9 Startup Penyedia Layanan Logistik di Indonesia

Jika dahulu untuk mencari buku saja, kita harus ke toko buku, kini dengan adanya tren e-commerce (e-dagang) masyarakat bisa membelinya melalui ponsel atau gadget mereka di rumah. Tidak hanya menguntungkan bagi pengguna dalam hal ini adalah masyarakat, e-commerce pun menjadi sebab munculnya bisnis-bisnis lain yang dapat memberikan solusi untuk melengkapi sistem layanan toko online mereka, salah satunya adalah bisnis yang menawarkan layanan logistik di Indonesia.

Meskipun sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan layanan yang sama, namun tidak sedikit startup yang memiliki nilai lebih dari jasa yang sudah ada. Nah, inilah di antaranya beberapa startup layanan logistik dan ekspedisi di Indonesia.

NinjaXpress

Layanan jasa yang awalnya berbasis di Singapura ini menawarkan solusi bagi pengusaha online dalam hal pengiriman barang. Pasalnya Ninja Xpress hadir dengan menawarkan tiga layanan yaitu Ninja Reg, Ninja Fast dan Ninja Super. Di mana perbedaan dari ketiga layanan tersebut ada pada biaya dan estimasi barang sampai ke tangan penerima.

Salah satu kelebihan dari Ninja Xpress dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya adalah sistem real-time yang bisa dipantau langsung oleh pengguna maupun pengirim. Baru-baru ini Ninja Xpress juga memperkenalkan layanan baru yang di beri nama Ninja Easy. Ninja Easy adalah aplikasi yang bisa diakses secara mobile oleh pengguna.

Aplikasi ini hadir untuk menyederhanakan proses pengiriman dan pembayaran. Di mana, pada aplikasinya disertakan layanan jemput paket (on demand pickup), pembayaran cash on delivery dan pelacakan paket secara real time. Layanan tambahan ini diberikan guna memberikan kemudahan bagi pelaku usaha online sehingga dapat memangkas waktu proses pengiriman barang.

Artikel Terkait : Sistem logistik nasionalĀ 

Ninja Easy adalah solusi untuk memudahkan proses penjualan online dengan memangkas waktu yang terbuang percuma saat proses pembelian barang, mulai dari pembelian item sampai pengiriman. Karena dengan menggunkan aplikasi ini seluruh prosesnya digabungkan dengan cara membuat link berisi detail produk yang bisa diakses dan dibagikan ke berbagai aplikasi dan calon pembelinya.

Untuk mengkonfirmasikan penjualan, pembeli dimudahkan dengan hanya mengklik link tersebut, memasukan informasi lokasi dan jadwal pengiriman yang dinginkan dan secara otomatis data mereka akan dikirimkan kembali pada penjual melalui aplikasi Ninja Easy.

Bila pembelian sudah dikonfirmasi, maka penjual bisa langusng menggunakan layanan on-demand dan kurir Ninja Xpress akan menjemput dan mengantarkan barang pesanan ke pembeli. Untuk kuantitas barang yang dijemput tidak dibatasi dan tersedia 7 hari dalam seminggu, mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

Jadi keuntungan bagi pembeli, mereka bisa lebih mudah melakukan pembelian tanpa harus menggunakan lebih dari 1 platform lain. Misalnya bila si penjual menggunakan JNE atau jasa kurir lainnya, pasti pembeli harus bolak balik mengecek status posisi barang di toko online dan jasa pengirimnya (JNE). Sedangkan menggunakan aplikasi ini pembeli bisa traking hanya dengan satu aplikasi.

Soal keamanan, Ninja Xpress memberikan jaminan asuransi bagi barang pesanan konsumen yang mengalami kerusakan saat pengiriman. Ninja Easy juga menjamin penjemputan paket secara on-demand dapat dilakukan dalam waktu 90 menit sejak pemesanan.

Untuk saat ini layanan Ninja Xpress sudah mencakup 28 kota di Indonesia dengan jumlah kurir sebanyak 1.000 orang. Tim Ninja Xpress berharap di tahun ini mereka dapat menjangkau 60 sampai 80 kota baru di Indonesia.

Iruna

Iruna eLogistics adalah hadir memberikan solusi layanan logistik berbasis teknologi. Startup mengklaim bahwa merekalah perusahaan e-logistik di Indonesia yang memberikan platform solusi back-end untuk transaksi dagang secara terintegrasi.

Target yang dicapai oleh Iruna tidak hanya e-commerce namun juga UKM. Dari sekian banyak pelaku UKM, sedikit memang yang melek teknologi. Untuk itu Iruna bermaksud ingin memfasilitasi UKM untuk bisa beralih ke digital dengan cara memasyarakatkan sistem logistik digital. Sehingga dengan begitu, semakin banyak usaha kecil menenagah yang dapat menjangkau pasar global melalui industri e-commerce yang sudah terintegasi dengan e-logistik.

Untuk sampai kepada misi tersebut, iruna pun memberikan layanan digitalisasi teknologi logistik yang andal, di mulai dari warehouse, strategi last mile dilevery yang sudah real-time, bahkan packaging yang rapi.

Iruna juga menawarakan berbagai layanan pengelolaan fulfillment, seperti proses inbound dan outbound barang, serta return management, proses pengiriman yang tepat waktu dan real time melalui interface data hingga integrase dengan marketplace dan toko online. Bagaimana proses kerjanya? Mudah saja, dengan hanya mendafatar pada sistem, penjual bisa langusng terdaftarkan ke semua toko online atau toko online yang dipilih.

Dengan melakukan pendaftaran, penjual juga mendapatkan keuntungan lain seperti pengambilan barang oleh tim Iruna, packaging barang,foto produk, gratis Saller Paneldan pemasaran pada marketplace yang menjadi mitra Iruna.

Untuk pergudangan, Iruna sendiri sudah memiliki 3 gudang yang berada di kota-kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta. Untuk saat ini yang berada di Jakarta sudah total beroprasi sedangkan di Surabaya dan Yogyakarta akan segera beroperasi pada tahun ini.

Selain itu, diperkirakan warehouse atau fulfillment center Iruna juga akan hadir di beberapa titik di wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan juga untuk mensuport wilayah Indonesia Timur akan berdiri satu warehouse di Ambon.

PopBox

Popbox adalah startup yang baru dirintis pada tahun 2015 lalu. Bisnis logistik ini menawarkan soslusi teknologi platform loker otomatis untuk e-commerce. Untuk ranah global, layanan ini juga sudah diterapkan oleh Amazon melalui, Amazon Locker. Di Indonesia PopBox hadir dengan konsep loker fisik yang menjadi tempat akhir pengiriman barang atau dokumen. Selain menjadi tempat akhir pengiriman, lokasi loker PopBox juga dapat menjadi lokasi pengiriman, dan juga pengambilan barang yang dilakukan sendiri.

Popbox menilai platfomnya berbeda dari jasa pengiriman lainnya, targetnya lebih luas, baik itu e-commerce, jasa pengiriman, maupun perorangan bisa menggunakan layanan ini. Sampai saat ini, Popbox sendiri sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah toko online dan perusahaan jasa kurir.

Cara kerja layanan PopBox juga sangat sederhana, yaitu ketika transasksi antara konsumen dan merchant telah terjadi, merchant akan memproses barang untuk dikirim dan disimpan ke dalam loker terdekat konsumen. Setelah itu konsumen akan menerima kode rahasia, melalui email atau SMS yang digunakan untuk mengambil barang di loker.

Westbike Messenger Service

Jika Anda pernah menonton film Premium Rush, mungkin Anda juga berpikiran sama seperti saya bahwa bisnis ini idenya bermula dari film tersebut. Pasalnya layanan logistik on-demand ini merupakan jasa pengiriman barang menggunakan sepeda sebagai moda transprotasi kurirnya. Namun dilansir dari Merdeka.com, Hendi Rahmat pendiri sekaligus CEO jasa pengiriman tersebut mengatakan bahwa ide ini ia dapatkan bermula karena kencintaannya kepada sepeda fixie dan ingin hobinya ini tetap terjaga.

Hendi pun memutar otak mencari apa yang bisa ia lakukan demi menjaga kegemarannya tersebut. Melihat sepeda fixie dijadikan ladang bisnis pengantaran dokumen dan barang di negara lain seperti Eropa dan Amerika, maka dia pun menerapkan hal itu di Indonesia. Apalagi kondisi jalanan di Indonesia yang sering macet dinilainya sangat mendukung untuk bisnis yang akan dirintisnya saat itu.

Mulanya hanya ia dan temannya yang menjadi kurir Westbike Messenger Service. Pada saat itu, jasa kurir ini hanya untuk mengantarkan dokumen dan barang saja. Enam bulan berjalan Hendi pun mulai melihat peluang bisnis ini begitu menjanjikan. Ia pun mengajak temannya untuk serius menjalankan bisnis ini.

Baca Juga : Tentang Supply Chain ManagementĀ 

Akhirnya pada tahun 2014 orderannya makin banyak, bahkan sehari bisa mencapai 50 sampai 70 order kiriman barang. Westbike Messenger Service menawarkan 3 paket jasa, yaitu VIP, VVIP dan Corporate. VIP bertarif Rp 50 ribu dan sampai ke penerima di hari yang sama, sementara VVIP bertarif Rp 100 ribu dan jaminan sampai dalam 2 jam setelah barang dijemput kurir untuk diantarkan ke tujuan.

Sampai saat ini Westbike Messenger Service memiliki 17 kurir yang beroperasi mengirimkan barang di berbagai wilayah Jakarta. Untuk pemesanan, pengguna bisa melakukannya melalui aplikasi Westbike Messenger.

Anterin

Anterin adalah sebuah marketplace di bidang logistik, pergudangan dan penyedia layanan transportasi. Layanan ini menerapkan biaya layanan pengiriman trasportasi dan pergudangan berdasarkan sistem lelang yang digunakan oleh mitra terdaftar dan begitu juga sebaliknya untuk pengguna. Jadi di sini pengguna yang ingin menggunakan jasa ini akan diberikan pilihan jasa dari mitra terdaftar.

Konsep ini bertujuan untuk memecahkan 3 isu dalam logistik, yaitu biaya pengiriman, real time tracking dan ketersedian sumber daya armada. Untuk mitra yang bergabung, nantinya mereka juga bisa menyewakan armada angkut maupun gudang mereka untuk digunkan oleh pengguna. Dengan konsep pembayaran lelang ini, Anterin menargetakan platformnya bisa memenuhi kebutuhan pergudangan dengan harga yang terjangkau.

Di lansir dari Daily Social, Rachmat Co-Founder Anterin menjelaskan bahwa biaya jasa yang ditawarkan berasal dari mitra. Nah kalau begitu bagaimana Anterin mendapatkan revenue? Keuntungan yang di dapat dari Anterin berasal dari service fee sebesar 5-10% dari setiap jasa yang ditawarkan melalui advertising kendaraan yang dimiliki oleh mitra.

Deliveree

Deliveree adalah jasa pengiriman logistik on-demand yang awalnya berbasis di Thailand dan sejak 2015 lalu mulai beroperasi di Indonesia. Untuk meramaikan persaingan pasar layanan logistik di Indonesia, Deliveree memberikan beberpa fitur andalan, salah satunya adalah mengirim ke beberapa lokasi (multiple drop off). Jadi pelanggan bisa mengirim barang ke 5-10 lokasi dalam satu pengiriman.

Untuk biaya jasa yang dikenakan, Deliveree menetapkan berdasarkan jarak lokasi pengembilan dan lokasi pengiriman barang, serta jenis kendaraan yang dipilih. Saat ini Deliveree menyediakan 3 jenis kendaraan, yaitu City Car, MPV, dan Van. Untuk City Car, Deliveree menetapkan tarif flat sebesar Rp 50.000 untuk pengiriman dengan jarak 1-5 km. Jika jarak mencapai 15 km tariff yang dikenakan sebesar Rp 4.500 per km. sementara untuk jarak lebih dari 15 km dikenakan tariff Rp 4.000 per km. Jadi semakin jauh jarak tempuhnya akan semakin murah tariff yang dikenakannya.

Cara pemesanannya pun juga sangat mudah, pelanggan terlebih dahulu harus memilih jenis kendaraan yang diinginkan, mengisi waktu jemput, serta foto barang yang ingin dikirim. Setelah itu Deliveree akan mengunjungi lokasi pelanggan untuk mengambil barang dan mengantarkannya ke tangan penerima. Untuk menggunakan layanan ini selain melalui website, pengguna juga bisa memesannya melalui gadget dengan mengunduh aplikasi Deliveree yang sudah tersedia untuk platform Android dan iOS.

GoSend

Layanan logistik di Indonesia ini dibesut oleh GoJek, yang menawarkan jasa kurir antar barang dalam waktu yang singkat. GoSend diluncurkan guna menjadi solusi pengiriman barang dan dokumen dalam skala kecil yang lebih cepat dan mudah. Layanan yang sudah aktif tahun lalu ini bisa digunakan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Dempasar, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, Malang, Samarinda, Solo, Manado, dan Batam.

Selain itu, Go Send juga memberikan jaminan bagi barang yang mengalami kerusakan dengan memberikan asuransi hingga Rp 10.000.000 per pengiriman barang. Jadi jika barang kiriman rusak atau hilang, Go Send akan menggantinya sesuai dengan harga normal barang yang rusak atau hilang tersebut. Untuk saat ini, Go Send sudah bekerja sama dengan beberapa e-commerce, salah satunya adalah Buka Lapak.

Porter

Porter adalah sebuah perusahaan logistik on-demand yang dibentuk di tahun 2015 oleh Richard Cahyanto, Antthony Sadeli dan Jessica Hendrawidjaja. Poerter manawarkan jasa pengiriman paket dengan teknologi berbasis web dan aplikasi yang dapat digunakan oleh pemilik usaha untuk memantau dan melacak status pengiriman paket mereka secara online dan real time.

Pembeda jasa kurir Porter dengan lainnya adalah mereka memfokuskan pada layanan kaki lima. Di mana Porter hadir memberikan jasa antar dan beli makanan dari pedagang warungan (jajanan kaki lima). Tapi bukan berarti Porter tidak ekspansi menjangkau bisnis skala besar lain, Porter juga berupaya mengembangkan kerjasama dengan merchant untuk memperluas cakupan layanannya.

Kargo

Kargo merupakan startup yang menawarkan layanan logistik di Indonesia dan mulai beroperasi sejak November 2015. Dengan layanan ini, pengguna bisa mencari truk-truk perusahaan logistik yang kosong muatannya dan meminta mereka mengantarkan barang ke kota lain. Selain itu, pengguna pun bisa melakukan pelacakan pengiriman, pengurusan asuransi dan melakukan pembayaran hanya dengan Kargo.

Kargo memiliki tujuan utama untuk membantu UKM yang ingin mengirim produk berukuran besar ke luar kota. Tidak hanya jasa pengiriman darat, Kargo juga menyediakan pilihan jasa paket express dengan cargo pesawat. Untuk barang-barang yang bisa dikirimkan melalui Kargo antara lain motor, mobil, furniture, hingga mesin-mesin pabrik.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY