Tempat Pelatihan Barista Agar Jago Meracik Kopi. Modal Awal Untuk Buka Bisnis Coffee Shop

Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak sekali penggemarnya di seluruh dunia. Selain nikmat, kopi ampuh untuk mengusir rasa kantuk dan juga penambah energi. Untuk sajian kopi yang nikmat, tidak hanya dipengaruhi oleh biji kopi yang berkualitas tapi juga proses pembuatannya. Oleh karena itu, di setiap kafe atau kedai kopi peran barista professional sangat diperlukan.

Keandalan barista meracik kopi pun tidak langsung muncul begitu saja tanpa pelatihan. Di sana setiap barista terlebih dahulu mengikuti pelatihan barista untuk mengetahui estetika dari penyajian kopi. Mengingat pentingnya ilmu tersebut, saat ini sudah ada pelatihan atau kursus barista yang tersebar di Indonesia.

Tempat belajar untuk barista ini tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan orang yang ingin jadi barista professional saja, tapi juga ada program pelatihan untuk awam yang ingin memperdalam wawasannya tentang kopi. Lalu bagaimana dengan besarnya biaya mengikuti pelatihan seperti ini? Untuk biaya sebenarnya bervariasi ada yang mahal bahkan ada yang gratis.

Sekarang apa ada kursus meracik kopi yang gratis? Ada saja, meskipun jarang tapi biasanya penawaran pelatihan barista gratis ini diadakan saat pameran atau promo kedai kopi. Jadi Anda harus rajin-rajin update info pelatihan gratis ini. Karena tidak dipungut biaya, materi yang diberikan tentunya tidak selengkap tempat kursus barista. Mungkin Anda hanya akan diajarkan beberapa teknik mendasar penyajian kopi saja.

Nah kalau untuk pelatihan barista yang lengkap, Anda perlu mengikuti kursus barista professional. Seperti yang sudah dijelaskan untuk biaya bervariasi. Misalnya Esperto Barista Course, tempat pelatihan barista ini ditujukan bagi calon pengusaha yang ingin terjun di bisnis coffee shop. Besar biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp 2.5 juta hingga Rp 6 juta. Tidak hanya itu masih banyak lagi kursus barista yang bisa Anda pilih. Untuk itu, kali ini kami akan berikan rekomendasi tempat kursus barista dan semoga salah satunya cocok dengan keinginan dan budget Anda.

1. Esperto Barista Course

Alamat: Jl. Raya Pejuangan no. 88, Kompleks Graha Kencana Blok EP, Jakarta Barat.

Kontak: (021) 5325953

Info Kursus: http://espertobarista.com/esperto-barista-course-2/

Bagi penduduk Jakarta yang ingin mencari tempat kursus barista, Anda bisa mampir ke Esperto Barista Course di jalan Di sini Anda akan belajar dengan mentor yang sudah pro dibidang racik-meracik kopi. Berbagai jenis kelas disediakan dalam paket kursus di Esperto Barista Course, yaitu kelas 1 hari, 2 hari dan 4 hari. Materi yang diajarkan dimulai dari teknik dasar membuat kopi hingga latte art. Untuk paket satu hari peserta dikenakan biaya sebesar Rp 2.500.000, sementara kelas 2 hari dan 4 hari dikenakan biaya sebesar Rp 6.000.000.

Baca juga : Kursus Make up Artis

2. Fulcaff Café

Alamat: Jl. Raya Parung Serab (KSU), Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16412

Kontak: 0818 0888 2344

Info Kursus: http://kursusbarista.com/kursus-barista-paket-cafe

Fulcaff café bukan hanya sekedar kedai kopi saja, tapi juga menerima murid yang ingin belajar jadi barista. Coffee shop yang terkenal di kota Depok ini memberikan kesempatan bagi siapa pun yang ingin belajar teknik pembuatan kopi mulai dari grinder, brewing, hingga meraciknya menjadi sajian minuman kopi. Tidak hanya itu pelatihan barista yang berlokasi di Jl. Raya Parung Serab (KSU), Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok  ini juga bisa jadi tempat sharing bagaimana cara terbaik membuat menu ice blend dan lain sebagainya. Kursus Fulcaff Café ini menyediakan 2 kelas, yaitu kelas kelompok dengan durasi 4 hari dan biaya Rp 6.000.000 dan kelas private untuk satu orang dengan durasi 4 hari dan biaya Rp 8.000.000.

3. Anomali Coffee

Alamat: Jalan Senopati No.19, Kebayoran Baru, RT.6/RW.3, Senayan, Jakarta Selatan, 12190

Kontak: 0812 1926 2277

Info Kursus: http://www.anomalicoffee.com/coffee-class

Para pencinta kopi pasti akrab dengan coffees shop yang satu ini. Anomali Coffee yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini dilabeli sebagai salah satu kedai kopi nusantara. Maka tidak heran bagi Anda yang sudah pernah berkunjung pasti melihat kopi-kopi lokal yang dipajang di dalam rak coffee shop ini. Selain menawarkan kopi bercitra rasa tanah air, Anomali juga membuka kursus untuk siapa pun yang ingin belajar tentang kopi atau ingin menjadi barista professional. Berbagai jenis kelas pelatihan seperti Basic Espresso, Advance Espresso, Latte Art, Manual Brewing dan Coffee Cupping bisa dipilih oleh peserta. Biayanya hanya butuh Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000 untuk 2-3 kali pertemuan.

Baca juga : Tempat kursus Akuntansi

4. MaylBeck Barista Academy

Alamat: Pasar Segar No 14-15, Panakukang, Makassar, Sulawesi Selatan, 90231

Kontak: 0821 9688 8536

Info Kursus: http://www.maylbeck.com/

Untuk di wilayah Sulawesi Selatan, ada MaylBeck Barista Academy yang bisa Anda ikuti untuk menabah kemahiran Anda meracik kopi. Tempat kursus diperuntukkan bagi semua kalangan yang ingin mengenal kopi dari mulai proses roasting/sangrai hingga menjadi kopi. Selain itu, dipaparkan juga tentang pengenalan kopi-kopi lokal dengan kualitas terbaik. Ada 5 level yang jadi tahap pembelajaran, level pertama adalah pengenalan kopi, level kedua pengenalan espresso, level ketiga teknik milk streaming, level keempat basic product dan pengenalan resep kopi dan terakhir level kelima adalah pengenalan bisnis coffee shop.

5. Caswell’s Coffee Lab

Alamat: Jl. Ampera Raya no 9, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Kontak: 021-788 33693, 0878 8882 5703

Info kursus: http://caswellscoffee.com/events/q-grader-course-may-15th-20th-2017/

Caswell’s Coffee Lab merupakan salah satu pelatihan yang sudah terakreditasi sebagai Specialty Coffee Association of America (SCAA) Campus. Caswell juga telah mengantongi lisensi untuk menyelenggarakan dua program yang diakui internasional, yaitu SCAA Pathway Program dan Sertifikasi Q Grader yang dirancang oleh Coffee Quality Institute (CQI). SCAA program ini disusun untuk memberikan platform pelatihan dan informasi terupdate tentang kopi. Selain itu, untuk memberikan pengalaman langsung kepada barista serta juga membangun koneksi industri untuk membangun bisnis yang akan mereka jalani.

Baca Juga : Pelatihan Wirausaha

Untuk Pathway Program, materi yang diajarkan meliputi ruang lingkup barista, roaster, pembelian kopi dan pengujian kualitas kopi. Sedangkan kelas Pre Q dan kelas sertifikasi Q Grader lebih ditujukan untuk mencetak penguji cita rasa kopi. Para pesertanya belajar mencicipi dan menge‎valuasi kopi berdasarkan beberapa komponen penilaian antara lain rasa, aroma, kadar asam, rasa manis, body dan aftertaste. Untuk tarif pelatihan mulai dari kisaran Rp 4 jta sampai Rp 5 juta.

6. A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD)

Alamat: Jl. RP. Soeroso No.22, RT.9/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, 10330\

Kontak: 0812 9182 4398

Info Kursus: https://abunchofcaffeinedealers.wordpress.com/

A Bunch of Caffeine Dealers atau yang biasa disebut ABCD Coffee Shop ini juga tidak kalah terkenalnya. Bahkan salah satu ownernya sendiri, Hendy Kurniawan pernah menjadi juri pada kejuaraan Barista dunia dan bahkan dirinya telah mendapatkan sertifikat trainer dan konsultan di ASEAN. Itu artinya keahliannya sudah diakui dunia. Berangkat dari latar belakang yang dimiliki kedua owner ABCD, terbentuklah pula kursus barista yang dikelola Hendry dan Ve Handojo. Ada beberapa kelas yang dibuka, yaitu Manual Brewing Class ataupun Cupping Class. Kelas pelatihan ini merogoh kocek mulai dari Rp 1 juta.

7. Universitas Del Caffe Indonesia

Alamat: Jl. Tanah Abang II No. 17, Jakarta Pusat 10160 | Jl. Berbek Industri V no.9 Sidoarjo 61256 | Jl. Taman Giri No. 5, Br. Mumbul, Nusa Dua 80363, Bali | Jl. Ring Road Utara No.60,Nanggulan RT 11/RW 18 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282

Kontak: 021-29229818 (Jakarta), 031 8490191 (Surabaya), 0361-8478360 (Bali), 0274-488845 (Yogyakarta)

Info Kursus: http://www.bahanagv.co.id/universita/courses

Akademi khusus untuk pebisnis food and beverage ini menawarkan jasa pelatihan bagi calon barista yang ingin menjalani pendidikan tersertifikasi Italia. Universitas ini sudah memiliki beberapa cabang seperti di San Paolo, Bangalore, Shanghai, Seoul, Cairo, Rotterdam, Paris, Munich, Opatija, London, New York, Bogota, Praha, Athena, Istanbul, New Mexico, Kuala Lumpur, Johannesburg, dan Jakarta. Kursus untuk barista ini menawarkan wawasan yang berkesinambungan tentang kopi mulai dari bibit biji kopi yang baik sampai proses terakhir pembuatan sajian kopi. Biaya di sini memerlukan kocek mulai dari Rp 2.6 juta. Besarnya biaya tersebut dinilai sepadan dengan materi yang diberikan serta standar akademi yang dimiliki Universitas Del Caffe Indonesia.

8. 5758 Coffee Lab

Alamat: Rusa Pinus Raya E1-D, Jl. Pinus Raya Barat, Komplek Pondok Hijau Indah, Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat 40153

Kontak: 0822 5533 5758

Info Kursus: https://www.facebook.com/5758CoffeeLab/

Untuk para calon barista di sekitar Bandung Anda bisa mengunjungi 5758 Coffee Lab. Di sini anda berkesempatan untuk belajar oleh pengajar kelas satu yang sudah memiliki sertifikat Q Grader dari Sepcialty Coffee Association of America, salah satunya Adi W Taroepratjeka. Oleh karena itu dijamin seluruh ilmu tentang kopi akan dikupas secara tuntas di lembaga kursus barista ini. Bukan Cuma kelas barista, di sini Anda juga bisa mengikuti kelas lainnya seperti latte art, manual brewing dan yang paling menarik adalah kelas Q Grader. Biayanya pun terbilang masih bisa dijangkau yaitu mulai dari Rp 750 ribu untuk kelas singkat sampai puluhan juta untuk kelas-kelas yang lebih tinggi.

9. East Indische

Alamat: Jl. Tangkuban Perahu No.69, Ciburial, Lembang, Bandung, Jawa Barat 40391

Kontak: 812-9767-9609

Info Kursus: https://www.facebook.com/eastindischekoffie/?ref=py_c

East Indische merupakan pelatihan barista yang baru 2016 lalu diresmikan dan mulai beroperasi. Sekolah barista ini menjanjikan pengalaman dari hulu sampai hilir untuk para calon barista yang tidak mereka dapatkan dari sekolah barista lainnya. Di mana Kopi Malabar Sigarautang jadi pilihan untuk kebun kopi milik mereka sendiri. Sementara menunggu hasil panen dari kebun kopinya, East Indische menimbun Malabar Natural, Aceh, Bali, Flores, dan Toraja yang diambil langsung dari petani untuk digunakan selama pelatihan.

10. Jakarta Coffee House

Alamat: Jalan Cipete Raya No.2, Jakarta Selatan 12410

Kontak: 021-7590 0570

Info Kursus: http://jakartacoffeehouse.com/training/

Sudah berpengalaman di bisnis coffee shop selama 11 tahun, pemilik sekaligus pendiri Jakarta Coffee Shop tertarik membuka pelatihan untuk mencetak barista-barista professional. Untuk pengajar sendiri Borie si pemilik terjun langsung memberikan ilmu-ilmu perkopian. Selain untuk perorangan, Borie juga memberikan kesempatan bagi klien yang ingin SDMnya dibekali teknik-teknik menjadi barista. Biasanya untuk perusahaan-perusahaan, pelatihan yang dilakukan per group dengan minimal 5-8 orang dan ada kurikulum belajar yang disiapkan dengan durasi waktu training 12 hari. Sedangkan, tarifnya kursus Jakarta Coffee Shop ini dipatok mulai dari Rp 6 juta sampai Rp 7 juta per orang dalam satu group.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY