliasi tersebut. Kemudian komisi akan dihitung berdasarkan jumlah tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Payment Gateway? Apa Pentingnya Bagi Bisnis Online?

Dan satu lagi yang tidak kalah penting, yaitu konten. Anda harus pastikan bahwa konten yang disajikan merupakan kualitas terbaik. Jika Anda hobi atau suka menulis, bisnis affiliate marketing ini bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan.

Kesukaan serta kemahiran Anda dalam menulis, dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan dalam bisnis affiliate marketing, sehingga dapat menambah pengahasilan Anda. Itu dia penjelasan tentang affiliate marketing. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here