Wednesday, July 24, 2024
spot_img
HomeTips UKMMemulai usaha coffeeshop dengan modal yang minim

Memulai usaha coffeeshop dengan modal yang minim

Cafe atau coffee shop selalu menjadi tempat favorite anak muda untuk sekedar hangout, mngerjakan tugas kampus atau sekolah, meeting ataupun hanya melepas stress. Usaha kopi mulai menjadi usaha yang sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Jika berbicara mengenai keuntungan pastinya akan menjanjikan jika dimana coffee shop tersebut memiliki pengunjung yang ramai. Bagi sebagian orang, membuka cafe bukan hanya sekedar bisnis tapi juga sudah menjadi passion.

Baca juga : Usaha Modal Kecil untung Besar 

Target pasar dari Coffee Shop tersebut berbeda-beda, mulai dari kopi dengan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah hingga kopi dengan harga yang lebih tinggi untuk kalangan menengah ke atas.

Membuka usaha bukan bicara hanya dari modal saja. Tapi membuka sebuah bisnis tentu harus memiliki persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuka coffee shop dengan modal yang minim, sebagai berikut:

Memiliki konsep Cafe yang Original

Sebagian besar pelaku usaha yang baru memulai usahanya mereka mengikuti atau menjiplak konsep dari beberapa cafe yang sudah sukses dan terkenal. Cara seperti itu justru salah, karena mereka sudah memiliki branding yang kuat.

Bukan menjadikan cafe kalian menjadi naik justru yang terjadi akan sebaliknya, secara tidak langsung kita membantu branding usaha brand yang sudah kuat tersebut. Jadi menemukan konsep cafe yang original adalah tugas pertama yang perlu di perhatikan sebelum Anda membuka usaha sendiri.

Originial bukan berarti sama sekali berbeda dan kita tidak bisa boleh mendapatkan inspirasi dari cafe lain. Tentu saja, kita boleh bahkan di anjurkan belajar dari cafe lain yang sudah sukses. Namun menginspirasi bukan berarti kita mengcopy 100% dari konsep cafe tersebut.

Menciptakan Top Menu

Menciptakan top menu merupakan hal yang penting, meskipun bukan sebuah restoran tapi sebaiknya kita juga tidak asal-asalan menyajikan menu untuk cafe yang kita dirikan. Jadi usahakan untuk menjadikan kualitas menu makanan dan minuman di cafe Anda kelak.

Ciptakan menu andalan kalian yang menarik konsumen disaat mereka melihat menunya. Tentu makanan dan minuman yang masuk kedalam top menu perlu diuji kualitasnya rasanya oleh tim internal. Namun untuk mendapatkan top menu yang akurat, harus memperhatikan respon pelanggan juga.

Perhatiakan lokasi Tempat Usaha

Lokasi tempat sendiri merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Usahakan memilih lokasi yang ramai dan startegis banyak pengunjung. Tidak harus menyewa tempat dimall yang mewah dan keren.

Namun memilih tempat lokasi dipinggir jalan yang ramai akan memungkinkan kalian bisa mendapatkan pelanggan yang banyak. Tapi tidak berlaku jika kalian memilih tempat pada lokasi yang terpencil dan sepi.

Usaha yang sudah memiliki brand yang kuatpun jika salah memilih lokasi akan terjadi kebangkrutan. Memilih lokasi yang ramai juga harus memperhatikan fungsi tempat, tidak mungkin kalian membuka coffee shop ditengah – tengah pasar tradisional.

Baca Juga : Kursus Barista di Jakarta

Penting perhatikan kebersihan

Hal lainnya yang harus kalian perhatikan juga adalah kebersihan, bukan hanya kebersihan tentang tempat namun minuman dan makanan pun harus dijaga kebersihannya. Tidak lupa penampilan karyawan pun harus dijaga.

Jangan sampai konsumen merasa jijik saat minum atau memakan sesuatu di coffee shop kalian. Karena kebersihan merupakan hal sangat penting untuk diperhatikan, jika terlihat kotor dimata konsumen mereka juga akan malas untuk berkunjung kembali.

Kenyamanan konsumen adalah unsur terpenting dari sebuah usaha FnB. Kalian bisa membuat SOP sendiri untuk menjaga kebersihan di coffee shop kalian.

Membeli bahan ditoko Grosir.

Jika kalian memiliki modal yang minim, bisa membeli bahan baku di toko grosir. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran modal anda. Tapi karena biasanya pedagang grosir menjual bahan baku dengan harga yang murah tentunya membeli dalam jumlah yang banyak.

Membeli bahan baku dalam jumlah yang banyak tidak akan menjadi masalah. Karena bisa disimpan untuk menjadi stok. Tapi tetap perhatikan tanggal kadaluarsa. Untuk bahan kopi biasanya akan tahan lebih lama daripada bahan lainnya.

Memiliki properti yang unik dan menarik

Hal lain yang bisa menjadikan coffee shop kalian lebih nyaman, bisa dengan memilihi properti dan alat – alat yang unik dan menarik perhatian konsumen. Tidak harus barang yang mewah dengan harga yang mahal.

Dengan kekreativitas kalian bisa menjadikan barang dengan – barang harga yang murah menjadi properti yang unik dan dapat menjadikan nya sebagai iconic dari tempat kalian tersendiri. Yang mampu menjadikan ketertarikan untuk dikunjungi oleh konsumen.

Memutar lagu yang sesuai dengan konsep

Menjadikan coffee shop yang nyaman juga bisa dengan memberikan sentuhan lagu yang diputar. Jika kalian masuk ke coffee shop terkenal biasanya ditempat tersebut disajikan live music, tidak lain agar menjadikan konsumen nyaman dengan menikmati hidangan diringi music.

Kalau harus menyediakan live music akan memakan anggaran yang besar. Belum untuk menyewa band live music, dan menyediakan alat – alat musik untuk digunakan. Sebaiknya kalian juga harus mempertimbangkan jenis musik apa yang akan diputar.

Memaksimalkan tenaga sendiri

Membangun usaha coffee shop dengan modal yang minim tentunya harus memaksimalkan tenaga sendiri. Memang seharusnya sebuah usaha harus memiliki list daftar pekerja untuk membantu disetiap bidangnya.

Namun jika memiliki modal yang minim itu semua harus dipegang sendiri, dari menjadi owner, kasir dan barista. Memang terlihat sulit tapi sekiranya untuk usaha yang baru dimula bisa dipegang, Jika sudah mulai berkembang baru bisa merekut pekerja untuk membantu.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan jika kalian ingin membuka sebuah coffee shop dengan modal yang minim. Sehingga bisa dengan sangat meminilasirkan modal yang keluar. Laksanakan usaha kalian secara konsisten dan tekuni agar berjalan.

RELATED ARTICLES