Fungsi Kemasan yang Mungkin Belum Diketahui Pelaku Usaha

fungsi kemasan produk

Awalnya kemasan memang hanya diperuntukan melindungi produk dari pengaruh sekitar produk, namun kini fungsi kemasan bertambah sebagai daya tarik konsumen. Banyak yang sudah menyadari hal tersebut termasuk pengusaha UKM namun, terbatasnya modal membuat mereka terpakasa  membuat kemasan seadanya dengan budget yang sangat minim. Namun ada saja pengusaha yang tidak memetingkan persoalan tersebut dengan lebih mempertahankan kualitas produk mereka.

Untuk itu kami akan meyakinkan Anda para pengusaha bahwa fungsi kemasan tidak hanya untuk melindungi produk namun memiliki fungsi lainnya seperti berikut.

Kemasan sebagai brand image

Untuk membentuk brand image yang baik adalah dengan membuat kemasan yang memiliki karakter dan ciri khas yang bisa dingat oleh konsumen. untuk itu konsumen akan dengan mudah mengkategorikan produk dan dapat dengan cepat memilih produk Anda.

Kemasan dapat memudahkan proses pengiriman

Banyaknya permintaan tentunya akan membuat pengusaha bingung bagaimana caranya mengemaas produk-produknya dalam jumlah yang banyak tanpa merusak produk mereka. Oleh karena itu kemasan diperlukan untuk membatu proses pengiriman tersebut. Kemasan berfungsi sebagai alat untuk memindahkan suatu produk dari produsen ke tangan konsumen sehingga pemilihan bahan serta kapasitas kemasan perlu dipertimbangkan oleh produsen.

Kemasan untuk melakukan promosi

Sebuah kemasan juga bisa menjadi bagian dari kegiatan mempromosikan sebuah produk. Kemasan yang eye catching akan dengan mudah menarik perhatian konsumen sehingga mampu dijadikan sarana iklan gratis pada saat produk berada di etalase toko.

Kemasan berguna sebagai daya tarik

Bentuk, desain dan warna kemasan menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi pisikologi konsumen. Misalnya dari pemilihan warna kemasan, konsumen akan mudah tertarik dengan warna kemasan yang mewakili produk itu sendiri, contohnya saja kripik maicih, yang dikenal sebagai makanan kripik pedas. Pemilihan warna merah sangat cocok untuk mendeskripsikan produk tersebut sehingga konsumen dapat dengan cepat memilih produk tersebut dari pada produk lainnya.

Memberikan kenyamanan bagi konsumen

Kemasan yang ideal juga mementingkan kemudahan pemakaian kemasan itu sendiri. Kemasan yang lebih mudah digunakan maka membuat konsumen lebih nyaman. Dengan begitu, meningkatnya penjualan produk Anda dipengaruhi oleh faktor kemudahan ini. (Goukm.id/Suci Rahmadhani)

LEAVE A REPLY