Tren Bisnis Online 2018 yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga!

Kursus online diprediksi akan jadi peluang bisnis online 2018 yang menjanjikan. Hal ini karena orang lebih banyak mencari informasi melalui gadget mereka dibanding belajar langsung di tempat kursus untuk memperdalam wawasan mereka. Selain itu, waktu belajarnya pun lebih fleksibel. Makanya orang lebih memilih kursus yang seperti ini dibanding kursus offline. Ditambah lagi sekarang sudah banyak tersedia media streaming atau platform berbagi video yang bisa Anda gunakan untuk melangsungkan pelatihan online yang bisa diakses peserta kursus, seperti halnya Youtube, Skype, Twitch, video.com dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, banyak peluang usaha lainnya yang bisa dijalankan oleh calon pelaku usaha di dunia maya. Di tengah berkembangnya teknologi internet mempengaruhi berbagai kehidupan masyarakat, salah satunya dalam hal berbelanja. Meskipun setiap tahunnya masalah perkeonomian menjadi masalah utama di setiap negara, termasuk di Indonesia, akan tetapi tidak mempengaruhi daya beli masyarakat di toko online. Untuk itulah bisnis toko online juga dinilai lebih potensial di tahun berikutnya.

Bagimana tertarik untuk mulai berbisnis online? masih bingung mau bisnis apa? Nah, berikut ini kami rangkum beberapa bisnis online 2018 yang bisa Anda geluti mulai dari sekarang.

Bisnis online menguntungkan di 2018

Kursus Online

Banyak orang bersedia merogoh kocek yang dalam untuk meningkatkan skill mereka. Namun alih-alih mengenyam pendidikan formal, kursus online sering dipilih sebagai solusi untuk mewujudkan hal tersebut. Ini karena kursus online waktunya lebih fleksibel apalagi untuk mereka yang kesehariannya sangat sibuk dengan menjadi peserta kursus online mereka bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Kursus online pada umumnya sama seperti produk informasi, di mana Anda menyediakan materi baik dalam bentuk e-book atau video untuk pengguna jasa. Tapi ada perbedaaannya, karena bentuknya kursus maka panduan yang diberikan ke pengguna jasa harus dibadi menjadi beberapa sesi yang akan diberikan di hari-hari yang berbeda seminggu sekali atau sesuai dengan jadwal yang Anda berikan.

Selain kursus, juga adakan sesi tanya jawab untuk peserta. Anda bisa menggunakan platform Youtube, Skype, Twitch, dan video.com untuk live video tanya jawab. Gunakan juga wordprees, Ruang Guru, teachable, udemy, dan Guides.com untuk promosikan jasa kursus Anda.

Bisnis Digital Agency untuk Bantu Brand Go Digital

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau ingin menjangkau pasar yang lebih luas, kita harus memiliki strategi pemasaran secara online. Namun untuk melakukannya dibutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Untuk itulah bisnis digital agency hadir untuk menjadi solusi tepat dalam pemasaran brand. Ada macam-macam solusi yang ditawarkan oleh digital agency untuk memasarkan produk salah satunya adalah melalui social media.

Untuk menjalankannya memang tidaklah mudah, untuk itu Anda harus mempelajari terlebih dahulu konsep marketingnya. Sering lah berdiskusi dengan teman Anda yang bergerak di bidang yang sama atau pelajari dari buku-buku marketing digital. Bila Anda sudah ada mengerti dan punya bayangan seperti apa bisnisnya maka tentukan tujuan dan tetap konsisten, jangan lupa juga untuk selalu membuka diri dengan mempelajari ilmu-ilmu baru.

Bisnis Jasa SEO

Tampil di halaman pertama pencarian Google memberikan dampak terhadap penjualan dan pengenalan sebuah brand. Oleh sebab itu perusahaan membutuhkan penyedia jasa SEO untuk mengoptimasi websitenya. Untuk memulai bisnis ini Anda harus mempelajari seluk beluk search engine, telebih jika Google secara mendadak mengganti sistem mereka. Itu Artinya Anda harus punya ketertarikan dan dan memahami bidang ini.

Jasa Content Writer atau Copywriter

Jika Anda punya hobi menulis, profesi sebagai content writer atau copywriter merupakan peluang usaha yang cocok Anda jalankan di tahun 2018. Mengingat makin bertambahnya brand dipasarkan secara digital, jasa penulis konten dan copywriter dibutuhkan untuk membuat konten yang relevan.  Tugas utama seorang content writer atau copywriter adalah menuliskan sebuah artikel atau postingan sesuai dengan pesanan pengguna jasa. Biasanya pihak yang menggunakan jasa ini adalah mereka yang terjun di dunia bisnis online, seperti publisher, pemilik toko online bahkan perusahaan yang ingin mengoptimasi website mereka.

Untuk merintis bisnis ini Anda harus mengetahui teknik dasar penulisan artikel SEO, dan mengerti cara menggunakan gaya Bahasa yang persuasive. Sehingga tulisan yang Anda buat bisa mempengaruhi pengunjung yang datang ke website pengguna jasa Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu karkater setiap client agar bisa membuat keputusan serta penawaran yang sesuai dengan keinginan pasar.

Jasa Desain Grafis

peluang usaha online 2018 menguntungkan berikutnya adalah bisnis jasa design grafis. Sejak terkenalnya media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya membuat bisnis visual yang satu ini banjir permintaan. Kini banyak desain grafis dilibatkan ke dalam sebuah campaign media sosial perusahaan-perusahaan besar. Untuk itu, jika Anda memiliki kemampuan di bidang desain Anda bisa mulai usaha menawarkan jasa desian grafis untuk memperoleh penghasilan. Bisnis ini termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan yang bisa dijalakan di manapun, selama Anda memiliki PC.

Buat Aplikasi untuk Analisa Perform Media Sosial Pengguna

Semua orang pasti tidak suka konten yang tidak relevan. Pernyataan ini semakin benar apabila mereka berinteraksi dengan merek yang diketahui dan cintai. Hal ini harus diketahui oleh perusahaan sebelum membuat campaign apapun. Pembuatan konten haruslah dapat mengikuti audiens dan trend pemasaran pada saat itu.

Ditambah lagi dengan berevolusinya platform sosial, Maka tidak cukup konten yang relevan saja tapi juga mampu mengikuti perkembangan media sosialnya. Inilah mengapa alat analitik dan fitur untuk bisnis semakin dibutuhkan bagi sebuah brand. Dengan data analatik ini akan membantu pemasar memahami bagaimana karakteristik audience sehingga dapat membuat konten yang dipersonalisasikan dengan baik.

Menjadi Influencer

Profesi ini pasti telah sering Anda dengar. Apa itu influencer? merupakan orang yang berpengaruh dalam suatu ruang lingkup atau komunitas. Influencer identik disematkan untuk orang-orang yang memiliki audience yang cukup banyak di social media seperti misalnya artis, selebgram, blogger, youtuber dan lain sebagainya.

Guna meningkatkan penjualan, kini pelaku bisnis menggunakan jasa influencer dengan harapan produknya akan dikenal secara luas oleh orang-orang di sosial media. Apalagi dengan kemampuan influence seorang soaial media influnecer, maka akan membuat orang cenderung ingin mencoba produk tersebut. Nah, bila Anda ingin menjadi seorang influencer mudah saja bangunlah brand Anda mulai dari sekarang. Anda bisa menggunakan platform seperti, blog, youtube, atau media sosial Instagram sebagai media untuk membangun brand Anda. Buatlah konten yang Anda sukai namun juga mengikuti tren dan buatlah karekter khusus yang akan membedakan Anda dengan influencer lainnya.

Digital Media Startup

JIka Anda tertarik dengan dunia digital kreatif, mungkin digital media bisa Anda coba. Tidak harus media online yang pembahasannya seputar bisnis, ekonomi atau pembahasan berat lainnya. Anda bisa coba bangun media online seputar lifestyle dan hobi atau segmented. Hadirkan konten-koten ringan tetapi memiliki nilai tersendiri lewat palatform interneyt yang mudah untuk dilihat dan dibagikan salah satunya menggunakan bideo atau tulisan. Jangan lupa juga untuk mengolahnya dnegan kreatif dan menarik agar orang yang membaca atau melihatnya tidak bosan dan bagus jika tulisan atau video Anda dapat menginspirasi pengunjung media digital Anda.

Jadi Agen Token Listrik

Saat ini perusahaan listrik negara (PLN) sedang gencar mensosialisasikan penggunaan listrik prabayar (pulsa). Listrik prabayar ini adalah program yang dilakukan PLN untuk masyarakat pengguna agar lebih mudah, nyaman dan terkendali dalam pemakaian listrik. Respons dari masyarakat pun cukup memuaskan, buktinya banyak pengguna listrik yang beralih dari meteran, kini menggunakan pulsa listrik agar lebih hemat pemakaiannya.

Melihat perkembangan tren yang ada, membuka peluang bisnis seperti counter pulsa listrik. Meski tidak langsung memberikan keuntungan yang besar, tapi tipe bisnis rumahan ini termasuk yang akan terus berkembang sesuai kebutuhan masyarakat. Selain itu, mudah juga dijalankan bahkan oleh pelaku usaha pemula sekalipun, belum lagi modal yang diperlukan juga tidak besar, bahkan bisa dimulai hanya dengan menyetorkan deposit awal sebanyak Rp 3 juta.

Jual Hewan untuk Kurban atau Aqiqah Online

E-commerce ternayata tidak hanya diramaikan produk fashion saja, tapi juga hewan untuk kurban. Nyatanya kini sudah mulai banyak bermunculan toko online yang tawarkan kambing atau sapi untuk kepentingan berkurban maupun aqiqah. Pada umumnya pirtal yang menjual qurban juga berkewajiban untuk menyalurkan dagingnya ke kaum yang berhak atas daging qurban.

Mengembangkan Platform E-commerce

Seiring massifnya perkembangan dunia digital menyebabkan terjadinya pergeseran pola belanja masyarakat dari konvensional ke sistem online atau perdagangan elektronik. Ini bukan dampak yang buruk, malah sebaliknya. Bagi pelaku usaha tren jual-beli online ini malah angin segar bagi mereka. Pasalnya dengan menggunakan platform promosi digital mereka bisa memperluas pemasaran, tidak hanya di pasar lokal saja tapi juga secara global.

Maka tidak heran bila bisnis e-commerce atau perdagangan elektronik akan terus berkembang sering berjalannya waktu. Melihat perkembangan e-commerce yang pesat khsusnya di Indonesia, tidak heran kalau kini banyak pelaku usaha yang merintis bisnis di bidang ini.

Untuk memulai bisnis online satu ini Anda bisa menentukan jenis e-commerce yang sesuai dengan target market yang dituju. Selain itu, jangan lupa kembangkan aplikasi yang mudah digunakan sehingga pengguna tidak merasa kesulitan. Caranya Anda dapat optimalkan fungsi aplikasi yang lebih fleksibel digunakan.

Bisnis Layanan Virtual Assistant

Viritual assistant memang bukan hal yang baru lagi. Sebelumnya perusahaan besar sperti Apple, Microsoft dan Google sudah mengenalkan layanan tersebut. Pasti Anda akrab dengan SIRI pada iPhone dan Cortana pada ponsel berbasis Windows? Itulah yang disebut dengan virutual assistant.

Dengan menggunakan layanan tersebut pengguna bisa menelpon, membuat note, menulis pesan, bahkan melakukan transaksi pembayaran ke orang lain hanya dengan perintah suara. Business Insider memperkirakan pangsa bisnis Vritual Assistant ini bisa mencapai belasan miliar dolar hingga 2024. Nah apa Anda tertarik? kalau iya, coba saja mulai bisnis startup di bidang ini.

Nah, itu dia tadi beberapa prediksi bisnis online 2018 yang akan jadi tren ditahun berikutnya. Bila Anda memang ingin terjun ke dunia bisnis digital semoga beberapa bisnis diatas bisa menginspirasi Anda untuk mulai berbisnis online. Namun, perlu diingat bahwa semua bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing. Jadi meskipun kami katakan bisnis online di atas menguntungkan dan akan nge-tren di tahun depan tidak berarti Anda akan langsung sukses saat menjalankannya. Pasti ada saat-saat bisnis yang Anda rintis mengalami kendala dan hal-hal yang tak terduga lainnya.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY