Kursus Coffee Brewing Perdana, Pelatihan Menyeduh Kopi Ala Barista di GoUKM Training Center

Kursus Brewing Coffee Perdana digelar di Lembaga Pelatihan GoUKM Training Center pada Sabtu, 20 Oktober 2018. Bertempat di Gedung Wiratech Jalan Gunung Sahari XI, Pelatihan ini sukses diselenggarakan dengan menghadirkan seorang barista Budi Nugroho Pemilik Idea Coffee.

Materi yang diberikan berupa penyeduhan kopi dengan metode manual brewing dan menggunakan mesin semi automatic/ mesin lever coffee. Materi yang diajarkan mulai dari cara penggilingan biji kopi sampai dengan menjadi segelas kopi yang siap dinikmati.

Baca Juga: Workshop Barista di Jakarta, Pelajari Teknik Menyeduh Kopi di GoUKM Training Center

Kelas Coffee Brewing dibuka pukul 09.00  WIB oleh pihak GoUKM Training Center dan dilanjutkan dengan pengenalan trainer. Dalam pengajarannya, Budi ditemani oleh rekannya Nugroho Adhi yang juga seorang brewer. Sesi pengenalan tersebut termasuk latar belakang trainer.

Materi diawali dengan pengenalan kopi yang mencakup sejarah kopi, Jenis-jenis kopi di Indonesia dan pembuatan kopi dari pemetikan ceri kopi hingga proses roasting. Pengenalan materi soft skill kopi ini berlangsung selama satu jam.

Sesi yang ditunggu-tungu adalah praktik menyeduh kopi. Praktik tersebut dimulai dengan menggunakan metode manual brew. Metode ini bisa dikatakan gampang-gampamg susah karena selain menggunakan peralatan manual, peserta juga membutuhkan keahlian.

Ada enam metode manual brewing yang diajarkan, mulai dari penyeduhan menggunakan V60 Dripper, French Press, Siphon, Mokapot, dan Vietnam dripper. Pertama trainer mengajarkan cara menyeduh kopi menggunakan alat tersebut satu per satu.

Setelah metode penyeduhan manual diajarkan, Peserta diharuskan melakukan praktik. Metode praktiknya dengan cara battle coffee. Setiap dua orang peserta diharuskan bersaing menyeduh kopi menggunakan metode manual.

Nantinya peserta  terbaik menurut juri akan mendapatkan hadiah yang diumumkan usai pelatihan. Sambil menunggu giliran, peserta yang belum melakukan battle dipersilakan untuk mencoba praktik menyeduh kopi dengan peralatan manual lainnya.

Baca Juga: Inilah Alat Kopi yang Wajib Diketahui Bagi Anda Yang Ingin Bisnis Kedai Kopi

Para peserta yang mengikuti praktik begitu antusias. Terlihat ketika mereka melakukan battle dan praktik menggunakan metode lainnya. Setelah metode manual brew kemudian  Isoma kemudian dilanjutkan dengan penyeduhan melalui mesin Lever Coffee.

Peserta diajarkan bagaimana pembuatan kopi espresso, Cappucino dan Cafelatte menggunakan mesin Lever Coffee. Sama seperti sebelumnya, peserta diharuskan praktik satu per satu. Praktik penyeduhan kopi dengan menggunakan metode manual brew dan mesin Lever Coffee berakhir pukul 16.00 WIB.

Setelah demo dan praktik selesai, sesi tanya jawab pun berlangsung. Peserta bertanya mengenai jenis-jenis kopi, peralatan kopi dan peluang usaha kopi. Budi menginformasikan jenis-jenis kopi yang barkualitas, tempat membeli peralatan kopi di sekitar Jakarta dan usaha kopi.

Kelas ditutup dengan pengumuman pemenang battle coffee yang jatuh kepada Roy Rucitra berupa  satu buah ketel. Terakhir peserta diberikan Sertifikat dan feedback form mengenai pelatihan brewing coffee atau pelatihan barista yang diselenggarakan GoUKM Training Center. Kemudian kelas ditutup dan diakhiri dengan sesi photoshot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here