Permudah Laporan Keuangan UKM dengan Aplikasi Lamikro

Dalam melakukan sebuah bisnis UKM, ada banyak sekali aspek-aspek yang dapat mempengaruhi kondisi bisnis yang sedang Anda jalankan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memantau kondisi bisnis ialah dengan cara melihat laporan keuangan UKM.

Secara umum, laporan keuangan memiliki beberapa fungsi yakni sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan dan kinerja perusahaan, menyusun perencanaan kegiatan perusahaan, mengendalikan perusahaan, sebagai dasar pembuat keputusan, dan sebagai pertimbangan dan pertanggung jawaban pada pihak eksternal.

Baca Juga : Bingung Mengelola Keuangan Usaha? Ini Dia Cara Atur Keuangan Usaha Anda

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan aplikasi Laporan Akuntansi Usaha Mikro (Lamikro) untuk para pelaku usaha mikro yang baru memulai usaha atau wirausaha pemula.

Lamikro adalah aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi Android.

Aplikasi lamikro bisa diakses kapan saja dan di mana saja, Aplikasi ini dirancang untuk menjadi fleksibel dengan banyak pilihan berbasis pengguna. Hal tersebut akan beradaptasi dengan berbagai prosedur pengganggaran dan cukup kuat untuk menggantikan metode tradisional pencatatan manual.

Mengembangkan bisnis melalui aplikasi laporan keuangan memang sudah harus dilakukan, mengingat teknologi saat ini yang semakin berkembang. Selain itu, aplikasi tersebut bertujuan agar para penggerak UKM mikro di Indonesia dapat memonitoring aktifitas keuangan UKM.

Aplikasi tersebut memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya, termasuk memungkinkan pengguna dapat membuat laporan keuangan dengan lebih cepat dan efesien.

Jenis Fitur dari Aplikasi Lamikro

Sama halnya dengan aplikasi lain, Lamikro juga terdiri dari berbagai fitur yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut fitur-fitur yang ada pada Lamikro

Entri Jurnal

Catatan untuk transaksi akuntansi berdasarkan urutan kronologi, yaitu pada saat transaksi itu terjadi. Semua transaksi akan dicatata melalui jurnal entri yang menunjukkan nama akun, jumlah, serta mengetahui apakah akun tersebut dicatat di sisi debet atau kredit.

Daftar Jurnal

Jurnal merupakan rincian semua transaksi keuangan dan akun-akun yang mempengaruhi transaksi tersebut. Daftar senmua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis bertujuan untuk pendataan berdasarkan transaksi yang di input pada Entri Jurnal.

Laba dan Rugi

Bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabar unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

Neraca

Merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entisitas tersebut pada akhir periode.

Cara Menggunakan Aplikasi Mikro

Aplikasi Lamikro dibuat dengan berbagai kemudahan dan fleksibelitas untuk digunakan pelaku usaha mikro. Berikut cara penggunaanya

  • Download aplikasi Lamikro melalui Google Playstore atau kunjungi website www.lamikro.com
  • Pilih menu Lamikro web, lalu klik “Daftar”
  • Isi kelengkapan data seperti nama lengkap, perusahaan, alamat, nomor izin usaha UKM, NPWP, email, nomor telpon, nama akun, serta kata sandinya.
  • Setelah semua data terisi, Anda bisa mengklik tulisan “Daftar”

Entri Jurnal

  • Klik “Entri Jurnal” pada sisi tab kiri aplikasi, lalu isi tanggak jurnal sesuai dengan tanggal teradinya transaksi.
  • Pengisian jenis transaksi, dapat Anda polih dengan penah droplist. Terdapat beberapa jenis transaksi yakni pengeluaran, hutang, bayar hutang, piutang, tambah modal, dan lainnya.
  • Lalu isi kolom “diterima dari”, pilih pada panah droplist
  • Selanjutnya isi kolom “Simpan ke”, pilih juga pada panah droplist
  • Setelah itu, isi besaran nominal yang digunakan dalam transaksi tersebut
  • Jika ada keterangan tambahan, silakan isi untuk memperdetail transaksi tersebut
  • Klik “Simpan”

Daftar Jurnal

  • Untuk melihat transaksi yang sudah Anda simpan tadi, Anda bisa mengklik “Daftar Jurnal” pada sisi tab kiri aplikasi
  • Jika Anda ingin mneghapus transaksi pada jurnal yang salah, klik kotak pada transaksi yang ingin dihilangkan, lalu klik ‘hapus”, lalu klik “ok”

Laba dan Rugi

  • Selanjutnya klik “Laba dan Rugi” pada sisi tab kiri aplikasi untuk mendapatkan perhitungan akuntansi pada tabel laba dan rugi. Tabel laba dan rugi akan secara otomatis tampil sesuai dengan situasi keuangan UKM yang bersangkutan dengan inputan pada jurnal atau transaksi harian.

Baca Juga : Lembaga Keuangan Mikro Syariah dan Konvensional Untuk Modal  UMKM

Neraca

  • Klik “Neraca” pada sisi tab kiri aplikasi
  • Setelah itu perhitungan akuntansi pada tabel neraca akan tampil secara otomastis sesuai dengan keuangan UKM yang bersangkutan berdasarkan inputan pada jurnal atau transaksi harian.

Pencatatan laporan keuangan secara tertib merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pelaku usaha mikro. Olegh karena itu, Lamikro hadir untuk memberikan mengatasi kemudahan tersebut. Selamat mencoba.

SHARE

LEAVE A REPLY