5 Bisnis Tanpa Modal yang Sedang Kekinian dengan Memanfaatkan Internet

Tak sedikit orang ingin berbisnis namun terkendala oleh modal, padahal bisnis tanpa modal bisa dijalankan dan tak sedikit yang sukses menjalankan bisnis dengan modal nol rupiah. Modalnya tentunya bukan hanya uang melainkan ide dan relasi. Dengan begitu, Anda tak bisa bisnis tanpa modal dan hutang.

Karena banyak sekali orang yang memulai bisnis dengan hutang. Namun, dalam artikel ini kami akan menyajikan contoh bisnis tanpa modal dapat uang, bisnis tanpa modal dan hutang, bisnis di rumah tanpa modal bahkan bisnis tanpa modal dan hasil melimpah.

Berikut jenis-jenis bisnisnya

  1. Bisnis Day Care

Bisnis Tanpa Modal

Salah satu bisnis tanpa modal yakni bisnis day care yaitu mendirikan sebuah usaha tempat penitipan bayi dan anak-anak balita. Bisnis tanpa modal hasil lumayan ini bisa Anda lakukan di rumah. Bisnis sudah bermunculan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Karena kesibukan orang tua sehingga tak ada waktu untuk merawat anaknya. Sehingga alternatifnya dititipkan pada lembaga day care.

Baca Juga : Ikut pelatihan wirausaha dan Bisnis GoUKM Training Center

Caranya dengan menawarkannya lewat orang-orang terdekat dulu. Misalnya, dulu Anda memiliki teman kantor yang memiliki Anak dan tidak ada menjaga. Bisa juga ditawakan kepada saudara atau tetangga yang membutuhkan. Bisnis baby day care sendiri bisa juga Anda bangun sambil bekerja sama dengan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan begitu Anda tak perlu modal untuk membangun sebuah bisnis karena day care saat ini bentuknya pre-school atau play group.

Hal terpenting dalam membangun bisnis day care adalah sebuah kepercayaan bahwa anak mereka akan aman ketika dititipkan. Upah untuk menitipkan day care beragam tergantung usia dari si Anak dan waktu penitipan. Waktunya bisa setengah hari atau full-time. Selain itu, bisa juga memilih cara asuhnya seperti apakah anak hanya dititipkan atau diberikan pendidikan.

Upahnya juga ada harian, mingguan dan bulanan tergantung dari kesepakatan. Jika Day Care Anda sudah berkembang, tak ada salahnya Anda membayar jasa psikolog atau ahli gizi anak untuk menaikkan tarif penitipan anak yang Anda miliki. Namun, upah di awal lebih disarankan karena memulai bisnis tanpa modal yang fokus kepada penitipan.

2. Translator

Bagi Anda yang mahir bahasa asing berbahagialah. Karena Anda bisa dengan mudah bisa berbisnis tanpa modal. Anda cukup menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Di era globalisasi seperti ini, banyak yang membutuhkan jasa translator. Mulai dari anak sekolah hingga pengusaha.

Anda bisa menawarkan jasa translator Anda kepada mereka. Bisa lewat media sosial seperti FB, Linkedin, Twitter dan lain-lain. Namun, jika untuk anak sekolah dan mahasiswa, Anda bisa menawarkannya lewat brosur atau sekolahnya langsung. Selalin itu, Anda juga bisa menjadi penerjemah online bahkan bayarannya bisa memakai dollar. Mereka meraup job-nya dari internet yang tentunya pekerjaan tersebut berasal dari luar negeri yang juga diperoleh dari biro-biro penerjemah luar negeri.

3. Tour Guide

Jika Anda memiliki hobi jalan-jalan dan memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, Anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal apalagi hutang. Anda bisa menjadi seorang tour guide yakni sebuah pekerjaan untuk memandu wisata bagi  wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Tugas Anda menjadi petunjuk jalan bagi para wisatawan selain itu Anda juga haru memiliki kemampuan dalam mengetahui sejarah tempat wisata tersebut. Selain itu, Anda harus memiliki kemampuan bahasa asing yang aktif, karena biasanya banyak wisatawan yang akan banyak bertanya mengenai tempat wisata ataupun perjalanan.

Untuk menjadi tour guide, biasanya biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh peserta begitu juga dengan tiket dan bensin. Asyik bukan menjadi tour guide? Dengan ini, Anda bisa berbisnis tanpa modal yang besar.

4. Endorser Produk/Selebgram

Bisnis tanpa modal yang sedang kekinian adalah endorser produk. Banyak yang mengira bahwa hanya selebritis saja yang bisa melakukan endorse produk padahal tidak. Orang biasa seperti Anda ternyata bisa juga melakoninya dengan syarat Anda harus memiliki banyak followers di med-sos. Yang perlu Anda lakukan dalam bisnis ini adalah cukup dengan meng-upload produk ke media sosial.

Baca juga : Peluang Bisnis Tata Rias Semakin Cerah, Peluang Usaha Make Up Artist

Cara menjadi endorse yaitu buatlah profil yang sekreatif mungkin sehingga orang tertarik untuk follow Anda. Namun, jangan sampai memajang foto orang lain apalagi foto artis yang kamu edit karena hal tersebut akan membohongi publik dan Anda bisa terkena hukuman. Selain itu, niatlah dalam berfoto bukan asal jepret. Meskipun kamera Anda standar, namun jika dikonsepkan sebelum memotret maka bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah rajin posting dan mencantumkan tags, tempat atau brand yang terkait dengan postingan Anda dan membalas cepat komentar yang masuk. Dengan begitu, akan ada pemilik brand yang tertarik untuk menjadikan Anda sebagai endorser produknya.

5. Agen Tiket Online

Tiket merupakan hal yang paling banyak diburu apalagi jika musim liburan tiba. Makanya tak ada salahnya Anda mencoba peruntungan ini. Apalagi menjadi agen tiket bisa diusahakan tanpa modal. Selain itu, menjalankan bisnis agen tiket bisa hemat waktu dan mudah dijalankan. Anda bisa menjalankan kapan saja, karena bisnis ini dilaksanakan dengan online.

Selain itu, jika menjalankan agen tiket online berarti Anda menjalankan bisnis yang jangka panjang karena permintaan tiket semakin lama semakin tinggi. Untuk memulai bisnis agen tiket tanpa modal ini, Anda bisa melakukan kerja sama menjadi mitra waralaba penyedia tiket pesawat dan biro perjalanan. Cara ini sangat mudah yaitu dengan mengikuti prosedur untuk menjalin kerja sama dengan pihak waralaba.

Tentunya, cara memasarkannya lewat online sehingga lebih efektif. Keuntungan dengan bisnis tiket online ini, selain Anda bisa melakoni bisnis tanpa modal, Anda juga bisa mendapatkan promo-promo tiket murah atau liburan gratis.

6. Editor Freelance

Bukan hanya menjadi penulis lepas kita bisa melakoni bisnis tanpa modal. Dengan menjalankan usaha sebagai editor freelance pun kita bisa menjalankannya. Bahkan, editor freelance cocok menjadi bisnis tanpa modal sama sekali.  Namun, untuk menjadi editor freelance, kita membutuhkan keahlian dalam mengedit dan juga mengusai tata bahasa bahkan tanda baca. Anda bisa menawarkan diri menjadi editor kepada beberapa penulis buku bisa juga menawarkannya kepada mahasiswa yang sedang skripsi. Biasanya, mereka sangat membutuhkan editor untuk mengedit skripsi mereka.

7. Bisnis Jasa SEO

Jika Anda memiliki keahlian SEO, lebih baik Anda menjalankan bisnis SEO saja. Karena bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal. Bisnis ini bisa mendapatkan penghasilan yang besar seiring dengan meningkatnya jual beli onliine. Karena bisnis online memang membutuhkan promosi dan jasa SEO memang sudah tak diragukan lagi.  Dengan jasa SEO, maka Anda akan menaikan rating website penjualan sehingga jasa SEO memang diperlukan.

Baca juga : Kursus SEO dan pelatihan digital marketing UMKM

Asumsi pendapatan dengan menjalakan bisnis jasa SEO ini adalah jika satu keyword saja harganya Rp100.000 maka jika Anda mendapatkan klien 20 orang dalam sebulan maka Anda bisa mendapatkan Rp2juta bagaimana jika lebih dari satu keyword. Bisa mendapatkan penghasilan lebih dari gaji karyawan bukan.

8. Youtuber

Tak semua orang tahu bahwa menjadi seorang Youtuber merupakan salah bisnis yang tak perlu mengeluarkan modal. Namun, untuk menjadi Youtuber tidaklah instan dan tidak juga langsung menghasilkan uang. Apalagi jika Anda masih dalam Youtuber pemula. Anda harus membuat diri Anda dikenal banyak orang sehingga video yang Anda buat banyak page views nya.  Dengan begitu, suatu saat Anda akan menjadi Seleb Youtube.

Salah satu seleb youtube yang paling terkenal di Indonesia adalah Edho Zell yang sudah berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta subscriber. Edho sendiri telah menelurkan 295 video tentang parody, comedy atau vlog-nya.

9.Kerajinan Barang Bekas

Bagi Anda yang kreatif, Anda bisa menyulap barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Apalagi saat ini banyak barang yang terbuang dengan percuma sehingga mengakibatkan pencemaran dimana-mana. Banyak sekali barang bekas yang bisa Anda manfaatkan mulai dari kardus bekas, kain perca, plastik, kayu bekas, dan lain-lain.

Botol bekas yang terbuang pun juga masih bisa didaur ulang menjadi biji plastik yang bisa digunakan untuk membuat plastik kantong belanjaan. Kain perca bisa didaur ulang menjadi keset atau aksesoris wanita lainnya. Kayu bekas masih bisa didaur ulang menjadi frame dan masih banyak barang bekas lainnya.

10. Foodies

Bisnis Tanpa Modal

Bagi Anda yang memiliki hobi hunting makan, sayang jika bisnis ini dilewatkan.  Untuk menjadi foodies, jika Anda menekuni profesi ini bukan hanya sekedar hunting makanan Anda pasti akan mendapatkan makan gratis sekaligus penghasilan.

Karena foodies atau food lovers bukan sekedar makan. Namun, sebuah pekerjaan yang gemar pada makanan lucu, unik, menarik yang kemudian share ke media sosial. Share-nya juga bukan sekedar upload namun juga mendeskripsikan makanan tersebut. Seru bukan berbisnis makanan tanpa modal. Perut kenyang dan mendapatkan penghasilan.

11. Usaha Jasa Mencuci  Sepatu

Bisnis tanpa modal lainnya adalah usaha jasa mencuci sepatu yang kini sedang trend. Karena tak sedikit kolektor sepatu yang tak memiliki waktu untuk membersihkan sepatu mereka. Bisa juga mereka khawatir sepatunya rusak karena tak memiliki teknik khusus dalam mencuci sepatu. Apalagi sepatu tersebut mahal harganya.

Untuk membuka usaha ini, Anda tak perlu modal. Pastinya sikat sepatu dan sabun ada di rumah Anda bukan? Jika pun harus mengeluarkan kocek tak akan sampai Rp20 ribu. Cara membuka jasa ini beragam bisa lewat media sosial, pasang plang depan rumah Anda atau menjalin kerja sama dengan pemilik toko sepatu. Di sana, Anda bisa mempromosikan keahlian Anda ketika ada yang ingin membeli sepatu di toko tersebut.

12. Event Organizer

Bisnis Tanpa Modal

Usaha yang satu ini bisa dikatakan bisnis tanpa modal dan mempunyai untung besar. Karena bisnis ini yang menanggung semua biaya adalah si penyewa EO. Yang terpenting dari usaha ini adalah pelayanan yang maksimal. Dan tentunya Anda harus memiliki keahlian komunikasi yang bagus. Karena melakoni  bisnis ini perlu kesabaran yang pastinya penyewa jasa ingin pelayanan yang ekstra.

Bisnis event organizer pastinya membutuhkan peralatan-peralatan tertentu, Nah Anda tak harus memilikinya karena mahal harganya seperti tenda, sound system, panggung dan lain-lain. Anda cukup menjadi fasilitator agar bisa menyewa kebutuhan tersebut. Nantinya yang menggunakan jasa kita yang akan membayarnya.

13. Desain Grafis

Desain grafis juga termasuk bisnis tanpa modal yang hanya membutuhkan keahlian dalam mendesain. Saat ini, untuk mendesain tak serumit dulu karena sudah banyak software gratis yang memudahkan kita untuk mendesain. Dengan kemampuan desain grafis, Anda bisa  menawarkan undangan, kartu nama, mug, kaos, banner, spanduk dan lain-lain. Untuk biaya cetaknya pun yang akan menanggung adalah orang yang memesannya. Anda cukup mendesain dan mencari tempat untuk mencetaknya.

14. Agen Properti

Ternyata menjadi agen properti juga merupakan bisnis tanpa modal bahkan bisa untung besar. Karena properti memang usaha yang menjanjikan setiap tahunnya harga meningkat tajam. Walaupun Anda hanya mendapatkan keuntungan 2-10%, tetapi itu bisa mendapatkan jutaan dalam satu properti saja. Apalagi jika properti yang ditawarkan nilainya milyaran. Bisnis agen properti juga bisa dilakukan di rumah saja. Cukup menawarkannya lewat media sosial. Jika ada yang berminat membeli baru Anda keluar rumah untuk mengantarkannya survei lahan.

15. Bisnis Daur Ulang Emas dari Sim-Card         

Bisnis Tanpa Modal

Banyak orang yang suka ganti-ganti nomor handphone-nya sehingga sim-card yang lalu tak digunakan lagi. Bagaimana dengan Anda? Ternyata sim-card tersebut bisa diubah menjadi emas jika Anda bisa mengolahnya. Bagi Anda yang tak bisa mengolahnya, Anda dapat membisniskannya yaitu dengan menjual sim-card yang telah Anda kumpulkan. Salah satu perusahaan yang menerima sim-card bekas adalah perusahaan dari Singapura, Lasykar Mandiri yang menawarkan pembelian kartu SIM bekas dengan harga Rp 100-Rp1000. Memang sangat murah harga belinya. Namun, jika Anda mampu mengolahnya Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

16. Jasa Titip

Bisnis yang seperti ini sering kita temui di pusat-pusat perbelanjaan, tempat parkir atau  ibadah. Bisnis ini tanpa modal sepeser pun hanya modal kepercayaan. Jika Anda ingin mengeluarkan modal pun tak seberapa karena hanya butuh kartu nomor urut yang jika diuangkan tak seberapa. Anda bisa bisnis tanpa modal yang satu ini dengan membuka jasa titip tas, sandal hingga hewan peliharaan.  Jasa titip ini sangat membantu bagi mereka yang membawa barang yang banyak atau tak bisa bepergian karena dilarang membawa hewan peliharaan.

Selain itu, jasa titip juga bisa Anda lakukan ketika akan berbelanja di toko atau di luar negeri. Saat itu, ada teman yang tak bisa berbelanja karena kesibukan atau jarak. Nah, Anda bisa mencoba bisnis jasa titip ini. Untungnya, tidak seberapa namun jika diakumulasi lumayan buat tambahan Anda berbelanja.

17. Jasa Pangkas Rambut

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam memotong rambut, Anda bisa membuka usaha jasa pangkas rambut. Tak perlu membuka usaha besar, cukup bermodalkan sisir, cermin dan gunting saja. Jika Anda belum memiliki modal untuk menyewa tempat, usaha ini bisa dilakukan di rumah Anda saja. Namun, jika rumah Anda kurang strategis bisa, Anda juga membukanya secara keliling. Karena banyak ternyata tukang cukur keliling yang pada akhirnya bisa membuka barbershop.

SHARE

LEAVE A REPLY