Friday, June 21, 2024
spot_img
HomeTips UKMSupaya Gak Hanya Wacana Inilah Cara Memulai Usaha Tanpa Modal untuk Studentpreneur

Supaya Gak Hanya Wacana Inilah Cara Memulai Usaha Tanpa Modal untuk Studentpreneur

Siapa yang memiliki mimpi menjadi studentpreneur? Banyak pasti yang menginginkannya. Berikut cara memulai usaha tanpa modal sama sekali yang sangat berguna bagi kamu yang masih berstatus pelajar.

Studentprenuer adalah istilah yang digunakan bagi seorang pelajar baik disekolah maupun perguran tinggi yang juga menggeluti dunia bisnis. Sebutan ini mulai banyak digunakan seiring berkembangnya komunitas pengusaha muda yang tersebar di Indonesia.

Di tanah air sendiri, berdasarkan data dari Himpunan Pengusaha Mudah Indonesia (HIPMI) menyatakan bahwa pada tahun 2017 ada sekitar 4% dari 5 Juta mahasiswa di Indonesia yang bercita-cita menjadi pengusaha. Angka tersebut berkembang dari tahun ke tahun.

Apakah kamu termasuk salah satu yang memiliki rencana menjadi studentprenuer? Berikut ini cara memulai usaha tanpa modal untuk pemula.

Modal memang memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis. Namun tidak semua jenis usaha membutuhkan modal yang besar, misalnya bisnis reseller. Bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun termasuk pelajar dengan hanya modal kenalan atau network yang luas.

Strategi dan Cara Memulai Usaha Tanpa Modal

Ada banyak sekali peluang usaha bisnis dengan modal nol rupiah yang bisa kamu mulai. Namun ada beberapa strategi yang perlu kamu ketahui agar bisnis kamu tidak mandek di tengah jalan. Berikut GoUKM rangkum strategi dan cara memulai usaha tanpa modal.

  1. Action!

Banyak dari kita pasti suka menunda-nuda sesuatu, apalagi memulai bisnis. Alasan seperti takut kuliah atau sekolah akan terbengkalai, tidak bisa atur waktu, tidak ada modal dan alasan-alasan yang lain pasti ada dibenak kamu saat memikirkan untuk jadi pengusaha.

Seperti pepatah mengatakan peluang itu hanya datang 1 kali. Maka jangan sia-siakan kesempatan yang kamu punya selagi usiamu masih muda. Dalam dunia bisnis tidak ada yang terlalu dini kalau kamu bertekad ingin menjadi wirausahawan yang sukses.

Justru saat masih mudalah waktu emas untuk mengawali kesuksesanmu. Jadikan beberapa pengusaha yang sukses di usia muda seperti Nadiem Kariem, Billy Kurniawan, Cynthia Tenggara sebagai panutan dan semangatmu dalam berbisnis.

  1. Hindari Bakar Modal di Awal

Kebanyakan pengusaha yang baru mulai bisnis, biasanya mereka langsung membangun kantor, merekrut orang, sewa toko, memasang iklan dan lain sebagainya yang dikenal membutuhkan biaya besar. Sebaiknya ditahan dahulu aktivitas tersebut sampai kamu bisa memperoleh keuntungan dalam bisnis.

Strategi ini disebut dengan metode bootstrapping ialah strategi pengembangan usaha dimana pendiri (founder) usaha memilih mengandalkan kekuatan internal. Untuk langkah awal kamu bisa lakukan riset pasar, membuat produk yang bagus dan penawaran yang menarik.

Jika sudah ada keuntungan dan penjualan sudah terlihat baru kamu bisa investasikannya untuk kebutuhan yang lain.

  1. Harus Bisa Multi-Tasking

Meski team sangat diperlukan, namun dengan modal terbatas pastinya kamu tidak memungkinkan untuk merekrut orang lain. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk bisa mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Mulai dari produksi, pemasaran sampai ke manajemen bisnis perlu kamu maintenance sendiri.

Itulah sebabnya mengapa passion menjadi penting dalam memulai usaha. Karena jika kita melakukan aktivitas yang kita sukai sendirian pasti pekerjaan tidak akan menjadi beban untuk kamu. Team akan dibutuhkan jika cashflow kamu sudah terlihat baik. Nah, saat merekrut orang lain pastikan juga mereka yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kamu. Bisa ajak orang terdekat terlebih dahulu atau anggota keluarga.

  1. Jadilah Kreatif

Cara memulai usaha tanpa modal berikutnya adalah membutuhkan kreativitas. Dalam berwirausaha kreativitas adalah hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri pengusaha. Kreativitas yang di maksud di sini adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan mampu menemukan cara baru dalam melihat masalah dan peluang.

Dalam pengambilan keputusan, ide kreatif ini akan menuntun kamu ke solusi yang tidak biasa, tentunya memberikan kebaikan untuk bisnis kamu. Contohnya promosi sekarang sudah jamannya serba online. Kamu bisa buat website yang menarik supaya customer penasaran dengan produk yang kamu tawarkan.

  1. Bangun Networking Sebelum Memulai

Banyak sekali pelaku usaha yang menyerah saat ingin memulai usaha karena merasa tidak punya jaringan. Nah, inilah yang perlu para studentpreneur persiapkan sedari awal. Beruntungnya di jaman seperti saat ini fasilitas social network sudah cukup banyak.

Ini memudahkan kamu untuk cari informasi-informasi tentang seminar atau coaching bisnis untuk mematangkan ilmu bisnis kamu. Bisa juga dengan bergabung ke dalam komunitas-komunitas pengusaha muda agar koneksi kamu semakin luas.

Dengan networking kamu tidak hanya bisa dapat ilmu dan mentor yang tepat, tapi juga bisa jadi ajang pamer ide kreatif kamu. Sangat mungkin sekali kamu bisa menemukan investor atau rekan bisnis yang sesuai dengan visi dan misi bisnis kamu.

  1. Konsultasikan Apa yang dibutuhakan untuk Bisnis Kamu

Bagi pemula, kegalauan ketika menjalankan bisnis pasti menghantui benakmu. Tidak heran memang sebab kamu sendiri masih belum punya pengalaman sama sekali di bidang ini. Itulah makanya kamu harus memiliki mentor atau konsultan bisnis. Dimana mereka akan membantu kamu memberikan solusi-solusi untuk masalah bisnis yang akan kamu hadapi.

Dalam dunia bisnis konsultan penting sekali untuk membantu kamu menentukan strategi bisnis, memperkecil pembekakan cost oprasional, membantu masalah keuangan yang rumit sampai memberikan tips cara branding yang cocok untuk bisnis.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari jasa konsultan yang baik untuk Usaha Kecil Menengah, GoUKM sebagai platform UMKM terbesar di Indonesia memiliki program Prausaha. Di mana kami bisa bantu kamu merencanakan bisnis kamu. Info selengkapnya tentang program Prausaha.

Kenapa Bisnis Kamu Gagal?

Kegagalan dalam usaha sebenarnya bisa saja dialami oleh siapa pun. Namun bagi pelajar atau mahasiswa sepertinya kemungkinan ini lumayan besar. Ada beberapa hal yang menjadi faktor mengapa bisnis yang kamu jalani tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Apa saja itu? waspadai hal-hal penyebab kenapa bisnis anak muda mudah gagal.

Kurang Komitmen dalam Menjalaninya

Penyebab yang paling sering terjadi kenapa bisnis selalu gagal karena kurangnya komitmen dari pebisnis itu sendiri. Apalagi kamu yang masih sekolah atau kuliah. Jadwal yang padat menuntut kamu memilih antara belajar atau mengurus bisnis. Akhirnya tidak ada Tindakan nyata dan semua berhenti di level rencana saja.

Ada juga yang sudah memulai tapi sayangnya tidak diseriusi. Bisnis yang dijalankan asal-asalan dan tidak konsisten. Hari ini rajin promosi, besoknya sudah malas karena banyak tugas. Kalau begitu caranya, tidak salah jika bisnis yang kamu jalankan akan gagal.

Perencanaan yang Tidak Matang

Kebanyakan pelajar menganggap bisnis di usia muda adalah bisnis iseng-iseng berhadiah. Oleh karena itu, banyak yang menganggap membuat strategi itu penting karena bisnis yang mereka jalankan sifatnya jangka pendek. Jangan salah, banyak mahasiswa bahkan pelajar SMA yang sukses dengan usaha yang mereka bagun selagi menuntut ilmu.

Target yang terukur, sasaran pasar yang jelas dan langkah-langkah jangka pendek dan Panjang mutlak diperlukan. Karena itulah yang akan menjadi panduan kamu dalam pengembangan bisnis.

Membanding-bandingkan dengan Bisnis Orang Lain

Tidak salah memang melihat perkembangan bisnis orang lain. Hal yang salah adalah membanding-bandingkan bisnis kamu dengan kompetitor. Iri dengan keberhasilan orang lain ialah kebiasaan yang akan membuat kamu merasa gagal. Sehingga kamu akan cepat merasa kalah dan tidak mau melanjutkan usaha.

Jika kamu sangat sering merasa demikian, mulailah untuk mengubah persepsi kamu dengan menjadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi kamu. Tanam mindset positif, caranya kamu bisa bicara dengan diri sendiri ucapkan jika mereka bisa mecapai titik seperti saat ini, artinya kamu juga bisa suatu hari. Jadikan itu sebagai target kedepan kamu.

Tidak Memahami Oprasional Bisnisnya

Punya ide bisnis yang menarik saja ternyata tidaklah cukup. Kamu dituntut menguasai juga pengetahuan dasar seputar oprasionalnya. Misalnya, kamu ingin bisnis online, meski kamu sudah memiliki produk yang bagus, tapi jika kamu tidak mengerti cara kerja platform yang kamu gunakan untuk promosi pasti akan sia-sia bukan?

Oleh karena itu, paling tidak kamu harus mengerti teknik secara umum berjualan online. Nyatanya pengusahaan Teknik yang payah bisa menjadi salah satu penyebab kenapa bisnis kamu selalu gagal.

Mulai Jadi Studentprenure Sekarang Juga

Semangat menjadi entrepreneur harus sudah mulai kamu tumbuhkan sejak muda. Susahnya mencari pekerjaan mulai dirasakan bahkan bagi mereka lulusan dari Universitas ternama. Oleh karena itu, dari pada kita mencari peluang karier yang tidak pasti, lebih baik kita ciptakan sendiri.

Peluang Usaha Tanpa Modal

Cara memulai usaha tanpa modal sangat mudah sekali. Kamu bisa mendapatkan ide bisnisnya dari manapun. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa segera kamu mulai jalankan.

Blogger/Influencer

Bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang senang menulis atau tampil didepan kamera inilah peluang bisnis yang unik untuk dilakukan. Dengan bantuan media sosial kamu bisa menjadi influncer di mana akan banyak brand meng-hire kamu untuk memperkenalkan produk mereka. Tapi pastikan kamu memiliki pengikut atau follower yang lumayan, ya. Banyak pelajar yang sukses menjalankan bisnis ini dengan bermodalkan handphone saja loh.

Bisnis Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan tidak perlu modal yang besar namun harus memiliki kratifitas yang tinggi. Kerajinan tangan bisa dibuat dari bahan apa saja yang terpenting menarik dan memiliki nilai jual. Misalnya boneka wisuda, sketsa wajah untuk hadiah, dan masih banyak lainnya.

Bisnis Jasa Dokumentasi dan Editing

Pasti di sekolah atau kampus mu sering sekali mengadakan kegiatan bukan? Ini bisa kamu jadikan peluang usaha loh. Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan aplikasi edit seperti photoshop, coreldraw, atau aplikasi edit video kamu bisa mulai menawarkan jasa edit foto dan video. Jika kamu serius menjalankan bisnis ini mungkin kedepannya kamu bisa buat studio foto sendiri.

Bisnis Eduksasi/Bimbel

Bisnis di dunia Pendidikan tidak akan pernah ada matinya, khususnya bimbel atau les private. Di Indonesia sendiri banyak sekali orang tua yang lebih memilih menitipkan anaknya di tempat kursus dari pada belajar di rumah. Alasannya karena metode belajar ditempat kursus biasnaya lebih mudah diserap oleh anak-anak. Nah, kamu yang suka sekali mengajar bisa mencoba peluang ini. Kamu masih tetap bisa ko sesuaikan jam kerja kamu dan kuliah.

Bisnis Jual Produk Fashion

Saat ini lulusan makin banyak tetapi lapangan pekerjaan makin sedikit. Maka makin sulit buat kamu cari pekerjaan saat lulus sekolah atau kuliah nanti. Nah solusinya kamu bisa coba membuka bisnis fashion sendiri. Bisnis ini sangat menguntungkan karena kamu bisa tawarkan ke teman-teman terdekat. Biasanya banyak anak muda yang mengikuti fashion. Maka target pasar kamu bisa ke teman-teman sekelas dahulu.

Suci Rahmadhani
Suci Rahmadhanihttps://goukm.id/
Content writer GoUKM.id dan marketing GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.
RELATED ARTICLES