7 Bisnis Konsep On Demand yang Unik Tapi Dibutuhkan dan Masih Jarang Ada

Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak tergiur menjalankan bisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, khususnya internet. Bisnis berbasis online sekarang ini mulai banyak bermunculan, misalnya seperti bisnis model e-commerce, fintech, sampai layanan on demand. Apa itu layanan on demand? Layanan dengan sistem on demand adalah sistem pelayanan yang berdasarkan dari pesanan konsumen. Jadi ketika ada pesanan dari konsumen, maka penyedia layanan ini akan langsung meresponnya.

Salah satu contoh penyedia layanan on demand misalnya adalah GoJek. Gojek mulanya memberikan layanan transportasi online yang bisa dipesan melalui aplikasi GoJek itu sendiri. Kini layanannya tidak hanya ojek online saja, tapi ada jasa cleaning service, salon, pembelian tiket, dan lainnya.

Mudahnya proses dan singkatnya waktu pemesanan menjadi alasan mengapa bisnis layanan on demand ini tidak pernah sepi peminat. Dan melihat antusiasme masyarakat yang makin bertambah ini, akhirnya banyak startup yang mengikuti model bisnis GoJek.

Tidak mengherankan model bisnis on demand diterapkan berbagai bisnis lainnya, seperti jasa pengantaran barang atau kurir, berbelanja, dan lain sebagainya. Nah, Sahabat UKM selain di bisnis sektor transportasi, kira-kira apa saja ya bisnis dengan konsep on demand lainnya? Berikut GoUKM rangkum 7 bisnis yang bisa dijalankan berbasis aplikasi on demand yang unik dan mungkin jarang ada di Indonesia.

Layanan on demand delivery bahan siap masak

Layanan ini sama seperti jasa pengiriman barang, namun bedanya adalah barang yang dikirimkan adalah bahan siap masak yang langsung bisa diolah. Mungkin kalau sahabat usaha pernah mendengar atau tahu mengenai Blue Appron. Nah, itulah contoh aplikasi on demand yang menyediakan layanan preplan home meal kit delivery atau pengantaran bahan-bahan makanan siap masak. Di Indonesia sendiri sebelumnya sudah ada BlackGarlic. Namun tepat di bulan Juli tahun ini, layanan tersebut resmi menyatakan tidak lagi beroperasi.

Layanan on demand jasa perawatan hewan

Bagi pet lovers, kesehatan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing adalah keharusan. Untuk itu diperlukan perawatan dan yang ekstra untuk menjaga kondisi hewan kesayanan mereka. Tapi karena kesibukan yang tinggi kadang mereka tidak sempat untuk mengurus hewan peliharaannya. Nah, untuk itu layanan jasa on demand pewarawatan hewan bisa jadi peluang yang sangat menjanjikan. Jika dilihat dari kepraktisannya memesan jasa dengan menggunakan aplikasi tentu para pet lovers ini akan tertarik dengan aplikasi Anda. Aplikasi ini masih belum ada di Indonesia, jadi kalau Sabahat UKM tertarik untuk mencobanya, dijamin tidak ada pesaing.

Layanan on demand service kendaraan

Aplikasi on demand yang menawarkan jasa service mungkin sudah banyak yang menerapkan. Tapi untuk service kendaraan berbasis aplikasi kami rasa belum ada. Nah, kalau Anda sedang menjalankan bisnis bengkel, bisa coba kembangkan bisnis Anda dengan menyediakan aplikasi on demand yang menawarkan jasa service kendaraan.

Layanan On Demand Penyalur Baby Sitter atau Asisten Rumah Tangga

Di tengah aktivitas harian yang padat, peran baby sitter atau asisten rumah tangga sangat diperlukan untuk menjaga anak dan juga kebersihan rumah. Untuk itu mulai banyak lembaga penyalur pengasuh dan ART untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun sayangnya lembaga-lembaga penyaluran ini masih beroperasi secara konvensional. Dalam kata lain, penyewa jasa harus mendatangi atau menelpon perusahaan penyedia tenaga kerja ini. Tapi kini dengan bantuan teknologi, prosesnya bisa lebih dipersingkat dengan menyedikan aplikasi layanan on demand. Sahabat UKM mungkin ada yang pernah mendengar pembantu.com? Situs tersebut adalah marketplace online yang menyalurkan pekerja ART dan babysitter secara online.

Layanan On Demand Sewa Bodyguard

Tidak hanya asisten rumah tangga, jasa keamanan professional juga bisa ditawarkan secara online. Misalnya Mytra Guard, yang merupakan marketplace yang berbasis on demand menawarkan kemudahan bagi personal, keluarga dan masyarkat lain yang ingin mendapatkan layanan keamanan pada saat-saat tertentu.

Layanan On Demand Sewa SPG

Model SPG dan Agensi Model kini sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan sebuah brand ke masyarakat. Perusahaan besar sampai bersedia mengeluarkan biaya sampai berjuta-juta untuk sekedar menyewa jasa sales promotion girl, dengan satu harapan mereka bisa menarik perhatian konsumen sehingga produknya bisa dikenal oleh khalayak ramai. Namun kini perusahaan atau agensi yang menyalurkan jasa ini masih terbilang masih jarang yang sudah berbasis online. Nah, jadi cobalah Anda manfaatkan peluang ini!

Itulah tadi beberapa bisnis jasa yang dapat dirintis dengan konsep on demand yang masih terbilang jarang di Indonesia. Untuk Sahabat UKM yang berpikir untuk merintisnya, pastikan sudah siap secara pendanaan dan teknisnya. Tidak hanya itu saja, karena menjalankan bisnis ini tidaklah mudah maka Anda pun harus mengetahui aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini.

Tentukan layanan yang sangat dibutuhkan

Ciptakan produk yang fokus untuk menyelesaikan sebuah masalah. Jangan coba untuk menyelesaikan banyak hal dan mulailah dari segmen yang memang sangat dibutuhkan oleh target konsumen Anda. Misalnya jika Anda ingin target konsumen korporasi untuk kebutuhan cleaning service maka buatlah jasa on demand cleaning service.

  1. Tentukan target yang spesifik

Hal yang cukup penting selanjutnya adalah mengidentifikasikan segmen konsumen yang lebih spesifik. Bukannya lebih luas kita menetukan target konsumen maka lebih besar prospeknya? Salah! Hal ini malah akan sia-sia. Karena dari sekian banyak orang yang Anda pancing, hanya akan ada 1-3 orang yang bisa Anda jaring sebab mereka lah yang lebih membutuhkan produk Anda.

  1. Perhatikan ketepatan dan kecepatan waktu layanan

Kalau Anda diibaratkan sebagai pemakai aplikasi on demand apa hal yang paling diperhatikan? Pastinya ketepatan waktu, contohnya seperti lamanya pemesanan, persiapan produk dan juga waktu konsumen menerima produk. Dalam bisnis berbasis on demand manajemen waktu harus Anda perhitungkan.

  1. Maksimalkan akses layanan dan infastruktunya

Kembangkan aplikasi jasa on demand yang mudah diakses dan bisa dipahami oleh konsumen. Hal ini akan meningkatkan tingkat lamanya waktu penggunaan aplikasi oleh konsumen. Selain itu diperlukan infrastuktur yang memadai untuk mendukung layanan Anda.

  1. Perbanyak Jumlah staf, baik teknisi maupun pekerja jasa

Menjalankan bisnis di bidang jasa apa lagi melibatkan teknologi sepertinya tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Setidaknya Anda harus memiliki tim teknisi dan 10 lebih pekerja jasa agar bisnis jasa berbasis on demand Anda bisa berjalan.  Tim teknisi guna mendukung aplikasi Anda, sementara pekerja jasa yang tidak sedikit diperlukan agar konsumen mendapatkan pelayanan yang cepat.

  1. Cermati pengaruh eksternal

Kadang hal eksternal seperti politik atau ekonomi juga mempengaruhi laju bisnis Anda. Untuk itu Anda harus memahami masalah hukum dan legalitas serta aturan yang diberlakukan pemerintah terkait usaha yang Anda jalankan. Jangan sampai karena terbentur oleh perizinan, kredibilitas usaha Anda jadi buruk di mata konsumen.

  1. Perhatikan gerak-gerik kompetitor

Kompetitor bagaikan guru yang paling tepat untuk Anda belajar. Karena apa yang dilakukan pesaing bisa Anda jadikan tolak ukur berhasil atau tidaknya strategi yang mereka terapkan. Tapi hal ini bukan berarti Anda meniru apa yang kompetitor lakukan. Alih-alih melakukan hal yang sama seperti apa yang pesaing lakukan, sebaiknya Anda mengembangkan kembali apa yang mereka aplikasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here