Bukan Cuma Jadi Minuman, Inilah Ragam Usaha Olahan Kopi yang Unik dan Kreatif

Peluang Usaha Kopi

Ingin membuka peluang usaha olahan kopi yang tidak hanya sekedar minuman? Jangan hanya minuman kopi saja ya? Karena sudah banyak saingannya. Cobalah buka usaha makanan yang berasal dari olahan kopi? Terdengar aneh memang? Namun kini kopi memang bukan hanya bisa diolah menjadi minuman namun juga makanan. Justru dengan menambahkan kopi ke dalam makanan bisa menambah cita rasa makanan. Seperti apa olahan makanan yang bisa dicoba untuk usaha Anda? Mari simak artikel di bawah ini

Baca Juga : Kursus barista Kopi 

Mie Campur Sianida

Peluang Usaha Kopi

Ternyata bukan hanya kopi sianida yang populer di kalangan masyarakat akibat kasus pembunuhan Mirna. Mie campur Sianida juga menjadi populer. Namun jangan salah mi ini tidak dicampur dengan sianida namun hanya dicampur bubuk kopi kemudian diolah dan dicetak menjadi mie. Sehingga warnanya menjadi hitam gelap. Namun rasanya tidak pahit melainkan sangat pedas mulai dari suapan pertama. Meski pedas mi ini justru bikin ketagihan karena rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal. Selain itu mi ini dijamin sehat karena homemade dan tanpa MSG.

Nasi Goreng Kopi

Peluang Usaha KopiJika biasanya nasi goreng identik dengan nasi yang diberikan bumbu kecap. Namun kali ini beda. Nasi goreng justru dibuat dengan cara memberikan bumbu kopi. Caranya hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya hanya saja nasi goreng ini dimasukkan ke dalam udang, cabai kering dan paprika. Untuk kopi sendiri dimasukkan bersamaan dengan saus tiram, saus tomat, kopi bubuk kemudian ditambahkan lada dan garam.

Pizza Kopi

Peluang Usaha Kopi

Jika biasanya topping kopi hanya berisikan keju, daging dan sayuran. Namun kali ini topping berbeda. Topping justru berasal dari olahan kopi. Seperti Mocacino, latte dan espresso. Meski begitu rasanya tak pahit namun tetap renyah, manis, segar dan gurih. Cara  memanggangnya pun cukup unik tidak dipanggang dalam oven melainkan di dalam tungku batu yang menggunakan kayu bakar. Tak lama memanggangnya hanya 10 menit. Pizza yang disajikan ada empat varian yakni moccachino pizza, coffe late pizza dan expresso pizza.

Masker Kopi

Peluang Usaha Kopi

Bagi Anda yang suka minum kopi jangan dibuang ampasnya. Karena bisa dijadikan sebagai masker untuk wajah. Bahkan masker kopi bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih awet muda. Bagi Anda yang ingin membuka usaha ini Anda bisa membuatnya di rumah sendiri.

Caranya dengan menambahkan ampas kopi ke dalam, yoghurt, susu, minyak zaitun.  Untuk kulit berminyak bisa ditambahkan lemon sementara kulit kering ditambahkan dengan madu. Masker kopi juga ternyata bisa mengurangi bengkak area mata dan wajah. Selain itu bisa menangkal radikal bebas sehingga bisa membuat kulit awet muda.

Sabun Kopi

Peluang Usaha Kopi

Kopi ternyata bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat sabun. Bahkan sabunnya bisa bermanfaat bagi kecantikan kulit. Karena kopi mengandung kafein, asam buah, potasium, zat besi, magnesium, lemak, alkolid dan asam organik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Karena kandungannya tersebut kopi bisa mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, mengatasi peradangan pada kulit, membantu menghilangkan bau badan, menghilangkan kantung mata atau mata panda, mengurangi selulit dan stetchmark, melindungki kulit dari UVA dan UVB.

Selai Kopi

Peluang Usaha Kopi

Jika biasanya selai berupa coklat, kacang, atau buah-buahan. Kali ini berbeda, selai justru berasal dari kopi. Anda bisa membuka usahanya sendiri di rumah dengan menambahkan 3 sdm kopi bubuk, 2 sdm tepung terigum 1 sdm margarin, 1 sdt teh ekstra vanili dan 1 gelas susu cair. Untuk aroma atau rasa kopi kuat atau tidaknya tergantung Anda. Jika Anda ingin aromanya terasa Anda bisa menambahkan banyak coklat bubuk jika tidak cukup sedikit saja.

Sirup Kopi

Peluang Usaha Kopi

Kopi biasanya identik dengan minuman yang panas dan kental. Namun kali ini berbeda, Kopi justru diminum dengan es dingin dan tidak terlalu kental. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menambahkan bubuk kopi, air, susu kental manis dan ekstra vanila.

Permen Kopi

Kopi bukan hanya bisa dijadikan minuman namun juga permen untuk menghilangkan rasa ngantuk. Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan 1 sendok teh kopi bubuk, susu, gula pasir, corn syrup, mentega tawar dan krim kental.

Cara membuatnya dengan cara merebus susus bersama dengan gula pasir, brown sugar, corn sirup, mentega, krim kental sampai mengental hingga berwarna coklat. Kemudian larutan kopi aduk rata dan tuangkan ke dalam loyang dan biarkan hingga mengeras. Kemudian potong-potong permen kopi sesuai dengan selera.

Yoghurt Kopi

Jika biasanya yoghurt berbahan dasar susu dan buah-buahan kali ini tidak. Yoghurt justru berbahan dasar susu dan kopi yang difermentasikan. Namun jenis kopi yang dipilih tidak boleh sembarangan, harus kopi arabika karena rasa asam dan pahitnya tidak dominan sehingga rasa yoghurt masih terasa. Tingkat keasaman kopi pun terbilang aman jadi tak perlu khawatir mengkonsumsinya.

Ayam Goreng Saus Kopi

Peluang Usaha Kopi

Jika biasanya kopi diminum setelah menyantap ayam goreng ini lain halnya. Kali ini  menyantap ayam gorengnya dicampur dengan saus kopi. Cara membuatnya sama dengan membuat ayam goreng biasanya. Ayam direndam dalam air kopi selama empat jam kemudian digoreng hingga garing. Setelah itu saus kopi disiram diatasnya. Sausnya sendiri bukanya hanya dari kopi namun saus tiram, jus apel dan bubmu lainnya. Maka rasa kopi akan terasa di suapan pertama.

Sambal Kopi

Jika biasanya sambal hanya menggunakan cabai, bawang dan garam namun kali ini justru menggunakan kopi sebagai bahan bakunya. Cara membuatnya bawang bombay yang dipotong kotak, diulek dengan garam, setengah sendok gula, 50 gram biji kopi, bumbu halus, cabai merah keriting bawang merah, bawang putih dan tomat. Setelah halus ditumis hingga layu.

Coffee Burger

Burger jika hanya dikombinasikan dengan  daging, keju, salad, tomat dan bawang bombai tentunya sudah biasanya. Namun jika burger dikombinasikan dengan kopi bubuk, madu, bawang bombai, merica hitam, telur ayam tentu rasanya akan luar biasa. Aroma kopi akan sangat terasa, namun tetap rasa kopi tidak akan menyengat karena dipadukan dengan saus yang berasal dari kombinasi bawang bombai, bawang putih, tepung terigu, kaldu sapi, saus barbeque dan merica hitam.

Puding Kopi

Puding biasanya identik dengan buah-buahan, susu atau makanan manis lainnya. Namun bagaimana jika puding yang dibuat dari kopi? Apakah akan terasa pahit? Rasa pahit atau tidak pada kopi sebenarnya biasa disesuaikan takarannya. Jika Anda tak ingin terasa pahit ada baiknya memberikan kopinya sedikit saja misalnya satu sendok teh. Bisa juga dengan menambahkan susu cair agar puding tidak terlalu pekat warnanya.

Saus Marinasi

Jika Anda biasa memasak daging atau iga, pasti tahu yang namanya saus marinasi. Saus yang digunakan untuk memberikan rasa pada daging sekaligus membuatnya empuk. Biasanya saus terbuat dari cincangan bawang putih dan bawang bombay dan ditambahkan dengan soy sauce atau cuka balsamic. Namun jika Anda mau, Anda bisa menambahkan saus marinasi yang ditambahkan dengan kopi.

Bulletproof Coffe

Campuran antara kopi dan mentega atau Bulletproof Coffe ternyata kini sedang trend di beberapa negara. Dan diprediksi di Indonesia pun akan ikut trend.  Bulletproof menjadi trend karena dipercaya bisa menurunkan berat badan. Karena kopi yang digunakan terbuat dari lemak yang didapat dari minyak kelapa atau mentega. Mentega yang digunakan bukanlah mentega seperti di pasaran. Namun, mentega yang terbuat dari susu yang dihasilkan oleh sapi yang barus saja makan rumput. Meskipun kopi tersebut mengandung lemak namun lemaknya justru bisa menurunkan berat badan. Karena mengandung minyak MCT (Medium Chain Truglyceride) yang ditambah dengan asam lemak omega tiga sehingga membuat kombinasi gizi yang bisa mengenyangkan tubuh.

Stik Ubi Kopi

Stik ubi merupakan kue kering yang biasanya disajikan ketika lebaran. Dan kini sedang ada stik ubi yang baru yakni stik ubi kopi yang warnanya tidak sepekat kopi. Tetap kuning seperti stik ubi biasanya. Sebenarnya kopi dijadikan sebagai pelengkap untuk menambahkan aroma dan rasa kopi.

Cara membuatnya dengan

  • Mengukus ubi manis 100 gram hingga matang dan haluskan.
  • Kemudian tambahkan tepung tapioka.
  • Tambahkan Kopi instan 2 Sendok Teh
  • Gula halus 4 sendok makan.
  • Telur ayam 1 butir.
  • Air 25 ml

Setelah semua bahan tercampur maka diadon hingga kalis. Setelah itu dipotong bentuk stik dan digoreng hingga matang.

Tiramisu

Merupakan kue keju khas Italia yang memiliki taburan kakao di atasnya. Namun siapa sangka jika kue ini ternyata berbahan dasar kopi pula. Rasa kopinya pun sangat kuat perpaduan dengan keju. Kue ini memang unik karena berbeda dengan kue lainnya yang biasanya diadon dan dipanggang. Tiramisu justru tidak. Hanya direndam ke dalam larutan kopi dan keju ma mascarpone.  Supaya tidak hancur ketika dihidangkan maka biskuit ini disusun dan dilapisi dengan krim kocok sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Kolak Pisang Kuah Kopi

Jika biasanya kolak pisang kuahnya terbuat dari santan namun kali ini justru terbuat dari kopi. Cara membuatnya

  • Pilih pisang yang tidak terlalu matang dan mentah dengan tekstur yang tidak terlalu lembek.
  • Untuk kuah setengah cangkir bubuk kopi ditambahkan dengan 2 cangkir air putih
  • Agar tidak terlalu pekat tambahkan 2 irisan lemon dan yoghurt.
  • Kemudian siram pisang dengan kuah kopi
  • Tambahkan yoghurt dan irisan lemon.

Muffin

Makanan yang berbahan dasar roti yang diberi ragi dan berbentuk bulat tipis ini memang jarang ditemukan dengan cita rasa kopi. Namun kali ini Anda bisa mencobanya dengan menggunakan kopi sebagai cita rasanya. Anda bisa menggunakan bubuk kopi sebagai bahan dasarnya.

Lapis Legit Kopi

Jika biasanya lapis legit hanya dari olahan telur, mentega, gula dan susu ini ditambahkan dengan kopi sehingga rasanya tambah legit. Tentunya ada rasa pahit sedikit dan lapisannya ada berwarna hitam bukan hanya kuning dan coklat.

Donat Kopi

Jika biasanya donat berwarna kuning karena terbuat dari mentega, terigu dan telur saja. Namun kali ini donat ditambahkan dengan kopi. Sehingga aroma kopi lebih terasa. Selain itu warna donat pun berbeda lebih pekat.

LEAVE A REPLY