Tips Membuka Usaha Roti dan Berbagai Jenis Mesin Pembuat Roti

Usaha Roti

Meski makanan pokok Indonesia nasi, namun roti tetap dicari apalagi jika pagi hari. Roti biasanya dikonsumsi untuk sarapan. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang mencoba peruntungan dengan cara membuka usaha roti. Karena usaha ini dinilai untung besar.

Bagi Anda yang masih bingung ingin membangun bisnis, ada baiknya Anda memulai membuka usaha roti saja. Bisa dimulai dengan usaha riti rumahan atau home industri. Karena tak butuh modal dan tempat yang besar. Anda bisa memulai usaha roti di dapur Anda jika usahanya sudah cukup besar baru Anda bisa menyewa tempat yang lebih besar.

Usaha roti berpeluang besar karena bisa dibilang roti menjadi makanan pokok kedua setelah nasi. Roti juga cocok jika dimakan di sela-sela menunggu makan siang untuk mengganjal perut yang lapar. Roti juga cocok sebagai makanan pengganti nasi untuk program diet. Untuk membuka usaha roti pun Anda bisa jual mulai harga seribuan hingga puluh ribuan tergantung kualitas roti buatan Anda. Jadi Anda tak perlu bingung jika ingin membangun usaha ini.

SELAIN ITU ADA TIPS LAIN UNTUK MEMBUKA USAHA ROTI, BERIKUT TIPSNYA :

FOKUS DAN TEKUNI

Jika Anda memang tertarik untuk membangun usaha roti, Anda sebaiknya fokus dan tekuni usaha Anda. Karena usaha roti bukan hanya terkait penampilan dari roti, namun juga rasa dan persaingan dari usaha roti lainnya yang telah ada sebelumnya.

CARI MODAL USAHA

Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini namun belum memiliki modal. Anda bisa mendapatkan modal tanpa jaminan misalnya dengan kerjasama dengan pengusaha roti dan Anda bertindak sebagai reseller atau distributornya. Namun cara seperti ini untungnya lebih kecil dibandingkan dengan cara membuka usaha sendiri. Atau Anda bisa mencari modal lewat angel investor atau seseorang yang memang meiliki kemampuan yang kuat untuk memodalkan usaha Anda misalnya keluarga, kerabat

Biasanya pembagian keuntungan berdasarkan kesepakatan. Atau Anda juga bisa menjalin usaha kepartneran atau rekan kerja.Bisa juga Anda menjalin usaha dengan koperasi, mulai tahun ini pemerintah menyiapkan dana bergulir untuk pengusaha baik pemula maupun yang udah lama.

Baca Juga : Usaha Rumahan Omzet Jutaan

Anda juga bisa mengajukan proposal ke beberapa kementerian perdagangan maupun kementerian Koperasi dan UKM.  Karena sejak tahun 2015 Kemenkop UKM menyediakan dana senilai Rp 25 juta bagi yang ingin mengajukan proposal usahanya. Namun melalui proses penyeleksian. Berikut syarat-syaratnya

Anda bisa mencoba meminta bantuan dana ke Kementerian Koperasi dan UKM, dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Individu yang memiliki rintisan usaha dan/atau pelaku usaha yang mempunyai potensi mengembangkan usaha.
  2. Memiliki tempat kedudukan dan alamat usaha yang jelas dengan surat keterangan domisili dari kantor kelurahan setempat.
  3. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama calon peserta program yang masih aktif.
  4. Memiliki identitas yang jelas berupa KTP.
  5. Memiliki telpon yang bisa dihubungi.
  6. Memiliki rekening tabungan yang masih aktif atas calon peserta program.
  7. Proposal pengembangan usaha.

Proposal pengembangan usaha calon peserta program memuat :

  1. Judul rencana pengembangan usaha.
  2. Latar belakang pengembangan rencana usaha
  3. Tujuan dan sasaran rencana pengembangan usaha.
  4. Analisa pasar.
  5. Resiko usaha
  6. Rincian kebutuhan modal pengembangan usaha.
  7. Perhitungan rugi laba.
  8. Foto-foto kegiatan usaha yang sekarang dijalankan.
  9. Lain-lain yang dianggap perlu disampaikan.

REKRUT SDM MUMPUNI

Jika ternyata Anda belum mampu membuat roti, atau hanya baru bisa dan baru mencoba beberapa kali. Kami sarankan agar Anda merekrut orang yang memang memiliki pengalaman untuk membuat roti. Agara bahan-bahannya tidak mubazir terbuang karena gagal saat proses pembuatan.

Anda tak perlu merekrut koki handal, cukup orang yang berpengalaman membuat roti. Sebelum Anda menerima si pelamar lebih baik Anda mencicipi roti buatannya apakah enak rasanya. Untuk pencicip atau tester roti lebih baik lebih dari tiga orang untuk meyakini apakah roti buatan si pelamar memang patut untuk didagangkan.

INVESTASI LEWAT MESIN ROTI            

Selain itu yang harus Anda pikirkan adalah menginvestasi mesin roti. Karena dengan mesin roti Anda bukan hanya bisa mengefisienkan waktu untuk membuat roti namun juga bisa mengefisienkan tenaga kerja. Sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Namun sebelum membeli mesin roti Anda harus mengetahui dulu mesin roti apa yang Anda butuhkan. Sehingga Anda harus mengetahui info mengenai kegunaan dan spesifikasi dari mesin-mesin tersebut.

Berikut beberapa mesin roti yang dibutuhkan untuk melancarkan bisnis roti Anda ;

Mixer roti, merupakan alat yang paling dibutuhkan dalam usaha ini. Karena jika Anda mengocok bahan roti dengan cara manual, Anda pasti akan lama sekali. Selain itu roti yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan harapan. Karena alat ini bukan hanya untuk mencampurkan bahan-bahan roti namun juga membuat adonan roti lebih padat, mengembang dan tercampur semuanya. Tekstur yang didapat juga sesuai dengan keinginan

Mesin Roti Sendiri Memiliki Berbagai Macam Jeniis Dan Kegunaannya:

Planetery Mixer, merupakan mixer yang paling laris karena serbaguna. Tak hanya itualat ini memiliki wadah yang mudah untuk dilepaskan sehingga adonan lebih mudah untuk dikeluarkan. Mixer roti ini juga dilengkapi oleh tiga jenis pengaduk yaitu

  1. Spiral yang bisa mengaduk adonan tepung dan jenis makanan kental seperti Adonan roti, kue dan mie.
  2. Beater berfungsi untuk mengaduk makanan keju,adonan pastry dan croissant, aneka tepung dan mentega.
  3. Whip alat yang berfungsi untuk mengaduk bahan makanan encer seperti cream, telur, dan susu segar.

 Spiral Mixer, biasa digunakan untuk mengaduk adonan, bowl juga akan ikut memutar ketika pengaduk berputar.

Horizontal Mixer, alat ini cocok untuk mengaduk adonan yang padat seperti adonan mie karena poros as nya berada di dua ujungnya kanan dan kiri.

  • OVEN ROTI

Mesin ini sangat dibutuhkan untuk memanggang roti. Agar mendapatkan kualitas roti yang optimal, roti mengembang dengan sempurna dan tidak gosong maka disarankan menggunakan oven roti yang menggunakan gas elpiji sebagai bahan bakar utamanya. Ada juga oven yang menggunakan energi listrik sebagai bahan bakar utama.

Dengan menggunakan oven gas maka daya listrik yang digunakan akan lebih hemat karena pemakaian listrik akan dikontrol dengan menggunakan thermo control  yang terdapat pada oven listrik. Selain itu jika menggunakan oven listrik Anda tak perlu terus menerus mengontrol oven karena sudah dilengkapi dengan timer atau mesin penghitung waktu. Sehingga jika waktu sudah habis atau roti sudah matang maka dengan sendirinya alarm atau timer berbunyi.

Selain itu Anda tidak perlu khawatir suhu akan kepanasan karena oven listrik biasanya memiliki thermo control yang bisa diatur dan akuran, sehingga terhindar dari roti yang gosong selain itu pematangan pun lebih sempurna.

Tak hanya itu oven juga terdapat juga peredam panas yang terdapat pada dinidng oven dan dilapisi dengan rockwool sehingga ruangan tidak terlalu panas ketika proses pemanggangan. Selain itu ada juga glass wool yang terdapat pada bagian pipa burner oven yang bahannya berasal dari stainlessteel sehingga tidak mudah keropos berkarat dan awet.

Oven juga memiliki dua unit thermo control yang berfungsi untuk mengendalikan ruang pembakaran sehingga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu oven juga dilengkapi dengan IC control yang berfungsi untuk mengendalikan kerja dari bagian solenoid. Valve, pemanding dan alarm. Sehinga proses pemanggangan roti akan lebih maksimal.

Namun sebelum membeli oven roti ada baiknya Anda mengetahui dahulu oven seperti apa yang dibutuhkan dalam usaha Anda. Baik ukuran maupun fungsi dari oven itu sendiri. Jika untuk kebutuhan rumah tangga Anda tak perlu membeli oven yang banyak raknya.

  • MESIN PEMOTONG ROTI

Mesin ini digunakan sebagai pengiris atau pemotong roti seperti roti tawar. Mesin ini jarak potongnya hingga 12 mm. Mesin  dengan nama lain bread slicer ini merupakan alat yang wajib dipunya oleh para pengusaha roti, pemiliki pabrik roti dan kue.

Alat ini memiliki kecepatan dan ketepatan pemotongan dan juga efisiensi pada waktu pengerjaan. Sehingga mesin ini sangat membantu dalam perkembangan bisnis roti dan kue di Indonesia.

  • PROOFER ROTI

Alat ini digunakan untuk membantu memberikan kualitas terbaik pada roti yang sedang dibuat dengan memberikan bantuan dalam proses pengembangan roti atau proofing. Proses ini merupakan proses fermentasi yang dilakukan dengan mengistirahatkan adonan roti dalam waktu tertentu sehingga roti akan mengembangkan dengan sempurna.

kebanyakan para pebisnis roti menggunakan bahan pengembang untuk mengembangkan rotinya. Sehinngga hasil yang dihasilkan akan lebih maksimal. Selain itu dalam oven ini terdapat pula dough  profer yang digunakan sebaga teempat pengembangnan

Baca Juga : Mau jago buat roti, Kursus membuat Roti 

Proofer roti memilliki dua alat yaitu dough proofer yang digunakan sebagai tempat peragi  dengan suhu yang hangat dan kelembapan yang bisa diatur sesuai dengan keinginan kita.  Dan kedua adalah dough retarder yang memiliki fungsi sebagai lemari pendingin sehingga bisa dijadikan tempat sebagai istirahat roti. Tak hanya itu pada proofer roti ada juga alat yang seperti baneto yang digunakan sebagai tempat adonan diletakan.

KEMASAN PLASTIK OPP

Setelah roti mengembang maka saatnya roti dikemas. Biasanya roti dikemas dengan menggunakan kemasan plastik OPP. Kemasan ini sangat bening sehingga roti bisa langsung terlihat. Selain itu plastik ini memilliki perekat.

Kemasan ini selain bisa membungkus roti juga bisa sebagai pembungkus CD, baju dan barang –barang lainnya yang bersifat lunak. Kemasan ini bisa memperpanjang masa simpan roti dan mencegah hewan atau mikroorganisme masuk kedalam kemasan .

MESIN CODING

Setelah dikemas maka plastik pada roti diberi label baik nama, tanggal pembuatan dan kadaluarsa juga nilai gizi yang terkandung dalam roti. Mesin bisa secara otomatis menyetel tanggal kadaluarsa sesuai dengan penyetelan. Selain itu

LEAVE A REPLY