Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram Melalui Penggunaan Hashtag

Penggunaan hashtag atau tagar yang tepat dan tertarget bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan di Instagram. Mungkin bagi sebagian orang awam, penyantuman hashtag pada posting-an di Instagram hanya pelengkap caption saja.

Perlu diketahui, penggunaan tagar yang dicantumkan pada setiap postingan tidak bisa sembarangan. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, sehingga hashtag yang digunakan dapat miningkatkan reach serta jumlah impressions dan engagement di Instagram.

Impressions adalah total jumlah berapa kali kiriman Anda telah dilihat. Sedangkan engagement menunjukan jumlah akun unik Instagram yang telah like, comment, atau menyimpan kiriman.

Baca Juga : Bagaimana Cara Instagram Stories Mengoptimalkan Sebuah Bisnis

Jika menggunakan Instagram Business, Anda bisa dengan mudah melihat data statistik tersebut secara mendetail di fitur Insight.

Fungsi Hashtag Pada Perkembangan Suatu Bisnis

Penggunaan hashtag pada Instagram berfungsi untuk mengelompokkan sebuah tema atau informasi produk sehingga mudah ditemukan oleh pengguna.

Jika pada search engine pengguna akan menggetikan sejumlah kata kunci saat mencari informasi, hal yang sama juga berlaku bagi Instagram. Di mana hashtag digunakan sebagai keyword untuk mencari informasi layanan atau produk di Instagram.

Hashtag juga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan jumlah followers Instagram. Semakin banyak pengguna Instagram yang mengikuti akun bisnis Anda, maka peluang untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar.

Tidak hanya itu saja. Berikut adalah sejumlah fungsi dari penggunaan hashtag pada Instagram untuk perkembangan suatu bisnis :

Jangkauan Postingan Lebih Luas

Saat menggunakan hashtag yang tepat, besar kemungkinan pengguna Instagram lainnya juga dapat melihat dan membaca posting-an Anda. Tidak hanya terbatas pada followers akun saja.

Misalnya Anda mem-posting foto produk oversize jacket denim, lalu menambah hashtag #oversizejacketmurah. Pengguna Instagram yang sedang mencari produk jaket denim akan mencarinya pada kolom ‘search‘ dengan memasukan keyword #oversizejacketmurah. Maka secara otomatis foto Anda tersebut akan ditemukan oleh pengguna Instagram yang mencarinya.

Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Saat postingan Anda dilihat banyak pengguna Instagram, maka jangkauan konsumen pun akan semakin luas. Peluang untuk melakukan closing di Instagram juga semakin besar.  Secara otomotis akan meningkatkan omset penjualan produk bisnis Anda.

Itulah sejumlah fungsi dari penggunaan hashtag pada Instagram yang akan membantu mengembangkan dan meningkatkan omset pencapaian suatu bisnis. Namun untuk sampai pada tahap tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan strategi yang tepat sehingga hashtag yang digunakan dapat memaksimalkan postingan suatu bisnis.

Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Agar hashtag yang digunakan tidak asal, Anda bisa mencari referensi tags pada kolom search di aplikasi Instagram. Atau, menggunakan tools hashtag seperti Webstagram dan Iconosquare.

Dengan begitu, penggunaan hashtag pun akan semakin maksimal dan postingan produk Anda akan muncul pada hasil pencarian. Semakin banyak orang yang melihat produk Anda, maka kesempatan untuk closing semakin terbuka lebar.

Berikut ini tips dan trik menggunakan hashtag di Instagram untuk melejitkan omset penjualan pada bisnis Anda :

Sesuaikan Hashtag dengan Postingan

Percuma saja jika hashtag yang digunakan tidak relevan dengan produk bisnis Anda. Jika menjual produk jaket denim, akan lebih baik jika menggunakan hashtag seperti #jacketdenimmurah #jacketdenimoversize #jacketdenimcewek.

Hindari penggunaan tagar yang tidak sesuai dengan produk, misalnya #jacketkulitmurah. Meski sama-sama jaket, namun kedua jenis produk tersebut berbeda, terutama dari segi bahan.

Hal ini penting dilakukan, sehingga calon konsumen dari pengguna Instagram tidak akan kebingungan saat akan membeli produk bisnis Anda.

Gunakan Hashtag Unik

Hashtag unik biasanya akan digunakan pengguna untuk mempersingkat pencarian, yaitu dengan cara mengetik hashtag yang spesifik pada kolom ‘search‘. Saat mereka mengetikan hashtag #jacketdenimoversize, maka produk jaket yang muncul adalah produk jaket denim dengan model oversize saja.

Beda halnya saat pengguna mengetikan #jacketdenim saja, tanpa ada penambahan kata unik dibelakangnya. Maka hasil pencarian akan menampilkan semua jenis jaket denim, seperti model basic dan oversize.

Untuk memperkuat brand produk bisnis, Anda pun dapat menciptakan hashtag sendiri, tentunya yang relevan dan menjadi ciri khas dari produk yang dipasarkan.

Sertakan Hashtag pada Posting-an Video

Algoritma Instagram yang selalu berubah, menuntut penggunanya terutama pebisnis harus selalu update mengenai informasi terkini yang dapat mempengaruhi suatu postingan.

Salah satunya adalah algoritma Instagram saat ini lebih menyukai konten video. Dapat Anda lihat, jika search pada kolom pencari konten video biasanya akan lebih mudah untuk masuk top post dibanding konten yang menampilkan foto.

Maka dari itu, buatlah konten video yang menampilkan produk bisnis Anda dan jangan lupa untuk menyantumkan hashtag disertai dengan caption yang manarik dan relevan. Konten video yang ditampilkan dapat berupa informasi tetang pembuatan produk, tutorial pemakaian, detail produk dan keunggulan produk, atau video testimoni dari pelanggan.

Hindari Penggunaan Hashtag Berlebih

Harus Anda ketahui, dalam setiap caption posting-an Instagram hanya bisa menggunakan hashtag dengan jumlah maksimal 30. Anda cukup mencantumkan 5 sampai 20 hashtag strategis untuk memaksimalkan posting-an bisnis Anda.

Baca Juga :Tips Insta-Marketing: Ketahui Cara Tambah Followers Instagram Tanpa Menambah Following

Hindari juga penggunaan hashtag di kolom komentar, karena itu akan terdeteksi sebagai spam oleh Instagram dan tidak akan muncul pada saat ada pengguna yang mencari dikolom ‘search‘.

Ikut Proyek Weekend Hashtag Project (WHP)

Follow akun resmi @instagram agar Anda bisa mengikuti proyek Instagram mingguan (WHP). Contohnya minggu ini pada 22 Mei 2018, proyeknya adalah hashtag #WHPgetlost.

Jika Anda punya foto produk yang dianggap sesuai dengan tema mingguan WHP tersebut, posting saja foto yang pas. Jika posting-an Anda terpilih oleh akun @instagram maka followers produk Anda akan bertambah secara alami.

Itulah sejumlah tips untuk memaksimal hashtag sebagai salah satu cara menaikan penjualan di Instagram. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

SHARE

LEAVE A REPLY