Tips Jualan Online: Cara Memilih Smartphone untuk Menunjang Bisnis Online

Di era teknologi ini, banyak orang yang menjadikan bisnis berjualan online sebagai sumber penghasilan, baik itu penghasilan utama maupun penghasilan sampingan. Alasannya sederhana, bisnis online menjadi solusi bagi orang-orang yang mau mulai berbisnis namun tidak memiliki cukup modal dan cenderung lebih praktis untuk dikelola.

Dengan berbisnis online, kita tidak memerlukan lahan untuk menjajakan jasa atau barang dagangan. Selama Anda memiliki gadget seperti smartphone, laptop, atau tablet yang tersambung dengan internet, Anda bisa mulai berbisnis online.

Tentu saja supaya bisnis online yang berjalan secara maksimal, Anda membutuhkan gadget yang mumpuni untuk menunjang aktivitas bisnis online Anda. Salah satu gadget paling efektif untuk menjalani bisnis berbasis internet ini adalah smarpthone.

Dengan teknologi canggih yang dimiliki berbagai tipe ponsel pintar, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari berkomunikasi dengan pembeli, mendokumentasikan barang jualan, hingga melakukan promosi di internet.

Tapi, perlu diketahui tidak semua smartphone cocok untuk bisnis online. Jika Anda berencana untuk membeli smartphone yang mampu membantumu menjalankan aktivitas bisnis online, simak beberapa tips dari Kredivo tetang bagaimana cara memilih samartphone yang sesuai berikut ini.

Sesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan bisnis

Terdapat beberapa sistem operasi populer yang disematkan pada smartphone, misalnya Android, iOS, Blackberry. Sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sistem operasi Android lebih disarankan jika Anda sering mengunduh aplikasi. Sebab di Android, Anda bisa memilih untuk meng-install aplikasi dari Google Play Store atau meng-install APK (Android Package Kit) yang diunduh dari situs manapun. Jika Anda mengutamakan keamanan, iOS merupakan pilihan terbaik karena sistem operasi ini menggunakan sistem closed source.

Dengan sistem open source, banyak ancaman berupa malware, virus, potensi hacking, dan sebagainya yang kerap merisaukan. Sedangkan sistem open source di iOS membuat pengguna hanya bisa menginstal aplikasi dari Apple Store yang sudah terjamin kualitasnya. Apabila Anda mau memisahkan informasi personal dengan bisnis, maka Blackberry bisa menjadi pilihan tepat..

Pilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar

Apabila Anda menjual barang, sebaiknya pilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Tujuannya untuk menyimpan seluruh data-data penting seperti foto produk, data transaksi, hingga kontak partner bisnis.

Apalagi jika Anda menjual barang-barang fashion yang membutuhkan banyak katalog gambar untuk diperlihatkan ke pelanggan, tentunya kapasitas memori yang besar sangat penting untuk menyimpan foto-foto produk. Selain memori internal yang besar, sebaiknya pilih smartphone yang memiliki slot memori eksternal untuk jaga-jaga ketika memori internal sudah tidak cukup untuk menyimpan data Anda.

RAM besar untuk multitasking

Bagi seorang pebisnis online, smartphone yang mampu melakukan kegiatan multitasking tentu menjadi dambaan. Sebab, ada banyak hal yang harus dilakukan secara bersamaan dalam sebuah smartphone. Mulai dari mempromosikan produk di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, hingga membalas chat pelanggan, tentu Anda tidak mau seluruh aktivitas bisnismu tiba-tiba terhenti kan karena smartphone nge-lag? Maka dari itu, sebaiknya pilih smartphone dengan RAM minimal sebesar 2 GB. Jangan lupa juga untuk membersihkan cache dan history minimal setiap minggu supaya smartphone Anda tidak lemot.

Fitur kamera beresolusi tinggi

Berbeda dengan bisnis offline yang memungkinkan pelanggan melihat kondisi barang sebelum membelinya, bisnis online mengandalkan foto dan gambar sebagai etalase produk, sehingga kualitas foto pun sangat memiliki peran besar yang bisa menarik minat pelanggan. Maka dari itu, penting bagi para pelaku bisnis online untuk memilih smartphone dengan kualitas kamera yang tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mendokumentasikan detail produk dengan baik, tanpa memerlukan kamera profesional.

Produsen smartphone terpecaya

Menentukan merek smartphone memang bukan hal yang esensial. Namun, sangat disarankan bagi para pebisnis online untuk memilih produsen smartphone yang sudah teruji kualitasnya. Dengan memilih produsen smartphone terpecaya, tentu barang yang Anda dapatkan juga berkualitas, sehingga Anda bisa lebih puas dan masa pakainya pun bisa lebih lama.

Nah, itu dia beberapa tips memilih smartphone untuk menunjang bisnis online. Sebaiknya, Anda tak perlu berpikir dua kali untuk membeli smartphone baru, selama itu masih masuk dalam bujet dan mampu untuk membantu Anda melakukan aktivitas bisnis.

Apabila dana yang Anda miliki saat ini digunakan untuk menambah modal bisnis lainnya tidak perlu khawatir. Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit HP tanpa DP, salah satunya melalui Kredivo. Kredivo telah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce untuk menyediakan layanan kredit HP tanpa DP. Lima di antaranya yang populer adalah Blibli, Lazada, Bukalapak, JD.ID, dan Shopee.

Persyaratan untuk mendapatkan fasilitas kredit HP tanpa DP menggunakan Kredivo ini juga cukup mudah. Jika Anda adalah WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan, Anda sudah bisa mengajukan kredit HP tanpa DP di e-commerce rekanan Kredivo.

Anda bisa memilih opsi “bayar dalam 30 hari” tanpa dikenakan bunga atau “cicilan 3, 6, atau 12 bulan” dengan bunga rendah sebesar 2,95% dan simulasi cicilan yang akan diberikan di awal secara transparan.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengatur cash flow dan memantau pengeluaran, kredit HP tanpa DP dengan Kredivo juga bisa membantu Anda membangun skor kredit. Skor kredit atau penilaian kredit merupakan sistem yang digunakan oleh bank maupun lembaga pembiayaan untuk menentukan kelayakanmu dalam mendapatkan pinjaman.

Skor kredit ini merupakan salah satu pertimbangan penting bagi kreditur jika Anda mengajukan pinjaman lain yang lebih besar nantinya. Dengan mengambil kredit HP tanpa DP dan membayar tagihannya tepat waktu, riwayat kreditmu akan tercatat dan skor kredit pun akan meningkat. Dengan demikian, peluangmu untuk mendapat pinjaman bisnis di kemudian hari akan lebih besar. Menguntungkan sekali, kan?

SHARE
Content writer GoUKM dan event manager GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY