Mesin Mie, Mesin Pembuat Mie Untuk Mempercepat Produksi dan Kualitas Mie

Mesin mie merupakan satu-satunya alat atau mesin pembuat mie yang memang sangat mempengaruhi proses produksi mie.

Karena alat penggiling mie ini memudahkan para pedagang mie mengolah mie mentah menjadi setengah jadi. Sehingga jadilah  berbagai masakan olahan mie terdapat di Indonesia, misalnya saja mie ayam, omelet, mie tek-tek, mie kocok, mie capcay hingga mie instan.

Baca Artikel Terkait : Mesin Pembuat Roti 

Namun untuk mendapatkan mie-mie tersebut pastinya membutuhkan proses yang panjang berbeda halnya dengan membuat mie instan yang hanya memerlukan waktu beberapa menit. Adapun proses panjang yang harus dilalui seperti penggilingan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi.

  • Mixer adonan mie

Mesin ini digunakan sebagai alat untuk mencampur bahan-bahan mie mulai dari bahan utama hinggga bahan tambahan. Dari tambahan yang berbentuk padatan hingga cairang. Mesin  digerakkan oleh dynamo ini membuat adonan mie menjadi tercampur secara merata.

  • Mesin penipis atau pemotong mie

Mesin ini digunakan untuk menipiskan atau memotong mie. Dengan adanya mesininilah maka takaran ketebalan mie dapat diperkirakan serta diatur.

Lalu apa kelebihan dari menggunakan mesin mie?

Mempercepat pembuatan mie

Untuk memenuhi kebutuhan mie di Indonesia yang mencapai 14.900 juta bungkus tentunya kita tak mungkin menggunakan cara manual. Membutuhkan waktu yang lama makanya dibutuhkan alat yang bisa mempercepat hasil prosuksi. Mesin ini bisa membuat mie dengan kapasitas 20-25 kg per jamnya.

Mengurangi penggunaan tenaga kerja

Karena kapasitasnya yang  cukup besar makanya tenaga kerja untuk membuat mie bisa dikurangi dibandingkan dengan cara manual. Selain itu mesin ini juga memang diatur otomatis jadi tenaga kerja tak perlu menungga lama ketika pembuatan mie.

Menghemat Biaya

Di awal memang mengeluarkan biaya yang mahal untuk investasi alat produksi ini, namun setelah beberapa kali berdagang maka akan mengembalikan modal bahkan menghemat biaya. Karena tak perlu lagi menggunakan tenaga kerja sehingga tak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk membayar tenaga kerja.

Ukuran Mie Bisa Diatur

Karena bisa disetel secara otomatis makanya kita bisa mengatur juga ukuran apakah ingin tipis, tebal begitu pula panjang dan lebarnya bisa diatur sedemikian rupa. Beda halnya ketika kita dengan cara manual ukuran mie tentunya tak bisa diatur sesuka hati kita.

Mudah Dicetak

Karena penggunaan mesin untuk mencetak mie, membuatnya tidak mudah putus dan lebih panjang dengan begitu mie yang telah dimasak akan lebih mudah dicetak. Dibandingkan dengan cara manual.

Namun sebelum membeli Anda perlu memperhatikan kebutuhan. Kira-kira bisnis mie seperti apa yang ingin Anda jalankan. Apakah skala besar, sedang atau kecil? Dan disarankan untuk membuat mesin mie yang terbuat dari staainless sehingga mesin tidak mudah berkarat yang bisa membuat mie tidak enak.

Baca Peluang : 3 Franchise Mie Terkenal

Jika Anda ingin memulai bisnis kuliner mie kami sarankan agar Anda menggunakan paket mesin mie yang telah disediakan oleh Wiratech, perusahaan yang telah 20 tahun bergerak dalam jual beli mesin. Adapun beberapa jenis mesin yang dijual Wiratech yaitu

Type NOD 200

Mesin berbobot 20 kg ini mampu mengolah mie dari kapasitas 20-25 kg per jam. Listriknya pun bisa dibilang hemat hanya 550 Watt. Mesin mie ini mau mencetak mie dengan ketebalan ukuran 2mm hingga 6mm. Harga Mesin ini berkisar 2 juta rupiah.

Type MJ 180

Serupa dengan Mesin NOD 200 yang mampu mengolah mie dari kapasitas 20-25 kg per jam. Mesin ini pun mampu mencetak mie dengan ketebalan ukuran 2mm  Namun keunggulannya listrik lebih hemat hanya 370 Watt.

Type NOD 300

Mesin berbobot 78 kg ini mampu mengolah mie dari kapasitas lebih besar yakni 35-40 kg per jam. Listriknya pun bisa dibilang hemat hanya 550 Watt. Mesin ini mau mencetak mie dengan ketebalan ukuran 2mm hingga 4 mm. Harga Mesin ini berkisar 2 juta rupiah.

Horizontal Mie

Selain sebagai mixer roti, horizontal mixer juga bisa digunakan sebagai pencampur adonan mie, pastel dan sebagainya. Horizontal Mixer ini digerakan dengan motor dinamo yang mampu membuat lebih merata. Bagi Anda yang menekuni dunia kuliner mesin ini cocok untuk Anda karena membantu proses secara cepat.

Tahukah Anda bahwa hasil survei World Instant Noodles Association (WINA) atau Asosiasi Mie Instan Sedunia menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang mengkonsumsi mi instan terbanyak kedua di dunia. Dalam situs resminya dikatakan juga bahwa konsumsi mie instant penduduk Indonesia tergolong sangat tinggi yaitu sekitar 14.900 juta bungkus / cup mie instan. Angka yang cukup tinggi bukan jika dibisniskan? Namun kebutuhan tersebut tak bisa terpenuhi jika dengan cara manual.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY