Modal Jempol, Orderan Penuh

social media marketing

Strategi pemasaran produk di zaman modern sangatlah beragam. Kini aktifitas bisnis dapat ditunjang dengan menggunakan bantuan social media marketing. Kita dapat menemui berbagai page dan akun dari brand-brand terkenal di social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Penggunaan social media ini sudah terbukti dapat membantu memperkenalkan produk atau jasa kepada publik dengan efektif.

Dalam kaitannya dengan UKM, social media adalah media promosi online yang sangat tepat untuk digunakan. Kelebihan utama dari penggunaan social media adalah murah dan dapat digunakan oleh hampir seluruh bidang usaha. Selain menekan biaya promosi, jangkauannya yang sangat luas membuat promosi dapat sampai ke berbagai kalangan. Kelebihan lainnya adalah social media menawarkan kemudahan dalam berpromosi. Cukup foto produk yang ingin dipromosikan, sebarkan di social media dan tunggu reaksi dari publik. Berbeda dengan metode tradisional dimana kita harus menemui banyak orang untuk mempromosikan produk kita.

Tips promosi efektif social media marketing

Untuk mendapatkan reaksi positif dan mungkin pembelian, caranya gampang-gampang sulit. Posisikan diri Anda sebagai calon konsumen atau orang biasa di social media. Hal yang menarik perhatian Anda-lah yang akan Anda utamakan ketika membaca informasi di social media. Berikut adalah beberapa tips untuk promosi efektif social media marketing.

Gambar dan foto menarik

Gambar dan foto merupakan salah satu elemen penting untuk menarik minat publik, khususnya di social media. Usahakan untuk mengambil gambar produk Anda dengan kualitas yang jernih. Selanjutnya, ambil gambar dari berbagai sisi sehingga memberikan tampilan yang menarik.

Video

Sama seperti gambar, video memegang peran penting dalam menarik minat dan perhatian publik. Membuat video dengan tampilan menarik dan profesional membutuhkan keterampilan khusus. Jika budget Anda berlebih, Anda dapat menyewa jasa designer untuk membuat video. Namun, jika budget Anda pas-pasan, membuat video testimoni atau pengalaman konsumen terhadap produk tentu jauh lebih murah. Pastikan video yang diambil atau dibuat memiliki kualitas jernih dan tidak memiliki gangguan suara.

Promo yang tepat

Tidak dapat dipungkiri promo adalah penyita perhatian yang sangat efektif. Diskon, beli 1 gratis 1 dan giveaway adalah jenis promo yang mudah digunakan. Harus diingat jangan sampai promo yang Anda buat malah merugikan diri sendiri. Sesuaikan dengan kemampuan Anda saat itu. Jangan memaksakan promo beli 1 gratis 1 untuk produk yang terbilang mahal, meskipun akan menjadi populer di social media. Populer di social media belum tentu laku dan menghasilkan keuntungan.

Gunakan fitur iklan

Social media sekarang sudah menyediakan fitur untuk beriklan. Dengan fitur ini, jangkauan post Anda akan menjadi jauh lebih luas. Hal ini berarti lebih banyak calon konsumen potensial untuk Anda. Kombinasikan fitur ini dengan promo dan gambar yang menarik untuk mendapatkan hasil maksimal. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus menyiapkan biaya. Tenang saja, karena biaya yang harus dikeluarkan juga tidaklah besar.

Dengan memahami strategi social media marketing di atas, Sahabat UKM sudah mendapatkan pengetahuan baru. Ayo praktekkan pengetahuan itu untuk usaha Anda! Jangan takut mencoba karena kesuksesan butuh proses. Salam sukses!

LEAVE A REPLY