Wednesday, July 24, 2024
spot_img
HomeInspirasi & MotivasiCara Peserta Program Prakerja Jadi Wirausaha/UMKM, Bisa Banget. Ini Caranya..

Cara Peserta Program Prakerja Jadi Wirausaha/UMKM, Bisa Banget. Ini Caranya..

Anda sudah atau akan mengikuti Program Kartu Prakerja? Program Prakerja didesain untuk mereka yang akan disiapkan untuk mendapatkan pekerjaan.

Artinya program Prakerja disiapkan untuk menjadikan seseorang siap masuk dunia kerja. Namun, program ini tidak hanya menjadi program yang akan menjadi solusi menekan angka pengangguran saja. tapi bagaimana peserta prakerja untuk berwirausaha.

Lalu Bagaimana mengikuti program Prakerja untuk calon wirausahawan akan memulai usaha/berwirausaha atau membuat UMKM.

Langkah Pertama untuk memulai menjadi seorang pengusaha bagi anda peserta prakerja

Mindset dan motivasi adalah modal dasar, anda peserta kartu prakerja yang akan memulai usaha melalui dengan progam kartu prakerja yang disediakan pemerintah. Dimana anda akan dibekali pelatihan dan dana insentif.

Nah artinya untuk modal pengetahuan dan modal awal ini sudah akan diberikan pemerintah. Akan tetapi menjadi seorang pengusaha membutuhkan mindset/pola pikir untuk menghasilkan uang.

Pola pikir seorang pengusaha dapat melihat berbagai masalah sebagai peluang. Menekan resiko besar menjadi sangat kecil. Itu pentingnya menjadi seorang pengusaha haruslah total.

Dan saat anda memiliki mindset yang benar, tanamkan selalu keberanian dan pantang menyerah/ gigih dengan motivasi yang membara dalam sanubari.

Langkah Kedua, Pilih Pelatihan Kartu Prakerja untuk sebagai bekal awal memulai usaha 

Inilah yang kemudian menjadi penting, jika anda  peserta kartu prakerja yang lolos dan ingin menjadi seorang Pengusaha UMKM. Pilih pelathan yang memiliki keterkaitan dengan rencana anda memulai usaha.

Misalkan anda memiliki rencana setelah mengikuti program prakerja akan menjadi seorang pengusaha kuliner (foodpreneur) Maka anda bisa mengambil program pelatihan di platform digital pelatihan-pelatihan kuliner.

Sepertihalnya anda akan memiliki usaha makanan, maka di platform digital anda dapat mengambil pelatihan makanan Tahan Krisis, longlasting yang diselenggarakan tempat pelatihan wirausaha berbasis online GoUKM Training Center.

Langkah ketiga, Eksekusi dan terus lakukan review berkala

Setelah anda memiliki pola pikir dan motivasi menjadi wirusahawan ditambah dengan pengetahuan berbasis skill produk dari program kartu prakerja. Saatnya mengeksekusi rencana usaha.

Saat ini memulai usaha sangatlah mudah dipersiapkan, butuh browsing untuk mencari kebutuhan memulai usaha. Atau jika khawatir  kurang percaya, GoUKM Group memiliki 4 unit bisnis yang mana semua produk, baik berupa barang hingga jasa untuk memulai dan mengembangkan UMKM ada di GoUKM. bahkan pelatihan sekalipun.

Mesti diingat memulai usaha tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika membayangkan diawal akan menghasilkan angka angka yang bombastis. Jadilah realistis, Realisasikan rencana dan impian memulai usaha dengan kerja keras tak lupa juga Berdoa.

Nely Merina
Nely Merina
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”
RELATED ARTICLES