Ini Dia Daftar 13 Orang Terkaya Dunia Terbaru, Bill Gates Tetap Duduki Posisi Pertama

0
177
pengusaha-terkaya-di-dunia-2016

Majalah Forbes setiap tahunnya selalu merilis daftar nama orang terkaya di dunia yang diukur berdasakan dari jumlah kekayaan yang mereka miliki. Penyematan “gelar” orang terkaya ini sudah berlangsung sejak 1987. Faktanya Bill Gates selalu menempati posisi teratas sebanyak 17 kali sepanjang 22 tahun kebelakang selama ia menjalankan perusahaan teknologi raksasanya Microsoft. Di tahun ini Bill Gates kembali jadi orang nomor satu di daftar orang terkaya versi Forbes.

Nama lain seperti Waren Buffett dan pemilik retail fashion Zara, Amancio Ortega menempati posisi dua dan ketiga. Selain itu, Mark Zuck13 Orang rberg founder Facebook berhasil masuk ke 10 besar pengusaha terkaya di tahun 2016 di atas Michael Bloomberg. Tentunya posisi ini bisa langsung berubah dalam kurun waktu satu tahun bahkan dalam hitungan detik. Di tahun 2016 Forbes menjumpai sekitar 1.810 pengusaha dengan total kekayaan sebanyak US$6.5 triliun pertahunnya. Bidang yang dijalankan oleh para pengusaha kaya tersebut juga beragam, tapi kebanyakan didominasi di bidang teknologi dan IT. Selain itu, sumber kekayaannya ada yang berasal dari warisan bahkan ada yang murni hasil jerih payah mereka sendiri membangun bisnisnya dari nol.

Berikut ini adalah 13 pengusaha yang masuk ke dalam daftar pengusaha terkaya di dunia 2016:

1. Bill Gates

Menempati posisi pengusaha terkaya, jumlah kekayaan yang dimiliki oleh Bill Gates sebesar US$84.2 miliar atau sekitar Rp 1.094 triliun (jika mengikuti kurs dolar Rp 13.000). Total ini naik sebanyak US$ 334 juta yaitu meningkat 0.4% dari tahun sebelumnya. Kekayaannya ini ia dapatkan murni hasil kerja kerasanya merintis Microsoft dari nol bersama rekan kerjanya Paul Allen. Uniknya dilansir dari CNBC ia tidak terlalu memperdulikan namya tercantum dalam nama orang terkaya di dunia. Bahkan ia mengharapkan ia tidak termasuk ke dalamnya.

Baca Juga : Daftar Pengusaha Muda di Indonesia

2. Amancio Ortega

Posisi kedua di tempati oleh Amancio Ortega, pengusaha asal Spanyol ini memiliki retail fashion besar yang saat ini menjadi brand paling tersohor di kalangan kaum wanita, yaitu Zara. Bisnis ini ia mulai dari perusahaan tekstil keluarga yang didirikan pada tahun 1963, setelah itu di tahun 1975 kembali membuka toko yang ia beri nama Zara bersama mantan istrinya Rosalia Mera. Di pertengahan 1980-an dia kembali melebarkan bisnisnya dengan membuka toko fashion Zara di Amerika. Dan Ortega semakin kokoh membangun kerajaan retailnya dengan membuat sister company Massimo Dutti dan Pull&Bear. Kini jumlah kekayaannya tercatat sebebsar US$67 miliar atau sekitar Rp 871 triliun (mengikuti kurs dolar Rp 13.000). Di tahun ini kekayaannya turun hingga mencapai US$ 585 miliar sekitar 0.8% dari tahun 2016.

3. Warren Buffett

Terkenal dengan julukan The Oracle of Omaha (Peramal dari Omaha), Warren Buffett ada diposisi ketiga pengusaha terkaya di dunia versi Forbes. Di daftar pengusaha yang memiliki kekayaan fantastis ini, Buffett selalu jadi bayang-bayang Bill Gates. Karena namanya jarang sekali turun dari posisi 3 teratas selama hampir 15 tahun berturut-turut. Kekayannya yang dimilikinya ini terhitung sebesar US$60.8 atau sekitar Rp 790 triliun (mengikuti kurs dolar Rp 13.000). Sumber kekayannya ini dikumpulkan dari bisnis pasar saham dan investasi. Kehliannya menebak pasar saham yang akan naik membuatnya menjadi pengusaha nomor 3 terkaya di dunia. Kini ia memiliki saham terbesar di perusahan konglomerasi Berkshire Hathaway yang bertempat di Omaha.

4. Carlos Slim Helu

Pemilik perusahan telekomunikasi Telecom, Carlos Slim Helu dinobatkan menjadi pengusaha terkaya di dunia nomor 4 dengan besar kekayaan sebanyak US$50 miliar atau sekitar Rp 650 triliun (mengikuti kurs dolar Rp 13.000). Kekayannya ini menurun sebanyak US$314 juta atau sekitar 0.6%. penurunan ini disebabkan karena anjloknya saham telekomunikasi baru miliknya yaitu American Movil. Namun begitu sumber kekayaannya masih ia dapatkan dari beberapa perusahaan konglomerasi Grupo Carso miliknya.

5. Jeff Bezos

Pendiri Amazon, Jeff Bezos masuk ke dalam orang kaya nomor 5 setelah Carlos Slim. Pada akhir tahun 2016 pengusaha asal New Mexico ini mengumpulkan US$20 miliar dalam kurun waktu 14 bulan. Pencapainan ini dinilai sangat luar biasa. Kekayannya yang ia miliki sebanyak US$ 45.5 miliar atau sekitar Rp 591 triliun. Bezos juga menjadi salah satu pengusaha terkaya dunia yang merintis bisnisnya dari nol. Kini amazon membangun sistem manajemen basis data sendiri yang diberi nama Amazon Web Service.

6. Mark Zuckerberg

Untuk yang satu ini siapa yang tidak kenal. Pendiri Facebook, Mark Zukerberg adalah salah satu nama pengusaha muda terkaya yang berhasil masuk ke dalam daftar nama The World’s Billionaires Forbes. Dengan jumlah kekayaan sebesar US$ 44.6 miliar atau sekitar Rp 579 triliun ia diposisikan sebagai pengusaha terkaya di dunia nomor 6. Kabarnya kekayannya ini naik pesat sebesar 1.5 % berkat kenaikan saham Facebook. Sepanjang tahun Facebook selalu diperbaharui dengan fitur tambahan baru seperti pada bulan April lalu Facebook memperkenalkan fitur stream live video dengan Facebook Live.

7. Larry Ellison

Berbeda dengan Mark yang naik masuk ke 10 besar, Larry Ellison malah turun dari posisinya di 3 teratas pada tahun 2007. Larry Ellison dikenal sebagai pemengang dan pendiri perusahaan teknologi bernama Oracle. Perusahaan ini bergerak di bidang sistem manajeman basis data dan softwarenya. Kariernya dimulai dengan membangun sistem database untuk CIA pada tahun 1977. Kemudian Oracle diperkenalkan ke public pada tahun 1986.

Baca Juga : Konglomerat ini berbisinis perkebunan

8. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah pengusaha yang juga menjabat sebagai Wali Kota New York. Perusahaan yang ia dirikan adalah Bloomberg L.P yang merupakan perusahaan bergerak dibidang layanan finansial, media masaa, dan software keuangan. Kesuksesan perusahannya ini bahkan dikenal sebagai pemimpin di pasar keuangan. Kekayaan yang dimilikinya sebesar US$ 40 miliar atau sekitar Rp 520 triliun.

9. Charles dan David Koch

Konglomerat selanjutnya adalah Charles dan David Koch yang memiliki kekayaan sebesar US$ 39.6 miliar atau sekitar Rp 514 triliun. Koch bersaudara ini adalah owner perusahaan multinasional bernama Koch Industries. Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang industri seperti manufaktur, minyak, investasi bahkan perdagangan komuditas.

10. Liliane Bettencourt

Pewaris perusahaan kosmetik dan kecantikan L’Oreal Paris, Liliane Bettencourt, dinyatakan sebagai orang terkaya nomor sepuluh yang memiliki jumlah kekayaan sebesar US$ 36.1 miliar. Ia bersama sang anak memiliki 33% saham di perusahaan tersebut.

11. Larry Page

Anda pasti sering menggunakan mesin pencari Google? Sejak tahun 2015 Larry Page ditunjuk untuk menjadi CEO perusahaan besar tersebut. Ia diyatakan sebagai pengusaha terkaya di dunia 2016 yang menempati posisi 11. Total kekayaan yang dimilikinya sebesar US$35.2 miliar. Selain Google ia juga mendirikan Alphabet yang merupakan holding company yang menaungi Google Inc, Calico, Google Ventures, Google Capital, Google X, dan Nest Labs.

12. Sergey Brin

Sergery Brin adalah imigran asal rusia yang pindah ke Amerika pada usia 6 tahun. Bersama dengan Larry Page, ia menjadi co-founded Google dan menjadi direktur Google Alphabet. Di October 2016, Brin dinyatakan sebagai pengusaha kaya ke 12 di dunia dengan penghasilan sebesar US$39.2 miliar di bawah kekayaan rekannya Larry Page.

13.Bernard Arnault

Kalau Anda senang dengan dunia Fashion pasti kenal dengan nama Bernard Arnault, ia merupakan  pemilik group LVMH yang menaungi berbagai brand fashion kenamaan seperti Louis Vuitton, Sephora, Bulgari, Dom Perignon dan lainnya. kekayaan yang dimiliki sebesar US$ 34 miliar.

Jadi itulah 13 pengusaha terkaya di dunia 2016, banyak di antara mereka ada yang sukses berkat usahanya sendiri. Anda pun bisa menjadi seperti mereka meskipun tidak memiliki orang tua yang kaya atau harta yang berlimpah. Caranya seperti apa? Kerja keras, disiplin dan tentunya semangat. Suatu saat anda pasti bisa mencetak cerita sukses Anda sendiri.

LEAVE A REPLY