Usaha Online 2017 yang Bisa Anda Mulai di Awal Tahun

Usaha Online 2017- Akses internet awalnya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 hanya untuk kebutuhan kemiliteran saja syukurlah kini internet sudah semakin berkembang berkat para ilmuan yang mengembangkan penemuan terbesar ini. Mengapa kami bilang ini penemuan terbesar? sebab lewat internet peradaban bisa semakin maju. Bayangkan jika tidak ada internet mungkin beberapa gadget yang kita punya tidak mungkin tercipta, misalnya laptop, smartphone, dan lain sebagainyaa. Tidak hanya itu, tanpa ada internet mungkin lapangan pekerjaan seperti online shop dan lainnya juga tidak akan tercipta.

Bicara mengenai bisnis online, seperti yang sudah sama-sama ketahui bahwa usaha online sudah mulai merajai pasar baik nasional maupun internasional. Ya! e-commerce. Sektor ini pertumbuhannya terbilang sangat cepat. Sejak diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di satu halaman website usaha jenis ini berkembang cukup cepat hanya dalam waktu 9 tahun perdagangan elektronik ini menghasilkan penjualan seharga AS$12.2 miliar pada 2003.

Hingga kini e-commerce perkembangannya makin meningkat tajam. Wajar saja bisnis di bidang ini makin banyak penggiatnya. Tidak hanya orang yang sudah berkecimpung terlebih dahulu di usaha berjualan bahkan kini pemainnya lebih condog ke anak muda dan ibu-ibu. Tetapi banyak juga yang langsung menyerah padahal hanya baru 5 bulan menjalankan usahanya. Alasannnya beragam mulai dari tidak tahu ingin usaha online apa dan kurannya wawasan, bisnis yang sepi dan tidak mencapai target, lalu besarnya tanggungan yang tidak akan bisa dipenuhi bila hanya mengandalkan usaha berjualan online. Untuk itu, kami akan memberikan Anda beberpa peluang usaha online 2017 dan tips menjalankan usahanya.

Peluang usaha online 2017

Jasa SEO untuk Website

Mengoptimasi website adalah salah satu pemasaran yang sekarang sering dilakukan oleh pengusaha. untuk itu diperlukan jasa SEO untuk mendapatkan traffic website yang tinggi yang dapat dihaqsilkan dari mesin pencari. Tidak mengherankan kalau sekarang ini banyak sekali orang yang mulai belajar mengenai SEO bahkan banyak juga yang mengadakan pelatihan bagi siapa saja yang ingin belajar SEO. Nah lalu apa sih yang seharusnya kita persiapkan untuk menyediakan jasa ini? yang pasti adalah Anda harus mengerti tentang SEO, tau cara meriset kata kunci dan kompetitor, memahami content marketing mulai dari pembuatan sampai distribusinya, dapat mengoptimasi struktur website, melakukan monitor backlink, berusaha mencabut penalty dari Google, dapat menganalisa data Google Analytics.

Menawarkan jasa meanajemen dan pemsaran media sosial

Semakin besarnya peran media sosial untuk bisnis membuka peluang usaha yaitu jasa manajemen dan pemaran media sosial. Apa tugas Anda sebagai penyedia jasa? Sama seperti SEO, media sosial juga adalah pemasaran online yang juga memerlukan seseorang untuk meningkatkan traffic serta pengunjung dan likers media sosialnya. Tugas sosial media specialist adalah membangun kesaradan brand, membuat dan membanggikan konten menarik ke pembaca atau konsumen, berinteraksi dengan fas/followers, dan meingkatkan traffic website melalui media sosial. Jadi sebenarnya sosial media tidak hanya sebagai admin yang mana tugasnya hanya memposting artikel-artikel dari website, kadang juga harus membuat konten sender berupa foto atau video untuk menarik pengguna media sosial lainnya.

Dalam membuat konten apa yang perlu diperhatikan untuk media sosial specialist? Konten harus berbobot sesuai dengan konsep atau usaha yang dijalani dan original.

Menjual produk di website

Banyak orang yang melakukan ini karena prosesnya cukup mudah dan penghasilannya pun lumayan. Tidak yakin? Contoh saja Bhinneka.com yang didirikan oleh yang didirikan oleh Hendrik Tio. Awalnya situs ini berdiri sejak 1999 secara online yang kini dapat mengantongi omzet mencapai 60 milyar setiap tahunnya. Tapi kebanyakan pengusaha cenderung takut memilih jenis usaha ini, padahal tidak perlu ditakutkan karena langkah-langkahnya sangat mudah. Untuk platformnya sudah tersedia banyak sekali pilihan seperti BBM, Instagram, WordPress dan berbagai startup penyedia website lainnya. Biaya yang dikeluarkan pun tidak sampai harus menguras kantong. Intinya usaha ini selain mudah dijalani juga tidak memerlukan modal yang besar.

Jualan di pasar online/marketplace

Mtode jualan di marketplace hampir sama seperti jualan di website sendiri, namun yang membedakan adalah jika jualan di marketplace Anda menggunakan platform orang lain, jadi harus mengikuti ketentuan yang sudah di tentukan oleh marketplace itu. Keuntungan menggunakan platform marketplace yang sudah tersedia adalah Anda bisa langsung berjaualan tanpa dipusingkan harus membuat website dan hal-hal lainnya. In ibisa dilakukan hanya kurang dari 5 menit, Anda cukup mmfoto produk, menguplaoadnya, dan memberikan deskripsi barang setelah itu posting. Cukup simple.

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa langsung mendapatkan pembeli karena pasarnya sudah ramai. Satu lagi yang sangat menggiurkan yaitu berjualan di marketplace gratis. Anda tidak akan dipungut biaya admin atau fee menggunakan platform. Nah untuk tips bagaimana menghasilkan keuntungan dengan berjualan di marketplace Anda bisa cari tahu dengan mendownload e-book Tips Berjualan di Marketplace Indonesia ini.

Menjadi virtual assistant

Usaha online 2017 selanjutnya adalah virtual assistant. Apa itu virtual assistant, sederhananya ialah seseorang yang membantu pekerjaan orang lain secara remote (jarak jauh). Pekerjaan seperti apa? Biasanya virtual assistant membantu di bidang pekerjaan seperti administrative, secretarial, atau pekerjaan-pekerjaan sejenisnya. Namun pekerjaan seperti penulisan, Desain, Internet research, editing, copywriting, translasi, programing, input data dan masih banyak lainnya. Sesuai dengan namanya, virtual assistant bisa berada di satu lokasi daerah dengan kliennya atau bisa juga bahkan bisa sampai belahan dunia. Hal ini dapat terjadi berkat bantuan teknologi komputer dan internet.

Apa yang harus dimiliki oleh seoarang virtual assistant? Selain keahlian di bidangnya seorang virtual assistant juga harus memiliki kemauan, komitmen dan alat-alat pendukung lainnya seperti komputer, koneksi internet serta smartphone, dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Cukup sederhana bukan?

Beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk menawarkan jasa Anda ada Upwork dan Zirtual. Untuk bayarannya VR yang berstatus sebagai freelancer dapat menghasilkan mulai dari US$ 10 hingga US$50 pe jam kerja.

Membuat pelatihan

Bila Anda memiliki blog yang sudah popular, Anda bisa menawarkan jasa dalam bentuk pelatihan atau konsultasi secara personal. Tapi itu disesuaikan dengan tema blog yang Anda miliki, misalnya blog yang Anda mengenai ditial marketing, nah Anda bisa menawarkan jasa pelatihan bagaimana mengoptimalkan media sosial untuk keperluan usaha atau cara menaikan traffic media sosial.

Menjadi publisher iklan

Sama halnya seperti media lainnya, di website penghasilan juga kebanyakan didapatkan dari iklan. Kenapa banyak pemilik website yang mau menulis konten yang menarik karena semakin besar traffic website mereka semakin besar pula penghasilan yang didapatkan dari iklan tersebut. Ini lah peluang usaha untuk para pemilik blog atau website. Anda cukup membuat website, menampilkan kode iklan setelah itu iklan akan muncul secara otomatis. Setelah muncul, setiap kali iklan di klik oleh pengunjung website maka Anda akan mendapatkan komisi. Namun sebelum itu Anda harus mendaftarakan website ke Google Adwords. Google akan mensurvei konten Anda dan traffic website Anda. Jika berminat di bisnis ini maka mulailah buat website dengan konten yang menarik.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY