Ide Usaha Olahan Keju Rumahan yang Menguntungkan

Keju, makanan pelengkap sebagai penambah cita rasa makanan ini sayang jika hanya dijadikan makanan tambahan. Padahal jika digeluti ide usaha olahan keju akan untung besar dan menguntungkan. Bisa Anda jadikan sebagai usaha utama atau sambilan bagi Anda yang masih menjadi karyawan.

Membuka peluang usaha olahan keju jangan pikir susah dan harus dikerjakan di pabrik menggunakan alat-alat mahal dan butuh keterampilan. Karena ternyata cara membuat olahan keju cukup mudah bisa Anda kerjakan di rumah dengan peralatan yang murah. Karena keju bisa diolah bersamaan dengan bahan makanan dan minuman apa saja.

Berikut peluang usaha olahan keju rumahan yang mungkin cocok untuk Anda

Bakso Keju

Bakso identik dengan daging sapi atau kikil. Sementara isinya biasanya berupa telur atau tahu. Namun bagaimana jika bakso justru terbuat dari keju. Atau isinya justru keju. Agak aneh bukan. Namun belakangan bakso keju justru sedang trend di masyarakat. Bakso yang satu ini berisi keju mozarela yang dipotong dadu kemudian dimasukkan ke dalam bulatan bakso.

Untuk kuah sendiri agak berbeda karena ditambahkan dengan keju yang sudah dicairkan sehingga rasa keju sangat terasa. Sementara bahan pelengkap lainnya sama saja seperti bihun, sawi bawang goreng dan lain-lain. Untuk peluang bisnis ini masih terbuka lebar karena bakso keju masih sedikit penjualnya.

Bagi Anda yang pemula bisa mendapatkan keju mozarela di supermarket. Keju ini berbeda dengan keju yang ada di pasaran karena lebih lunak dan tidak mengkilap dan akan cari ketika dipanaskan sehingga bila dijadikan bahan isi dari bakso akan meleleh di mulut kejunya.

Mie Keju

Peluang Usaha Olahan Keju

Mie ternyata bisa dikreasikan bukan hanya rasa pedasnya atau mie rebus gorengnya. Namun juga bahan dan kuahnya. Anda bisa membuka usaha mie instan namun rasanya berbeda dengan menambahkan keju mozarella. Selain keju untuk menambah cita rasa bisa ditambahkan susu dan telur. Caranya cukup mudah sama dengan memasak mie instan. Setelah mie instan masak, air rebusannya dibuang dan diganti dengan susu yang telah dipanaskan kemudian masukkan keju mozarela yang sudah diparut dan ditambahkan dengan bumbu mie instan dan tambahkan bubuk cabai dan telur.

Siomay Keju Lumer

Biasanya isinya berupa tahu, kol, pare, telur namun saat ini sedang trend siomay isi keju. Anda bisa juga membuka usaha ini caranya hampir sama dengan membuat siomay kebanyakan hanya saja siomay isinya diganti dengan keju. Caranya dengan kulit dimsum yang telah diisi dengan ikan giling atau ayam giling ditambahkan dengan keju. Untuk menambahkan cita rasa Anda bisa menambahkan bumbu berupa bawang putih, tepung sagu, daun bawang. Jangan lupa tambahkan pula garam dan lada. Meski siomay keju lumer, namun saus tetap menggunakan saus kacang ditambah kecap dan saus tomat.

Nasi Goreng Keju

Nasi goreng biasanya identik dengan telur, kecap dan beraneka macam bumbu rempah. Namun bagaimana jika nasi goreng justru ditambahkan dengan keju dan susu. Apakah rasanya tetap enak? Kini sudah ada beberapa pedagang nasi goreng yang beralih ke nasi goreng keju. Bahkan di beberapa kafe dan restauran telah menjadikannya sebagai makanan utama.

Sama seperti membuat nasi goreng pada umumnya yang menggunakan bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam. Hanya saja nasi goreng keju ditambahkan keju parut yang dijadikan sebagai pengganti telur atau ayam. Jika Anda mau tambahkan bakso dan sosis sebagai tambahannya. Tentunya nasi goreng keju akan terasa berbeda dibandingkan nasi goreng biasanya. Lebih terasa gurihnya. Anda bisa mencobanya sebagai usaha makanan Anda.

Bubur Keju

Peluang Usaha Olahan Keju

Membuka peluang bubur ayam tentunya sudah banyak saingan namun jika bubur ayam ditambahkan dengan keju. Sepertinya masih sedikit saingan. Anda bisa mencobanya sebagai usaha Anda dan menawarkan kepada ibu-ibu yang memiliki batita atau balita. Bubur ini juga cocok untuk orang yang sakit. Karena mengandung protein, mineral, vitamin, lakstosa yang tinggi yang bagus untuk masa pertumbuhan dan pemulihan orang yang sakit.

Cilok Isi Keju

Makanan murah meriah ini akan naik kelas bila bahan bakunya ditambahkan dengan keju. Karena biasanya cilok tak ada isinya. Jika pun ada hanya telur atau suwiran ayam saja. Anda bisa membuka peluang usaha yang membuat cilok jadi mahal harganya.

Cara membuatnya sama dengan membuat cilok biasa dengan menggunakan tepung sagu atau aci yang diberi air. Agar tidak telalu lengket  cimol yang sudah diberi air dibaluri dengan tepung. Kemudian dilubangi dan dimasukkan dengan keju. Setelah itu baru dikukus. Untuk menambah cita rasa Anda bisa menambahkan saus sambal atau saus kacang.

Fetucini

Bagi Anda penggemar masakan Italia, Anda pasti tak asing dengan makanan satu ini, Fetucini. Sekilas memang mirip spageti karena sama-sama pasta. Namun jelas berbeda, spageti memiliki tampilan bulat dan melebar. Sementara fetucini lebih pipih dan memanjang. Sementara untuk saus, fettucini lebih banyak menggunakan keju dibandingkan dengan saus tomat. Begitu juga bahannya. Agar rasanya tidak terlalu enek maka Anda bisa menambahkan lada hitam.

Mozarella Stick

Peluang Usaha Olahan Keju

Keju impor satu ini biasanya digunakan hanya sebagai topping. Namun bisa juga dijadikan sebagai sebagai bahan utama camilan. Cara membuatnya seperti membuat pisang goreng pasir yang hasilnya kriuk. Caranya dengan memotong secara memanjang keju mozarela kemudian dimasukkan ke dalam tepung terigu. Setelah itu masukkan ke dalam bahan adonan kedua yang berisi telur dan susu cair, merica juga garam. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang ketiga yakni campuran tepung panir, parmesan, powder garlic, merica dan garam.

Setelah itu mozzarela dimasukkan kembali ke dalam telur dan masukkan lagi ke tepung roti agar pelapisannya tidak bocor, Karena jika bocor maka akan meleleh ketika dimasak. Sebelum dimasak, semua mozarela di masukkan ke dalam terigu agara saat menggoreng tidak terlepas tepungnya. Kemudian digoreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Mozzarela stik bisa dijual bersama dengan sausnya yakni saus tomat atau saus cabai.

Jeans Chili Chicken

Olahan keju yang satu ini sedang ternd di beberapa restoran internasional di Indonesia. Sesuai dengan namanya yang mengandung Chili, makanan ini sangatlah pedas. Banyak varian dari jeans chili chicken mulai dari grilled barbeque, chili barbeque chicken feet chicken feet, honey fried chicken, dan cheese chili chicken.  Dan meski namanya tidak mengandung cheese atau keju namun salah satu bahan utamanya adalah kejunya. Setelah masakan matang maka keju mozarela dimasukkan dan tentunya keju akan meleleh langsung. Dan tentunya akan menambah cita rasa. Anda bisa mencobanya menjadikan peluang usaha di warung makan Anda.

Stik Keju Raclete

Stik yang satu ini menjadi idola di salah satu restoran stik di Indonesia. Karena memasak dengan menu steak yang khas ditambahkan dengan keju leleh yang berasal dari keju raclete yakni keju yang  sangat lembut dan sangat meresap ke daging stik yang dimasak. Keju jenis ini memang sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Mozzarela Baked Riced

Peluang usaha olahan keju

Punya nasi sisa di rumah? Ternyata bisa dijadikan sebagai usaha. Nasi tersebut bisa diolah menjadi Mozzarela baked riced. Cara membuatnya cukup mudah yatitu enam centong nasi, ditambahkan dengan bumbu yang terdiri dari 3 siung bawang putih, satu siung bawang merah, beef bakar cincang, 1 butir telur, keju cheddar parut, keju parmesan, merica dan garam. Untuk menambah cita rasa pada lapisan kedua bisa Anda tambahkan saus boloigneses atau saus sambal. Sementara topping berupa keju cheddar dan keju mozzarela. Bisa Anda tambahkan sesuai dengan selera.

Mac and Cheese

Mac & Cheese merupakan makanan yang dikombinasikan antara macaroni dan keju. Namun bisa diganti juga dengan pasta yang lainnya yang penting pasta yang ukurannya pendek bukan panjang seperti spageti.  Sesuai dengan namanya yang bahan utamanya adalah keju, bukan hanya satu jenis keju yang digunakan melainkan tiga jenis keju yaitu keju cheddar, keju mozzarela, dan parmesan atau parmegiano.

Cara membuatnya dengan merebus pasta hingga matang. Kemudian tumis daging asap hingga wangi. Setelah itu buatlah saus bachemel yang terbuat dari campuran terigu dan susu. Setelah itu masukkan garam, merica, dan mozzarela chedar, parmesan untuk dijadikan sebagai topping. Aduk hingga rata. Setelah tercampur peperoni. Aduk hingga rata. Kemudian tambahkan dengan saus.  Kemudian masukkan bahan ke dalam wadah yang tahan panas. Dan masukkan tepung roti dan parmesan. Dan dipanggang dalam suhu 200 derajat celsius.

Puding Pisang Keju

Puding Pisang KejuJika biasanya keju hanya dijadikan sebagai toping dalam puding namun kali ini keju justru menjadi bahan utama dalam pembuatan puding. Tentunya bahan baku bukanlah keju saja namun juga ditambahkan dengan susu, buah dan gula. Agar menambah cita rasa bisa juga ditambahkan dengan telur kuning.

Cara membuatnya cukup sederhana, dengan memasak agar-agar yang belum memiliki pewarna dan rasa, setelah itu tambahkan gula, potongan pisang yang sudah dikukus dan keju yang sudah dicarikan. Dua jam kemudian puding pisang keju sudah bisa disajikan. Anda bisa membuka peluang dessert ini untuk menerima pesanan pernikahan, khitananan dan dan acara lainnya.

Telur Dadar Keju

Telur dadar yang biasanya menjadi makanan murah meriah. Kini bisa menjadi makanan yang naik kelas bila Anda menambahkan keju di dalamnya. Cara membuatnya juga tak sulit seperti masak telur dadar pada umumnya cukup mudah dan bahannya murah meriah.

Caranya 3 butir telur, ditambahkan garam dan merica, tambahkan margarin.  Cara memasaknya dengan menumis jamur, bawang bombay dan sosis hingga layu kemudian. Masukkan telur dadar setelah itu ketika telur sudah setengah matang maka bisa ditambahkan keju.

Ayam Geprek Pedas Mozarela

Peluang usaha olahan kejuDari pada Anda bingung membuka usaha ayam bakar atau ayam sayur coba saja buka usaha ayam geprek pedas mozarela. Anda pasti sedikit saingannya. Ayam yang Anda jual juga bisa naik kelas, harganya lebih tinggi dan enak. Cara membuatnya tentunya berbeda dengan ayam bakar dan ayam sayur yang kebanyakan menggunakan bumbu rempah-rempah.

Namun ayam pedas mozarela justru menggunakan bumbu-bumbu modern seperni keju mozarela, tepung terigu dan kaldu, kacang mete. Tapi untuk sambal tetap menggunakan bumbu tradisional seperti cabe rawit, bawang putih, dan garam. Setelah ayam dibaluri tepung terigu yang sudah dicampurkan dengan kaldu, kemudian ayam digoreng saat setengah matang ditambahkan dengan keju mozarela dan kacang mede.

Es  Salju Tabur Keju

Keju ternta bukan hanya bisa diolah menjadi makanan namun juga minuman. Anda bisa membuka peluang  usaha ini, es salju tabur keju. Cara membuatnya mudah, susu cair, jus sirsak, gula pasir, yoghurt tawar, buah markis, keju cheddar dan es batu. Semua bahan diblender menjadi satu kecuali keju yang akan menjadi toppingnya.

Baca Juga : Ide Usaha Olahan Kopi yang Unik dan Kreatif

Keripik Keju

Camilan yang satu ini tentunya bukan asing lagi. Karena keju memang sering sekali dijadikan sebagai bahan perasa dari camilan keripik. Beraneka macam keripik yang rasanya keju, mulai dari keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, keripik udang dan lain-lain. Biasanya keripik yang rasanya keju harganya lebih mahal dibandingkan keripik rasa lainnya.

Kue Kering Keju

Peluang usaha yang satu ini cocok dibuka ketika menjelang lebaran. Namun tak apa untuk dipersiapkan. Banyak jenis kue kering keju yang bisa Anda jadikan peluang usaha. Karena setelah nastar kue yang menjadi favorite adalah kue kering keju. Karena rasanya yang tidak membosankan gurih karena kejunya. Kue kering keju beragam misalnya saja castangel, stick keju, nastar keju, kue kacang keju, kue coklat keju, kue sagu keju, kue kering wijen keju, kue sus keju, dan lain-lain.

Ubi Jalar Keju

Jajanan singkong keju sudah biasa namun jika ubi jalar keju patut untuk dicoba dijadikan peluang usaha. Ubi jalar keju salah satunya, jajanan tradisional ini biasanya berisikan gula merah di dalamnya namun kini digantikan dengan keju. Cara membuatnya tentunya hampir sama dengan membuat bola-bola ubi jalar dengan menggunakan bahan, ubi, tepung beras, tepung ketang, baking powder dan gula. Hanya saja untuk isinya yang diganti dengan keju. Ketika bahan sudah dijadikan satu maka bentuklah bulatan dan bolongkan sedikit untuk memasukkan keju. Setelah itu bola-bola ubi jalar digoreng.

Lumpia Pisang Keju

Lumpia Pisang Keju Jika biasanya lumpia isinya adalah sayuran kali ini lumpia justru berisikan keju dan pisang. Lumpia ini sedang trend di masyarakat. Anda bisa mencoba membuka usahanya. Biasanya orang memesan lumpia isi pisang keju untuk kegiatan arisan atau pernikahan.

Lumpia pisang keju sama cara membuatnya dengan lumpia sayur. Cara membuatnya dengan menggunakan kulit lumpia kemudian diisi dengan pisang dan ditambahkan keju mozarela. Keju mozarela yang dipilih karena keju ini cepat mencair ketika dipanaskan dibandingkan dengan keju jenis lainnya.

Tahu Bulat Keju

Lumpia Pisang Keju Camilan yang sedang tenar satu ini biasanya di dalamnya berisi kopong atau sering disebut dengan tahu pong. Namun ide usaha kali ini adalah membuat tahu bulat yang berisi keju. Mengapa keju karena rasa keju yang asin gurih cocok jika dipadukan dengan tahu yang juga asin. Untuk menambah cita rasa agar lebih crispy, Anda bisa menggunakan tepung roti. Dan agak tidak terlalu enek bisa ditambahkan dengan saus tomat atau cabai bubuk seperti pada tahu bulat biasanya.

Cireng Keju

Cireng biasanya isinya beragam mulai dari sayur, telur, cabe dan daging cincang. Namun kali ini ide usahanya adalah cireng keju. Beragam cireng keju yang bisa dibuat seperti cireng panggang keju yakni cireng yang isi keju kemudian dipanggang, cireng isi keju yaitu cireng yang diisi keju kemudian digoreng dan cireng keju meleleh yaitu cireng goreng yang ditaburi oleh keju mozarela. Untuk menambah cita rasa bisa ditambahkan bubuk cabai di dalamnya. Bisa juga ditambahkan saus tomat atau sambal.

SHARE

LEAVE A REPLY