3 Software Akuntansi Gratis untuk UKM dengan Fitur Premium

Software akuntansi gratis memang sangat banyak tersedia di Internet, namun hanya sedikit yang mempunyai fitur mumpuni. Apalagi banyak juga software yang belum berjalan dengan sempurna. Sehingga Sahabat UKM sebaiknya berhati-hati dalam memilih Software keuangan yang tepat.

Bahaya Penggunaan Software Akuntansi Bajakan

Ada juga pelaku UKM yang menggunakan software bajakan. Biasanya mereka melakukan ini karena budget yang terbatas untuk membeli yang original. Padahal keputusan tersebut sangatlah berbahaya. Banyak sekali software bajakan yang terselip malware, sehingga bisa merusak perangkat komputer yang digunakan. Bahkan ada yang kehilangan data-data penting karena dicuri melalui akses software bajakan. Pengguna software bajakan juga terancam untuk dihukum dan dituntut karena melanggar hukum.

Software Akuntansi UKM Gratis dengan Fitur seperti Berlangganan Premium

Sahabat UKM tidak perlu bingung mencari software akuntansi. Jangan pula menggunakan software bajakan yang sudah jelas-jelas sangat berbahaya. GO UKM telah menemukan beberapa software akuntansi gratis yang dapat digunakan oleh sahabat UKM. Software pilihan ini dapat digunakan untuk memproses, mengkalkulasi dan menganalisis keuangan usaha Anda. Segala fitur di dalamnya sudah memiliki fungsi-fungsi layaknya software premium. Mari kita bahas satu per satu.

1 . SQL Ledger

Software ini merupakan sebuah sistem akuntansi dengan entri ganda. Jadi Software SQL Ledger ini biasanya digunakan oleh toko yang membutuhkan inventory control, check printing, multi user, multi-location, point-of-sales, packing list, dan purchase orders. Selain itu software ini merupakan sebuah sistem ERP berbasis web, sehingga mudah dipantau dari tempat yang jauh. Cocok dengan berbagai OS (windows, linux, mac).

SQL Ledger memiliki dua versi yaitu berbayar dan gratis. Sebenarnya untuk UKM sudah sangat mencukupi dengan versi gratis. Karena versi gratis memiliki fitur yang bagus dan cukup lengkap. Kecuali Anda membutuhkan fitur tambahan seperti barcode, label printing, invoice consolidation, dan fitur tambahan lainnya. Fitur-fitur ini merupakan fitur tambahan yang terdapat pada versi berbayar.

Silakan download SQL Ledger di sini http://www.sql-ledger.com/

2 . GNUCash

GNUCash sudah terkenal dan sering sekali dipakai oleh banyak orang. Software ini memang didesain untuk digunakan oleh usaha kecil menengah. Apalagi program ini cukup lengkap karena memiliki fitur account invoicing, receivables, account payables, akun investasi, depresiasi nilai, tax table, akun kredit dan pinjaman. Bila tidak ada modul yang diinginkan, Sahabat UKM dapat membuatnya secara manual. Dengan memasukkan variabel yang diinginkan, Anda dapat menambah modul yang tidak tersedia seperti pajak dan payroll.

GNUCash membantu Sahabat UKM untuk melacak pendapatan, rekening bank, beban dan bahkan saham. Ditambah lagi dengan Fitur double entry accounting. Sehingga Anda dapat dengan mudah mendeteksi kesalahan dan menemukan sumbernya. Mempunyai dasar prinsip akuntansi profesional agar neraca tetap seimbang dan laporan keuangan semakin akurat.

Silakan download GNUCash di sini http://www.gnucash.org/

3 . Turbo Cash

Sahabat UKM juga dapat menggunakan software akuntansi gratis bernama Turbo Cash. Turbo Cash merupakan software akuntansi kaya fitur untuk menandingi software Quickbookpro dan Sage. Beberapa fitur yang tersedia adalah barcodes, quotes, trial balance, batch operations, VAT accounting, multi-user and access controls, point of sale, invoicing, reporting and analysis, inventory and stock pricing, dll. Bisa dikatakan software ini mempunyai fitur yang mencakup banyak fungsi.

Turbo Cash mempunyai tampilan yang lebih bersih dan mudah untuk dioperasikan. Biasanya UKM yang menggunakannya tidak perlu banyak belajar dan penyesuaian. Karena software ini dikategorikan sebagai software yang user friendly.

Silakan download Turbo Cash di sini http://www.turbocash.net/. (syafin)

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY