Kompetisi Bisnis paling heboh tahun ini DBS BIG 2016

Kompetisi bisnis DBS

Kompetisi bisnis Usaha Kecil Menengah UKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. Oleh sebab itu para pelaku UKM kreatif memerlukan visi sebagai pengekspor. Sayang sekali, banyak pelaku UKM yang belum mengetahui bagaimana memperkenalkan produknya secara global. Masalah modal dan pendampingan merupakan  hal ‘klise’ yang selalu menjadi alasannya.

Namun ada kabar gembira bagi para pelaku UKM kreatif. Pemasaran Usaha Kecil ke tingkat global bisa didapat melalui kompetisi bisnis DBS Bring Indonesia to Global (BIG): Creative Business Challenge 2016. Dengan kompetisi bisnis ini pelaku UKM mempunyai kesempatan untuk merambah perdagangan internasional.

DBS BIG (Bring Indonesia to Global) D“Creative Business Challenge 2016″ merupakan kompetisi model bisnis bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) / Wirausaha Sosial (Sociopreneur) di sektor ekonomi kreatif yang diadakan di Indonesia. Kompetisi bisnis ini bertujuan untuk menambah nilai jual dan daya saing produk dalam negeri agar berpotensi menembus pasar International. Untuk mengikuti kompetisi ini, pendaftaran dibuka hingga 23 juli 2016.

Yang mengejutkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa 57,9 juta UKM di Indonesia mempunyi berkontribusi 57,93 persen dari total pendapatan domestik bruto Indonesia. Data ini diambil di tahun 2015.

Kompetisi DBS BIG 2016 ini berthemakan “Inovasi Produk UKM Guna Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia di Mata Dunia”. kompetisi kali ini bertujuan agar pelaku UKM kreatif mempunyai orientasi ekspor.

Sub-sektor yang boleh mengikuti kompetisi bisnis ini ada 6 jenis, yaitu seni rupa, kerajinan tangan, mode, animasi video, kuliner, aplikasi, serta pengembangan permainan digital.

Apa Saja Persyaratannya?

Bila Anda berminat mengikuti kompetisi DBS BIG ini, usaha Anda harus sudah berjalan minimal satu tahun. Selain itu omzet per tahun usaha Anda minimal 300 juta rupiah. Oiya, jika usaha Anda sudah pernah mendapatkan pendanaan dari pihak lain, tidak mengapa. Asalkan saja nilai pendanaan tidak melebihi 10 miliar rupiah.

Jika Anda berminat, segeralah mendaftar. Selain itu Anda juga diharuskan untuk membuat video berdurasi lima menit. Video ini menceritakan tentang profil usaha Anda sekreatif mungkin. Sebaiknya Anda menyelipkan konten tentang negara tujuan ekspor pada video yang Anda buat. Jika sudah jadi, segeralah upload ke Youtube.

Urutan Acara Kompetisi Bisnis

Akan dipilih sepuluh Semifinalis. Para semifinalis ini berhak mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) langsung dari Bekraf. Semifinalis juga berkesempatan ikut dalam peliminary business discussion yang diadakan oleh perusahaan dan lembaga mitra. Perusahaan dan lembaga mitra yang bekerjasama adalah BukaLapak, ActionCOACH, Universitas Prasetya Mulia, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Bekraf.

Semifinalis nantinya akan mempresentasikan model bisnisnya di depan dewan juri. Hadiah uang tunai yang diberikan totalnya 245 juta rupiah.

Pada tahap final, hanya tiga finalis yang tersisa. dalam waktu 48 jam para finalis ini ditantang untuk merancang platform digital pemasaran produknya. Selain itu para finalis juga ditantang untuk membuat presentasi bisnis. Juara pertama mendapatkan hadiah sebesar 100 juta rupiah. Untuk juara kedua 70 juta rupaih dan juara ketiga 50 juta rupiah.

Bagi yang tidak masuk semifinal tetap bisa mendapatkan hadiah. Bila video yang anda unggah mendapatkan like dan view terbanyak, maka Anda mendapatkan hadiah hiburan sebesar 25 juta rupiah. Info lebih lanjut kunjungi www.go.dbs.com/big . (syafin)

SHARE
Next articlePeluang Usaha Menjelang Lebaran yang Cukup Potensial
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY