Bingung Mau Usaha Online? Inilah Langkah Awal Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Peluang bisnis online tengah berkembang pesat saat ini. Apalagi di saat penerapan social distancing seperti sekarang. Bagimanakah langkah awal memulai usaha online?

Dewasa ini siapapun bisa saja jadi pengusaha online sukses. Mau usia muda, tua, laki-laki atau wanita punya kesempatan merasakan jatuh bangun di dunia bisnis ini. Tidak perlu gelar sarjana, banyak modal atau memiliki pengalaman bisnis untuk memulainya. Hal terpenting adalah keteguhan hati dan rencana yang tersusun.

Jika Anda sudah memiliki keteguhan hati dan ide yang bisa dikembangkan itu artinya Anda sudah memiliki modal utama, tinggal bagaimana merealisasikannya saja.

Berikut langkah awal memulai usaha online bagi Anda yang belum punya pengalaman sama sekali. langkah-langkah berikut hanyalah gambaran umum yang perlu Anda lakukan. Berhasil atau tidaknya tergantung Anda yang menjalankannya.

Langkah Awal Memulai Usaha Bagi Anda yang Belum Punya Pengalaman

Berikut langkah awal memulai usaha online bagi Anda yang belum punya pengalaman sama sekali. langkah-langkah berikut hanyalah gambaran umum yang perlu Anda lakukan. Berhasil atau tidaknya tergantung Anda yang menjalankannya.

1. Fokuskan pada Apa yang Disukai

Kerjakan sesuatu yang menjadi passion Anda agar bisa menikmati prosesnya. Kalimat berikut memang terdengar klise, tapi kenyatannya memang benar begitu. Kenyataannya menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat orang lebih senang mengerjakannya.

Bahkan saat kamu menghadapi kesulitan, Anda akan lebih mudah menemukan jalan keluarnya karena Anda sudah terbiasa di bidang tersebut. Jika sesuatu yang Anda kerjakan itu tidak juga membuahkan hasil. Sebaiknya coba kesampingkan soal keuntungan, tetaplah fokus melakukan apa yang Anda sukai dan ceri tahu lagi peluangnya.

2. Tingkatkan Keterampilan

Keputusan untuk mandiri sudah Anda buat. Pertanyaan selanjutnya ialah sudah siapkan Anda, baik dari sisi mental dan keterampilan? Dalam memulai bisnis kedua hal tersebut merupakan modal utama. Tanpa mental yang kuat Anda tidak akan bisa menerima kegagalan. Tanpa keterampilan Anda tidak dapat mengoprasikan bisnis Anda.

Keterampilan apa yang harus dimiliki oleh pengusaha? Berikut ini keterampilan yang perlu Anda asah agar bisnis Anda berkembang.

  • Kreatifitas dan Inovasi

Keterampilan ini sangat perlu dikuasai karena inilah yang nantinya akan menjadikan Anda berbeda dengan pengusaha yang lain. Ditengah persaingan yang kian ketat, membuktikan bahwa mereka yang tidak memfokuskan diri pada kreativitas dan inovasi pasti akan berantakan. Maka dari itu, Kita perlu sekali melakukan perbaikan secara terus menerus dan konsisten.

  • Manajemen SDM

Kesuksesan sebuah bisnis tidak luput berkat peran orang-orang yang ada di dalamnya bukan hanya pemimpinnya saja. Ibarat sebuah bahtera, meski Anda adalah nahkodanya namun karayawan-karyawan Anda lah yang memastikan kapal berlayar sesuai di jalur yang Anda inginkan. Maka penting sekali mengetahui teknik-teknik rekrutmen, pengembangan SDM serta evaluasi kinerja.

  • Kepemimpinan

Tidak hanya mengelola bisnis ataupun merencanakan usaha, kita juga dituntut untuk bisa menggerakan orang-orang yang bekerja dengan kita. Dengan cara menciptakan sistem organisasi yang sehat bisnis bisa berjalan secara otomatis. Inilah yang sebut dengan bisnis Autopilot Business.

Organisasi perlu dikembangkan mulai dari visi dan misi, posisi apa saja yang pelu untuk diisi, bagaimana kriteria orang yang mampu di posisi tersebut, dan lainnya. Inilah alasannya mengapa Anda pelu menguasai skill kepemimpinan atau leadership.

  • Kemampuan keuangan dasar

Keterampilan selanjutnya yang harus dimiliki pelaku usaha adalah pengelolaan keuangan. Hal yang satu ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena memerlukan kedisiplinan tinggi. Tapi jika Anda ingin belajar pasti dapat memahaminya dengan mudah.

Beruntungnya sekarang ini sudah banyak software atau aplikasi keuangan bisnis yang bisa dimanfaatkan. Jadi dengan bantuan alat ini Anda akan lebih mudah mengelola keuangan bisnis. Jika Anda sedang mencari software keuangan yang cocok untuk UKM, GoUKM melalui Program PraUsaha dapat membantu Anda. Selengkapnya lihat detail di sini.

  • Keterampilan komunikasi

Menjalankan usaha tanpa komunikasi yang baik antara Anda dan karyawan tentunya akan berantakan. Ini adalah hal yang harus Anda kuasai. Selain dengan karyawan kemampuan komunikasi juga digunakan saat berbicara dengan konsumen. Di mana kita dituntut untuk meyakinkan konsumen agar terjalin hubungan yang baik.

Selain secara lisan dan tertulis, komunikasi juga bisa dilihat dari bahasa tubuh, bagaimana Anda berbicara di depan umum, negosiasi, debat, bahakan kemampuan memediasi. Untuk itu, kemampuan bicara didepan public atau biasa disebut dengan public speaking sangat perlu ditingkatkan oleh pengusaha.

3. Lakukan Riset dan Tes Pasar

Sebelum Anda mementukan produk yang ingin dijual penting sekali melakukan riset apa yang dibutuhkan pasar. Identifikasikan apa yang dihadapi pasar saat ini. Ada ratusan masalah yang dihadapi konsumen, tugas Anda adalah observasi lapangan untuk menemukan hal yang benar-benar memerlukan solusi cepat.

Jika Anda sudah menemukan produk yang ingin ditawarkan, PR selanjutnya adalah tes ombak. Ini untuk mengetahui bagaimana respons masyakat atas produk Anda. Apakah diterima atau ada penolakan. Jika terjadi penolakan, kumpulkan feedback apa yang diberikan oleh calon customer Anda.

4. Review Feedback 

Setelah mendapatkan feedback dari bebagai sumber jadikan itu sebagai acuan untuk pengembangan produk dan bisnis kita. Tidak hanya itu saja, feedback juga sering kali dimanfaatkan sebagai salah satu elemen dalam melakukan evaluasi bisnis. Apalagi bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, feedback dari pelanggan mampu menjadi jejak digital yang akan meningkatkan citra bisnis di manta pelanggan baru.

5. Gunakan Platform Marketing Online

Marketing online atau digital marketing merupakan strategi pemasaran yang diandalkan apalagi di era seperti sekarang. Kebanyakan orang lebih nyaman belanja online, ketimbang offline karena mudah dan prosesnya cepat.

Untuk itu, menggunakan marketing digital sebagai sarana pemasaran menjadi sebuah keharusan. Pertanyaanya sekarang adalah bagaimana cara mengadopsi teknologi dalam strategi pemasaran kita? Sebelum ke sana ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja platform marketing digital yang bisa digunakan.

  • Website

Kebanyakan pengsuaha online memilih website sebagai lapaknya. Mengapa demikian? Ibarat jualan secara offline, website perannya bisa sebagai toko Anda di dunia digital. Apakah harus membuat website? Jawabannya adalah ya bagi Anda yang tidak ingin ambil resiko.

Jika Anda ingin serius bisnis di bidang ini, memiliki website menjadi kewajiban karena meski banyak platform online lainnya yang bisa digunakan untuk promosi, website adalah lapak milik Anda yang tidak bisa diotak-atik selain oleh Anda sendiri.

Tidak hanya itu saja menurut survey Verisign, usaha yang memiliki website resmi bisa meningkatkan rasa percaya pembeli, dibanding toko online yang tidak memiliki website sama sekali. Jadi tidak perlu ragu membuat website aatau tidak. Lagi pula sekarang sudah banyak cara membuat website mudah dan gratis.

Langkah awal memulai usaha online menggunakan platform website untuk jualan sangat mudah. Berikut GoUKM rangkum cara membuat website toko online.

Bila Anda ingin membuat website gratis ada gunakan website builders yang sudah ada. Website builder adalah sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk membuat halaman web dengan mudah bagi yang tidak mengetahui apa itu HTML atau PHP. Contoh web builder yang bisa jadi pilihan adalah Wix.com, 1&1 My Website, Google Site, Weebly, Voog, WordPress, Blogger dan masih banyak lainnya.

Namun  jika Anda ingin membuat website sendiri ada tahapan cara yang perlu Anda pahami, yaitu:

  1. Hosting dan domain
  2. Menginstal CMS WordPress
  3. Menginstal Plugin WooCommerce
  4. Mengganti tamplate WordPress
  5. Melakukan setting website
  6. melakukan setting toko online seperti tambah produk, tambah gambar produk, mengatur halaman utama, dll
  7. Mengembangkan toko online
  • Social Media

Platform pemasaran digital selanjutnya adalah social media di mana menurut data dari Hootsuite We Are Social, Indonesia merupakan negara ke lima yang paling banyak mengakses. Ini alasannya mengapa banyak pengusaha menggunakan social media sebagai sarana pemasarannya.

Platform yang paling banyak di akses adalah Youtube, Facebook, Twitter, Instagram. Biasanya yang paling sering digunakan untuk pemasaran social media Instagram dan Facebook karena kedua aplikasi ini memiliki fitur marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk jualan.

Berikut kami rangkum cara jualan di Instagram. Lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Buat Akun Khusus Jualan
  • Mencari Followers
  • Upload foto produk jualan dengan keterangan yang lengkap dan menarik
  • Gunakan Hashtag
  • Upload testimoni dari pelanggan Anda
  • lakukan Endorse dan Paid Promote
  • Lakukan Tag dan Share
  • Gunakan Teknik Soft Selling
  • E-commerce

E-commerce atau biasa disebut dengan marketplace online sama halnya seperti mall dengan para tenat yang menyewa lokasi atau tempat berjualan. Di marketplace juga pelapak diberikan ketentuan bagaimana cara berjualan di tempat mereka baik fee services, cara promosi, standar harga dan lainnya.

Singkatnya para tenant atau pelapak yang ada di marketplace terikat dengan sekian peraturan yang sudah ditentukan oleh manajemen marketplace tersebut. Beda halnya dengan membuat website sendiri.

Tips berjualan di marketplace cepat laris:

  • Buat Nama Toko yang tidak spesifik
  • Penamaan Produk di Tokopedia menggunakan keyword
  • Optimasi Iklan di Channel Lain
  • Jual produk dengan harga satuan dan grosir
  • Respons yang cepat
  • Minta Testimoni atau Review Konsumen
  • Email Marketing

Platform ini merupakan alat marketing yang juga tak kalah ampuhnya. Banyak juga pengusaha yang menggunakannya. Namun memang konversinya tidak sebanyak platform lainnya karena media ini Anda hanya sebatas bisa menginformasikan produk dan promo Anda saja tidak sampai ke pembelian.

Keuntungan menggunakan platform ini adalah biaya yang murah, bisa diotomatisasi dengan bantuan fitur autoresponder, dan menjangkau banyak customer sebab semua orang punya akun email.

Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, bagaimana cara melakukan pemasaran melalui email yang tepat? Inilah ini tipsnya strategi marketing dengan menggunakan email.

  • Pastikan email list adalah customer atau pengguna email aktif
  • Segmentasi daftar email
  • Hindari spam filter
  • Perhatikan waktu pengiriman email
  • Buat subject line yang menarik perhatian
  • Tulis isi email seakan-akan Anda yang mengirimkan email
  • Buat email yang enak dilhat melalui smartphone
  • Messenger Marketing

Berawal dari surat, fitur berkirim pesan berkembang dari tahun ke tahun. Sekarang puluhan platform aplikasi messaging bermuculan. Metode komunikasi terus mengalami perusabahan kearah yang lebih canggih.

Jika dulu kita hanya bisa berkirim teks saja, kini sudah bisa mengirimkan video, gambar, dll. Oleh karena itu, aplikasi messenger ini banyak diadopsi untuk pemasaran. Di mana pengusaha bisa mengirimkan gambar produk dan promo-promo lainnya.

Berikut tips cara memanfaatkan aplikasi messenger untuk promosi produk.

  • Gunakan aplikasi messenger khusus untuk bisnis
  • Isi info dan bio akun yang lengkap
  • Gunakan fitur bisnis katalog
  • Menggunakan personal status untuk menarik konsumen
  • Pasang profile picture promo khusus
  • Simpan text penting untuk menjawab frequently question
  • Jangan ragu gunakan emoticons
  • Senyum, sapa, dan salam
  • Berikan respons yang cepat
  • Simpan chat testimoni konsumen setia Anda

Nah, berikut langkah memulai usaha online bagi pemula yang bisa Anda terapkan. Langkah-langah diatas memang terkesan sederhana. Namun tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik secara konsisten. Itulah sebabnya dibutuhkan niat yang kuat untuk memulai usaha online agar Anda bisa sukses.