Jualan Makanan yang Paling Laris, ini 5 Panganan Terlaris Versi GoUKM

Apa jualan Makanan yang Paling Laris tahun ini ? Tahukah Anda bahwa bisnis UKM atau usaha kecil menengah merupakan penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia, di mana sektor usaha ini menyumbang kurang lebih sebesar 60%. Bahkan pada tahun 2013 tercatat sudah ada 57 juta pengusaha yang berkecimpung pada bisnis UKM. Daya tarik usaha ini salah satunya adalah minimnya resiko yang akan ditanggung oleh pelaku usaha nantinya. Bidang usaha yang dipilih pun berbeda-beda, yang paling umum dipilih adalah bisnis kuliner.

Selain itu, modal yang minim namun mampu menghasilkan omzet hingga puluhan juta perbulannya juga menjadi daya tariknya. Menggiurkan bukan? Yang menjadi pertimbangan untuk memulai usaha ini adalah pesaing. Semakin sedikit modal dan mudah dijalankan bisanya pesaingnya lebih banyak.

Nah, untuk itu berikut usaha jualan makanan yang paling laku bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai usaha kecil menengah.

Jualan makanan tradisonal

cara-membuat-klapertart

Makanan tradisonal sangat dicari baik itu perantau ataupun penjelajah wisata kuliner. Misalnya klapertaart merupakan makanan khas manado yang sangat terkenal. Makanan ini awalnya diperkenalkan oleh warga negara Belanda yang bertempat di Manado, sehingga kue ini dapat terkenal di Manado dan di sajikan pada hari tertentu saja. Kue ini berbehan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Untuk memulai usaha ini Anda juga harus menyesuaikan dengan keinginan pasar di tempat Anda berjualan, namun tidak mengurangi citra rasa aslinya.

Katering bento untuk anak-anak

catering-harian-anak-surabaya-087-852-361-236

Bila Anda hobi memasak dan kreatif usaha ini sangat cocok untuk Anda. Katering bento menyajikan menu harian untuk anak-anak dengan bahan-bahan dasar yang segar, sehat dan organik. Berbeda dengan bentuk catering biasanya, catering bento untuk anak-anak ini disajikan dengan tampilan yang unik dan menarik, seperti bergambar karakter kartun atau pahlawan. Hal tersebut merupakan salah satu strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan.

Karena pada usaha ini tergetnya adalah anak-anak maka diperlukan kreativitas agar menarik perhatian mereka. Hal yang menjadi perhatian khusus untuk memulai usaha ini adalah Anda harus pastikan bahwa bahan-bahan dasar yang Anda gunakan layak konsumsi dan segar. Maka bekerja sama dengan distributor bahan makanan terpercaya bisa saja diperlukan agar tidak kesulitan mencari bahan baku yang segar.

Jual es krim kulit pisang

1407453620x310

Jualan makanan yang paling laris berikutnya adalah menjajakan es krim kulit pisang. Bisanya buahnya saja yang bisa dimodifikasi menjadi es krim, ternyata kulitnya pun juga bisa diolah. Menu ini diperkenalkan oleh 5 mahasiswa jurusan agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang. Mulanya sajian ini hanya untuk tugas kuliah namun setelah ditawarkan di daerah kampus ternyata peminatnya pun cukup banyak sehingga mereka percaya diri untuk menjadikannya peluang usaha. Anda berminat, namun bingung bagaimana cara membuatnya. Anda bisa menemukan cara pembuatannya melalui Internet. Selamat mencoba.

Roti bakar dengan gambar karakter

page

Roti pun juga bisa disulap lebih menarik, contohnya usaha roti bakar dengan gambar karakter yang dibuat oleh seniman asal Tokyo, bernama Hittomii. Anda suka menggambar? Nah hobi tersebut bisa Anda tuangkan pada roti yang akan Anda sajikan untuk konsumen. Usaha ini membutuhkan modal yang cukup minim, kurang lebih dengan Rp 5 juta Anda sudah bisa membeli peralatan untuk membuat roti bakar yang unik ini.

[Baca Juga Ide Usaha Makanan Kreatif dan Kuliner Unik yang Bakal Menguntungkan ]

Cemilan buah yang sehat

sate-buah-coklat-tokomesin

Sajian sate buah dengan balutan coklat merupakan salah satu sajian makanan yang bisa Anda jajakan. Peluang usaha ukm yang kaya nutrisi ini masih cukup minim digeluti oleh pengusaha dalam sektor usaha kecil menengah. Sehingga saingannya pun cukup sedikit. Apa yang membuatnya demikian, karena olahan buah termasuk salah satu makanan yang tidak tahan lama. Nah, jika Anda berminat Anda perlu perhatikan permintaan konsumen perharinya. Untuk pertama penjualan sajikan lah kurang lebih 50 tusuk sate buah, jika dalam sehari permintaan cukup banyak, maka Anda bisa perbanyak lagi jumlahnya.

Semoga beberapa ide usaha jualan makanan yang paling laris di atas bisa memberikan Anda inspirasi untuk memulai usaha. Tidak masalah bila Anda ingin memulainya dalam skala kecil terlebih dahulu, anggap saja percobaan. Lama-kelamaan usaha Anda pasti akan berkembang bila Anda dapat mengelolanya dengan baik. (Goukm.id/Suci Rahmadhani)

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY