Tips Insta-Marketing: Ketahui Cara Menambah Followers Instagram Tanpa Menambah Following

Anda menggunakan Insta-marketing sebagai salah satu media promosi bisnis? Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menambah followers Instagram, sebagai salah satu elemen penting dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Sekarang ini Insta-marketing atau Instagram marketing menjadi salah satu media pemasaran online yang dinilai efektif dan efisien, dalam membidik berbagai kalangan untuk dijadikan pelanggan potensial dari sebuah bisnis.

Baca Juga : Instagram, Strategi Marketing Online Bisnis Kuliner

Namun, jadi kurang efektif jika jumlah followers atau pengikut akun Instagram bisnis tersebut sangat sedikit. Akhirnya membuat jangkauan pelanggan jadi terbatas sehingga kurang ada kontribusi bagi keberlangsungan atau kesuksesan bisnis yang dijalankan.

Bagaimana Cara Menambah Followers Instagram?

Medapatkan jumlah followers yang banyak dalam waktu singkat bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi bila akun tersebut tidak menyuguhkan konten yang menarik.

Salah satu cara menambah followers Instagram paling aman tanpa bantuan bot (robot) adalah dengan melakukan aktivitas ‘follow(following) kepada sejumlah akun yang sesuai dengan target audiens dari bisnis tersebut. Cara ini banyak dipakai, terutama oleh pengguna Instagram baru, yang berorientasi pada followers.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakan metode tersebut, sejumlah cara menambah followers Instagram dibawah ini bisa menjadi solusi alternatif dalam memperbanyak jumlah followers bagi akun bisnis Instagram yang tergolong baru.

Promosikan ke Orang Terdekat

Langkah awal yang bisa Anda jalankan untuk menambah akun followers adalah dengan mempromosikan akun tersebut ke orang terdekat atau kenalan Anda. Minta mereka untuk berkenan mem-follow akun bisnis Anda.

Cara ini bisa dibilang metode yang paling efektif dan bisa juga jadi ajang promosi terselubung untuk memperkenalkan binis yang sedang Anda dirintis. Bukan hal yang tidak mungkin, jika salah satu rekan Anda ada yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Perhatikan Kualitas Konten

Buatlah konten menarik dan tentunya relevan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan. Perhatikan kualitas foto atau video, disertai dengan caption atau keterangan postingan yang informatif. Anda pun harus pintar dalam membuat konten promosi bisnis tanpa harus terlihat terlalu mengiklan.

Jika konten yang disuguhkan dinilai menarik, maka followers setia dari akun bisnis Anda pun akan memberikan like maupun komentar di postingan tersebut. Bahkan bukan hal yang tidak mungkin pula bagi mereka, untu me-repost postingan Anda di akun instagram miliknya.

Jika hal itu terjadi, pengguna Instagram lainnya yang belum follow juga bisa tertarik mengikuti akun Anda. Akhirnya, followers pun bertambah secara organik. Tanpa perlu membeli akun bot (robot) atau website auto-follow yang dinilai lebih instan namun keamanannya dipertanyakan.

Menarik Secara Visual

Selain konten, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah tampilan visual atau feed yang menarik perhatian pengguna Instagram (user). Upayakan untuk menata tampilan akun supaya terlihat rapi dan estetik di mata user.

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan filter yang konsisten atau memiliki tone warna yang sama. Anda juga bisa menggabungkan beberapa foto menarik menjadi satu atau kolase. Meski butuh effort dan kreativitas, namun cara tersebut patut dicoba untuk membuat akun bisnis Anda terlihat lebih profesional.

Sertakan Hashtag pada Setiap Postingan

Penggunaan hashtag atau tagar pada setiap postingan juga bisa menjadi salah satu cara untuk menaikan jumlah folllowers. Anda bisa memaksimalkannya dengan menyantumkan hashtag yang sesuai dengan konten postingan.

Perlu diketahui, untuk setiap postingan dapat menggunakan hingga 30 hashtag. Agar tagar yang digunakan tidak asal, Anda bisa mencari referensi tags pada kolom search di aplikasi Instagram. Atau, menggunakan tools hashtag seperti Webstagram dan Iconosquare.

Saat ini, Instagram dilengkapi dengan fitur follow hashtag. Jika tags yang Anda sertakan relavan dengan hashtag yang di-follow oleh user, kemungkinan sebagian dari mereka akan melakukan stalking atau mengunjungi akun Anda dan tertarik untuk mengikuti (follow) akun bisnis Anda.

Mencantumkan Lokasi

Selain fitur hashtag, Anda juga bisa memanfaatkan fitur location (location tag) untuk menaikan reach (baik itu komentar, view, ataupun like) di Instagram. Jika reach postingan Anda bagus, bisa jadi followers Anda pun bertambah karena telah menarik perhatian user.

Dengan fitur location tag, followers Instagram bisa mengetahui lokasi pengambilan foto yang di-posting. Jika Anda memiliki toko offline seperti barber shop, cafe atau restoran menggunakan fitur location sangat disarankan.

Fitur ini akan menampilkan informasi lokasi dan alamat lengkap toko Anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukannya.

Tentukan Waktu Posting yang Tepat

Jika menggunakan akun Instagram for Business, Anda bisa memanfaatkan fitur insights untuk mengidentifikasi atau mengetahui waktu dimana followers aktif menggunakan sosial media Instagram setiap harinya.

Dengan begitu, Anda bisa memilih waktu yang tepat untuk memposting sebuah konten dimana sebagian besar followers sedang online. Di sini peluang untuk mendapatkan like atau komentar dari followers juga semakin besar.

Semakin banyak interaksi yang terjadi, engagements akan meningkat. Akun Anda juga berpeluang untuk lebih eksis di kolom explore dan dilihat oleh orang-orang yang belum mengikuti Anda.

Adakan Giveaway

Event giveaway menjadi salah satu cara paling ampuh dalam menarik perhatian. Siapa yang tidak suka dengan hadiah cuma-cuma? Di sini Anda bisa memanfaatkan peserta giveaway untuk meningkatkan jumlah followers.

Caranya yaitu dengan membuat peraturan di mana setiap peserta giveaway diharuskan mem-follow, me-repost atau meng-upload ulang suatu posting-an dengan menyertakan tag akun bisnis Anda.

Bagi mereka yang menang dan beruntung akan mendapatkan hadiah. Semakin banyak peserta yang terlibat, kemungkinan pertambahan followers juga akan semakin besar.

Selain itu, Anda juga bisa meminta followers untuk membagikan momen paling indah yang mereka punya dengan menyertakan hashtag bisnis Anda. Selain meningkatkan jumlah followers dan likes, hashtag pribadi Anda akan semakin dikenal.

Baca Juga : Trik Jitu Agar Sukses Jualan Online di Instagram

Menggaet Influencer

Menggaet influencer atau selebgram menjadi cara paling efektif untuk mendongkrak penjualan dan meningkatkan jumlah followers di Instagram.

Namun, cara ini tidaklah gratis alias berbayar. Anda perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk bisa bekerjasama dengan mereka. Sebelum memutuskan untuk menggunakan influencer, pastikan bahwa ia memang benar-benar publik figur. Bukan selebgram gadungan, di mana jumlah followers-nya merupakan hasil bot.

Sejumlah cara menambah followers Instagram diatas akan efektif jika dilakukan secara rutin atau continue. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here