Bingung Mengelola Keuangan Usaha? Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Usaha Anda

Kebanyakan dari para pelaku bisnis lebih tertarik dengan ide dan konsep usaha. Hal tersebut wajar-wajar saja, namun sayangnya hal itu malah membuat para pelaku bisnis menganggap bahwa manajemen dan cara mengatur keuangan usaha merupakan hal yang bisa dijalankan seiring dengan berjalannya waktu.

Banyak pelaku usaha yang berpikir, keuangan usaha akan bagus jika bisnis tersebut juga berjalan bagus. Meski hal tersebut ada benarnya, perlu Anda perhatikan bahwa sebuah bisnis bukan hanya mengenai cara menghasilkan uang, melainkan juga bagaimana cara membelanjakan dan mengendalikan uang yang ada.

Baca Juga : Tips Keuangan Anti Bangkrut Untuk UKM

Mengelola keuangan merupakan bagaimana cara Anda mengatur kekayaan agar dapat menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber modal untuk membiayai usaha Anda. Meski terlihat sederhana, mengelola keuangan usaha merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan prinsip manajemen dalam mengelola keuangan usaha tersebut.

Lakukan Perencanaan General

Mulailah dengan perencanaan general untuk usaha. Buatlah program dan rencana usaha untuk periode panjang. Lakukan perhitungan secara rinci mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tesebut.

Buatlah juga pembagian perencanaan dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, dan mingguan. Jangan lupa untuk melakukan penentuan mengenai kapan program tersebut akan dijalankan.

Buat Presentase Dana Usaha

Dana yang terkumpul sebaiknya dipisahkan berdasarkan keperluan dan bidangnya. Misalnya berapa persen yang digunakan untuk produksi, distribusi, pemasaran, sampai penggajian karyawan.

Menerapkan porsi yang pas akan membuat Anda menjadi lebih profesional dalam mengelola keuangan yang sebelumnya sudah ditentukan. Hal ini dilakukan demi keberlangsungan usaha pada masa yang akan datang.

Buat Rencana Pendapatan

Perkiraan pendapatan yang dibuat, nantinya harus mampu memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan sejak awal usaha.  Rincikan bagaimana usaha Anda dapat mendatangkan pendapatan. Dimulai dari berapa produk yang akan dijual, berapa target penjualanm strategi, hingga kepastian untuk menghasilkan keuntungan.

Rincian pendapatan ini akan memudakan Anda untuk membuat perencanaan selanjutnya dan mengetahui apakah usaha Anda berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Awasi Kas Keuangan

Dalam menjalankan usaha, penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan kas keuangan. Arus kas keuangan terkadang menjadi hal yang paling sulit dilakukan karena memerlukan tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengawasi kas keuangan, Anda bisa menggunakan jasa administrator untuk mengontrol dan menetapkan metode keunagan yang baik. Namun jika Anda enggan untuk menggunakan jasa administrator, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan software akuntansi.

Pergunakan Laba untuk Mengembangkan Usaha

Memang tak ada salahnya jika menikmati keuntungan karena telah bersusah payah dalam menjalankan usaha. Sayangnya, kebanyakan dari pelaku usaha justru menghabiskannya begitu saja.

Ada baiknya jika Anda menggunakan uang dari keuntungan untuk dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar dan mengarahkan investasi ke bidang yang menguntungkan seperti penambahhan produk yang bisa dijual kembali.

Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Jangan campurkan keuangan bisnis dengan pribadi, termasuk juga masalah pajak dan tanggung jawab pribadi. Banyak pelaku usaha yang masih lalai dalam hal ini, sehingga uang pribadi sering tercampur-campur dengan uang perusahaan. Jika keuangan pirbadi dan bisnis dipisahkan, Anda akan lebih mudah dalam mengukur pertumbuhan bisnis.

Cara terbaik untuk menjaga keuangan bisnis dan pribadi adalah dengan menjaga komitmen untuk selalu mematuhi aturan secara ketat dan terpisah. Jaga pengeluaran Anda dengan menetapkan anggaran pribadi dan anggaran bisnis secara terpisah.

Bayar Tagihan dengan Tepat Waktu

Penting bagi Anda untuk membayar semua tagihan bisnis diawal waktu. Membayar biaya tagihan di akhir waktu hanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang mahal.

Lakukan pembayaran tagihan secara berkala dan tepat waktu. Siapkan jadwal untuk memastikan tidak adanya tagihan bisnis yang melonjak tinggi hanya karena Anda lupa membayar.

Mengecek Pengeluaran Secara Berkala

Saat berbisnis, tpasti tidak pernah lepas dari pengeluaran. Jenisnya pun berbeda dan sangat beraneka ragam. Mulai dari pembelian bahan baku, mengelola bahan baku, sampai pengeluaran untuk memasarkan produk ke pasar.

Baca Juga : Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Usaha

Setiap uang yang keluar sebaiknya dicek terlebih dahulu secara berkala, agar dapat mengontrol arus penggunaan dana agar tidak terjadi pemborosan pad akas usaha.

Memaksimalkan Jumlah Keuntungan

Manfaatkan keuntungan yang diporoleh. Ada baiknya jika keuntungan yang didapatkan bisa diputar kembali agar menghasilkan keuntungan yang lebih.

Itulah beberapa cara efesien untuk mengatur keuangan usaha Anda. Cara-cara tersebut akan berjalan lancar jika Anda berani berkomitmen dan konsisten dalam melakukannya. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here