Jack Ma, Buat Peluang Usaha Sendiri dari Keluhan Banyak Pengusaha

“Jika Anda mau berkembang carilah peluang yang bagus. Sekarang kalau Anda mau membangun sebuah perusahaan yang baik pikirkan permasalahan sosisal apa yang bisa Anda pecahkan” pemikiran ini lah yang membuat Jack Ma pendiri sekaligus Chairman marketplace kenamaan Alibaba menjadi orang terkaya nomor 1 di China.

Siapa yang sangka bahwa mantan guru Bahasa Inggris ini pernah ditolak oleh beberapa perusahaan di China termasuk KFC. Ia yakin bahwa internet dapat berguna untuk bisnis bahkan dengan konsep bisnis yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Menceritakan konsep bisnis Alibaba ke 24 teman hampir semuanya menyarankan berhenti

Sebelum lelaki berumur hampir 52 tahun ini mendirikan Alibaba, ia mengumpulkan 24 temannya untuk dimintai pendapat mengenai ide usahanya tersebut. Namun 23 di antaranya malah menyuruh untuk berhenti karena saat itu internet masih sangat baru di China dan ia sama sekali tidak mengerti mengenai komputer. Tetapi hanya satu orang teman yang mendukungnya. Dengan modal pendapat yang diberikan oleh seorang teman itu akhirnya ia memutuskan untuk memulai bisnis Alibaba.

Setelah didirikannya Alibaba banyak yang berpikiran bila usaha tersebut merupakan usaha yang tidak berpotensi untuk berkembang dan memiliki banyak sekali kesalahan termasuk pada keuangannya. Namun hal ini tidak digubrisnya, karena pada dasarnya semua orang pasti menghkawatirkan masa depan. Kini setelah usahanya berkembang banyak yang beragapan bahwa ia sangat pintar melihat peluang, padahal saat ia mendapatkan ide untuk membuat perusahan e-commerce tujuannya hanya untuk mendapatkan pekerjaan dan karena sering ditolak maka ia buat peluang usahanya sendiri.

Setelah 16 tahun jatuh bangun
Kini, setelah 16 tahun Jack Ma, Alibaba memiliki group bawahan yaitu TMall Group, Taobao Group dan Alipay. Kesuksesannya ini tidak lebih ia dapatkan karena sifat opimisnya untuk masa depan, tidak pernah mengeluh dan selalu ingin memecahkan masalah orang lain dengan ide yang ia miliki. Lalu bagaimana menemukan peluang usaha ini? Peluang biasa ditemukan pada seseorang yang selalu mengeluh, dari keluahan tersebut muncul lah ide untuk memecahkannya. Itulah yang menjadi dasar Alibaba terbentuk.

Pada tahun 1999 banyak pengusaha yang bingung untuk mengirimkan produknya ke luar negeri namun terhambat akibat harus mengurus dokumen dan tidak memiliki mitra di negara terkait. Nah, maka ia berpikir kenapa tidak memanfatkan internet untuk mempermudah hal itu. Namun kebanyakan orang masih tidak percaya. Untuk itu, cara untuk mewujudkannya adalah dengan mencari kelompok orang yang percaya akan peluang dan mimpi. Selain itu pastikan bahwa tim Anda dapat bekerja keras untuk mencapai mimpi tersebut.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.