Mixer Roti, Buat Roti Cepat dan Enak dengan

Mixer Roti

Mixer roti merupakan alat untuk mengaduk adonan roti dan kue  untuk hasil maksimal. Kita tahu bahwa, roti makanan yang terbuat dari gandum ini ternyata menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia di kala pagi. Tak sedikit yang mencarinya untuk sarapan pagi. Alasannya tak terlalu mengenyangkan jadi cocok di konsumsi setelah bangun tidur dan akan beraktivitas pagi. Melihat fenomena tersebut sayang jika peluang bisnis roti dibuang. Namun untuk membuat roti yang enak dan cepat pasti membutuhkan alat bukan?

Lalu apa keuntungan dari membuat kue menggunakan mixer roti?

Membuat Hasil Lebih Cepat 

Sebenarnya membuat adonan roti cukup dengan mengocoknya dengan alat pengocok adonan kue. Namun itu butuh waktu berapa lama jika ternyata roti yang dibutuhkan banyak jumlahnya. Lain halnya jika kita mengadon roti menggunakan mesin roti.

Karena  roti ternyata membuat proses pembuatan roti lebih cepat karena bisa mengaduk adonan hingga 200 liter. Selain itu mesin mixer terdapat tiga jenis pengaduk yang disesuaikan dengan kepadatan adonan. Pertama Spiral untuk mengaduk jenis makanan kental seperti adonan roti, kue dan mie. Kedua Beather mengaduk makanan seperti keju, adonan pastry, croiisant, aneka tepung dan mentega. Ketiga jenis Whip yang bisa mengaduk makanan encer seperti cream, telur dan susu segar.

Baca Artikel Terkait, Mesin Mie Mesin Percepat Pembuatan Mie

Lebih enak

Karena mampu mencampur semua bahan adonan sehingga bisa padat, mengembang dan tercampur secara sempurna. Sehingga bisa menghasilkan tekstur dan rasa sesuai dengan keinginan.

Menghemat tenaga kerja

Jika Anda memang ingin membuka bisnis roti ada baiknya Anda memang menggunakan mixer roti sebagai alat bantu pembuatnya. Karena jika hanya mengandalkan pengocok manual maka akan membutuhkan tenaga kerja yag banyak untuk mengocoknya selain itu membutuhkan waktu yang lama juga.

Menghemat biaya

Diawal memang untuk membeli mixer roti membutuhkan biaya yang lebih mahal. Namun karena menggunakan mixer bisa menghemat tenaga kerja maka tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengupah tenaga kerja. Sehingga bisa menghemat biaya apalagi jika bisnis berjalan hingga bulan-bulan berikutnya maka modal akan cepat kembali.

Jenis-jenis Mixer Roti yang Cocok Untuk Membuat Roti

  • Planetary mixer

Merupakan jenis mixer roti yang paling laris karena potnya bisa dilepas sehingga bisa mengeluarkan adonan menjadi lebih lembut. Mixer roti ini berkerja berdasarkan berdasarkan teori perputaran planet, dimana beater berputar mengitari bowl, dimana bowl tidak berputar. Sehingga menghasilkan adonan yang rata dan lembut.

Planetary Mixer aplikasinya dibagi menjadi 3 jenis yaitu

  1. Spiral mixer roti yang bisa mengaduk adonan tepung dan jenis makanan yang sangat kental
  2. Beater, mixer roti yang bisa mengaduk makanan keju, adonan pastry dan croissant, aneka tepung, mentega
  3. Whip, mixer roti yang bisa mengaduk bahan makanan encer, seperti : cream, telur, susu segar.
  • Spiral mixer

Merupakan mixer roti yang biasa digunakan untuk mengaduk adonan kental dimana spiral beater dan bowl berputar bersamaan sehingga menghasilkan adonan yang merata dan lembut, mixer roti spiral biasanya digunakan untuk adonan seperti kue, donat, mie dan juga adonan kerupuk.

Spiral mixer adalah salah satu mixer yang banyak digunakan dalam industri bakery Indonesia karena mixer roti ini bisa juga untuk mengaduk adonan beku. Dimana adonan bisa dicampur dengan air dingin agar sehingga terbentuklah  tekstur yang sempurna. Mixer roti ini juga sangat kuat dan cepat dalam proses mixing atau pencampuran adonan, mangkuk atau bowl dapat di atur ke atas kebawah sesuai kebutuhan menggunakan engkol hidrolik, karena sangat praktis.

  • Horizontal Mixer

Selain sebagai mixer roti, horizontal mixer juga bisa digunakan sebagai pencampur adonan mie, pastel dan sebagainya. Horizontal Mixer ini digerakan dengan motor dinamo yang mampu membuat adonan mie secara merata. Bagi Anda yang menekuni dunia kuliner mesin ini cocok untuk Anda karena membantu proses pembuatan mie secara cepat.

Kecepatan Mixer

Jika dilihat dari kecepatan mixer maka jenis mixer terbagi menjadi dua yaitu Hand Mixer dan stand Mixer. Jika memilih kepraktisan maka orang lebih banyak memilih stand mixer yang digunakan. Namun harganya bisa dibilang tidak murah, harganya sekitar Rp 4 Juta paling murah.

Sedangkan hand mixer, bisa dibilang mixer roti ini kurang praktis sehingga harganya lebih murah dibandingkan dengan stand mixer. Namun untuk kebutuhan skala besar atau bisnis penggunaan hand mixer tidak efektif dibandingkan dengan hand mixer. Namun jika pembuatan roti untuk skala kecil atau rumah tangga maka disarankan hanya menggunakan hand mixer. Jika Anda tertarik untuk membeli mixer roti ini Anda bisa langsung menghubungi Wiratech, perusahaan yang telah 20 tahun bergerak dalam jual beli mesin kemasan.

 

LEAVE A REPLY