Mesin Roti, Prioritas Utama dalam Membangun Usaha Roti

Mesin Roti

Bagi Anda yang baru memulai bisnis roti, biasanya kebingungan apa saja yang harus dipersiapkan pertama kali. Selain modal, bahan baku tentunya mesin menjadi salah satu prioritas utama yang harus dibeli. Meski sebenarnya dengan cara manual pun roti pastinya bisa diproduksi namun hasilnya pasti tak semaksimal mesin roti.

BERIKUT KEUNGGULAN DARI MESIN ROTI

Mempercepat Proses Pembuatan Roti

Lain halnya jika mengadon roti secara manual dengan alat pengaduk, tentunya memakan waktu yang lama agar adonan tercampur sempurna. Begitu juga jika memanggang dengan kompor dapur, hasil panggangan bisa saja tak merata.

Baca Artikel Terkait, Buat Roti Cepat dan Enak dengan Mixer Roti

Apalagi jika memotong kue dengan pisau biasa bukan alat pemotong roti. Ukuran roti pasti berbeda sehingga bisa-bisa saat masuk ke pasar Anda bingung untuk menentukan harga. Makanya dibutuhkanlah mesin ini untuk mempercepat proses pembuatan roti dari pengadonan hingga pemotongan roti.

Mengurangi Tenaga Kerja

Untuk pebisnis pemula membayar tenaga kerja tentunya mahal bukan? Lebih baik jika uangnya digunakan untuk membeli mesin saja. Lebih efisien karena mesin bisa mengurangi tenaga kerja.

Memaksimalkan Hasil Produksi Roti

Lain halnya jika membuat roti secara manual, roti yang dihasilkan pastinya tidak maksimal. Roti sulit mengembang, matang tak rata, bahkan hasil potongan roti yang didapat berbeda. Alhasil roti yang kita buat tak banyak yang akan membelinya. Namun jika menggunakan mesin ini yang memang didesain untuk memaksimalkan hasil roti.

JENIS-JENIS MESIN ROTI

Agar roti yang dihasilkan maksimal maka diperlukanlah  jenis mesin dengan berbagai fungsi. Berikut ini penjelasan

  • Mixer Roti 

Mesin roti ini dibutuhkan untuk mempercepat proses pembuatan adonan. Mixer roti sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu ;

  • Planetary mixer

Merupakan jenis mixer roti yang paling laris karena potnya bisa dilepas sehingga bisa mengeluarkan adonan menjadi lebih lembut. Mixer roti ini berkerja berdasarkan berdasarkan teori perputaran planet, dimana beater berputar mengitari bowl, dimana bowl tidak berputar. Sehingga menghasilkan adonan yang rata dan lembut.

  • Spiral mixer

Spriral mixer adalah salah satu mesin roti yang banyak digunakan dalam industri bakery Indonesia karena mixer roti ini bisa juga untuk mengaduk adonan beku. Dimana adonan bisa dicampur dengan air dingin agar sehingga terbentuklah  tekstur yang sempurna. Mixer roti ini juga sangat kuat dan cepat dalam proses mixing atau pencampuran adonan, mangkuk atau bowl dapat di atur ke atas kebawah sesuai kebutuhan menggunakan engkol hidrolik, karena sangat praktis.

  • Horizontal Mixer

Selain sebagai mixer roti, horizontal mixer juga bisa digunakan sebagai pencampur adonan mie, pastel dan sebagainya.

MESIN OVEN ROTI

Untuk mendapatkan pemanggang roti yang sempurna tentunya memerlukan mesin oven roti bukan. Karena untuk pebisnis roti jika hanya mengandalkan kompor maka matangnya roti tidak merata bisa-bisa setengan matang, setengahnya gosong.

Dengan menggunakan oven roti maka suhu diatur sehingga tidak akan kepanasan atau terlalu dingin. Karena oven memiliki thermo control yang mampu untuk mengatur suhu oven roti. Di dalam oven roti juga terdapat lapisan rock wool dan glass wool.

Lapisan Rock Wool yaitu peredam panas yang terletak pada dinding oven. Sehingga ruangan tidak terlalu panas. Sedangkan glass wool berfungsi yang merupakan bagian pipa burner yang terbuat dari pipa stainles sehingga tidak mudah keropos dan menjadikan oven awet dan tahan lebih lama.

MESIN PEMOTONG ROTI

Setelah roti jadi biasanya pebisnis pemula membutuhkan sebuah alat untuk memotong roti. Sehingga didapatlah ukuran roti yang sesuai untuk dijual. Biasanya pebisnis pemula lebih memilih memotong roti dengan pisau dibandingkan dengan mesin pemotong roti. Padahal jika menggunakan mesin pemotong roti, ukuran yang dihasilkan berbeda. Sehingga agak sulit untuk menentukan harga.

Mesin pemotong roti mempunyai dua jenis yaitu mesin bread slicer dan mesin-mesin roti ini berfungsi sebagai pengiris atau pemotong roti tawar. Mesin yang terbuat dari stainless steel ini bisa memotong roti dengan jarak yang dimiliki 12 mm.

PROOFER ROTI

Untuk memberikan kualitas terbaik pada roti yang sedang dibuat maka dibutuhkan mesin proofer yang mana berfungsi untuk membantu proses pengembangan dengan memfermentasikan atau mengistirahatkan adonan dalam waktu tertentu sehingga menghasilkan roti yang mengembang dengan kualitas yang baik serta menghasilkan roti yang merekah ketika dipanggang.

 

LEAVE A REPLY