Strategi Pemasaran Efektif di Sosial Media dengan Budget Minimal

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan pengguna media sosial aktif terbesar di dunia. Berdasarkan hasil data survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2017 terhitung 143,26 juta pengguna di Indonesia. Maka tak heran setiap pemilik bisnis banyak menggunakan media sosial sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk atau memperkenalkan bisnisnya.

Dengan media sosial, pebisnis bisa memasarkan produk yang mereka miliki dengan lebih efektif, budget yang dikeluarkan bisa lebih murah dan jangkauan pasarnya lebih luas.

Baca Juga: Facebook Marketplace, Bisnis Online Lebih Mudah Dengan Med-Sos

Strategi Memaksimalkan Budget Minimal di Media Sosial

Dengan budget terbatas pengusaha harus memikirkan strategi promosi kreatif untuk memaksimalkan hasil. Berikut adalah lima strategi pemasaran paling efektif dengan menggunakan budget rendah melalui media sosial:

Content is King

Tanpa adanya konten yang menarik, semua hal yang Anda lakukan dengan media sosial tidak akan ada hasilnya. Ada yang menjelaskan bahwa “content is king”, jadi Anda harus berlomba-lomba untuk membuat konten terbaik.

Jika Anda tidak mahir dalam menulis, Anda bisa menyewa jasa penulis. Jika media sosial yang Anda pilih adalah Instagram, modal utamanya adalah memiliki foto instagramable. Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan kamera smartphone yang Anda miliki dan ambil beberapa foto produk dengan angle yang menarik.

Pilih Momen yang Tepat untuk Promosi

Pilihlah waktu-waktu yang tepat dan momen yang pas untuk melakukan promosi. Walaupun promo itu disukai oleh konsumen tetapi Anda jangan melakukan promo setiap hari. Kenapa? Selain membuat Anda mendapat keuntungan yang sedikit, membuat promo setiap hari juga bisa membuat konsumen bosan sehingga meninggalkan produk Anda. Agar lebih aman, Anda bisa melakukan promosi secara tersirat di dalam sebuah artikel yang bermanfaat atau di dalam postingan yang menarik.

Konsisten

Social media marketing bukan pekerjaan sampingan yang bisa di tinggalkan seenaknya saja, tetapi harus konsisten. Jika hanya dilakukan sesekali saja dalam seminggu, konsumen Anda akan melupakan produk yang Anda miliki. Maka dari itu, harus ada jadwal rutin, mulai dari jadwal harian, mingguan, dan bulanan.

Jalin Komunikasi Efektif

Setelah semua strategi di atas Anda lakukan, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menjalin komunikasi dengan konsumen melalui media sosial.

Baca Juga: Tips Memilih Smartphone yang Tepat untuk Menunjang Jual-Beli Online

Dengan interaksi secara personal, Anda akan mendapatkan teman dan follower yang lebih care dan loyal terhadap produk yang Anda miliki, tidak menutup kemungkinan teman Anda bisa merekomendasikan produk yang Anda miliki ke teman-temannya.

Hal ini tentu bisa menjadi salah satu promosi gratis yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Jadi, jangan bosan-bosan untuk menambah teman di media sosial yang Anda miliki.

Bagaimana, gampang bukan? Itu dia beberapa strategi efektif pemasaran melalui media sosial dengan budget rendah. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here