Jangan Asal Buka Usaha, Ketahui Strategi Ini Agar Usaha Fotokopi Sukses

Biasanya usaha fotokopi ramai di daerah dekat sekolah, kampus, ataupun perkantoran. Hal itu dikarenakan daerah-daerah tersebut memang merupakan daerah yang sangat potensial untuk membuka usaha fotokopi beserta alat tulis dan perlengkapan kantor.

Meski namanya usaha fotokopi, pelayanan yang diberikan tidak hanya berupa fotokopi saja. Mencetak dokumen, alat tulis, laminating, sampai mencetak foto pun juga disediakan.

Baca Juga: Usaha Sewa Gedung Serbaguna untuk Pernikahan, Wisuda, dan Acara Besar Menguntungkan

Peluang Usaha Fotokopi

Usaha fotokopi memang merupakan jenis usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang bertempat tinggal di dekat instansi pemerintahan, sekolah, atau pun kampus.

Meski biaya jasa fotokopi terbilang murah, bukan berarti usaha ini tidak bisa memiliki keuntungan yang besar karena jasa fotokopi sangat dibutuhkan masyarakat. Hal tersebut tentu membuka peluang bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha fotokopi.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Foto Kopi untuk Pemula?

Membuka sebuah usaha bukanlah suatu hal yang bisa disepelekan karena akan berdampak buruk bagi usaha Anda. Untuk Anda yang baru saja menggeluti dunia bisnis, silakan untuk mencoba beberapa cara berikut ini

Modal

Untuk Anda yang memiliki modal besar, ada baiknya jika Anda membeli lebih dari satu mesin fotokopi agar bisa melayani pelanggan dengan cepat. Namun, jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda bisa menggunakan mesin fotokopi dengan sistem sewa. Usahakan untuk mendapatkan mesin fotokopi yang harga sewanya terjangkau.

Tempat atau Lokasi

Lokasi memang telah memegang peran penting dalam sebuah usaha. Dikarenakan pengguna jasa fotokopi kebanyakan berasal dari instansi pemerintah, sekolah, dan kampus, ada baiknya jika Anda membuka usaha di tempat yang sesuai dengan spesifikasi tersebut.

Namun jika Anda memang kesulitan dalam menyewa tempat, Anda bisa menggunakan rumah sebagai tempat usaha. Sayangnya, keuntungan yang didapatkan dari usaha fotokopi di rumah tidak bisa disamakan dengan usaha fotokopi di tempat tertentu.

Produk

Jika Anda juga menjual alat tulis kantor dan keperluan lainnya, usahakan untuk menjual produk yang murah namun tetap berkualitas.

Kualitas Fotokopi

Pilihlah mesin fotokopi yang memiliki kualitas bagus. Mesin fotokopi yang abal-abal hanya akan memperlambat pekerjaan Anda. Jika kualitas fotokopi Anda bagus, maka pelanggan pun tak akan segan-segan untuk kembali lagi.

Pelayanan

Pelayanan yang baik akan menjungang kualitas usaha fotokopi Anda. Pembeli biasanya lebih tertarik untuk datang ke tempat fotokopi yang memiliki pelayanan ramah sebab pelayanan yang ramah akan membuat pelanggan merasa nyaman.

Promosi Usaha

Siapa bilang jika usaha fotokopi tidak membutuhkan sebuah promosi? Promosi tidak harus dilakukan dengan iklan besar namun juga bisa berasal dari hal sederhana. Dengan menjaga kualitas fotokopi saja, Anda sebenarnya sudah mempromosikan usaha Anda.

Kualitas fotokopi yang bagus akan membuat usaha fotokopi Anda menjadi perbincangan orang banyak. Dari situlah pelanggan Anda akan berdatangan.

Kesalahan Fatal yang dilakukan Pengusaha Fotokopi Pemula

Dikarenakan jam terbang yang masih kurang, banyak usaha fotokopi yang melakukan kesalahan dan akhirnya mengalami kebangkrutan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, hindari beberapa kesalahan berikut

Lokasi yang Tidak Sesuai dengan Kriteria

Lokasi fotokopi idealnya berada di sekitar sekolah, kampus, atau pun perkantoran. Namun, banyak pengusaha fotokopi pemula justru membuka usaha fotokopi disekitar rumah karena keterbatasan modal yang dimiliki.

Menggabungkan Usaha Fotokopi dengan Usaha Lain

Menggabungkan usaha fotokopi dengan usaha lain hanya akan membuat Anda menjadi tidak fokus. Jika Anda memang ingin membuka dua usaha sekaligus, sebaiknya membuka usaha yang memiliki korelasi seperti usaha fotokopi dan toko alat tulis.

Tipe Mesin Fotokopi

Hindari menggunakan tipe mesin fotokopi yang jarang digunakan di Indonesia. Menggunakan mesin fotokopi yang jarang ada di Indonesia hanya akan menyusahkan Anda dalam memdapatkan perbaikan jika suatu hari mesin fotokopi mengalami kerusakan.

Memaksakan Menggunakan Mesin Fotokopi Baru

Penggunaan mesin fotokopi barus biasanya akan berdampak pada biaya produksi karena harga mesin fotokopi baru sangatlah mahal. Hal tersebut disebabkan karena suku cadang dan sparepart mesin fotokopi yang masih original sehingga harganya mahal.

Anda mungkin beranggapan bahwa penggunaan mesin fotokopi yang baru akan menghasilkan fotokopi yang bagus, padahal sebenarnya tidak ada jaminan untuk terhindar dari masalah.

Menyewa Mesin Fotokopi

Menyewa mesin fotokopi memang merupakan salah satu cara alternatif yang bisa dilakukukan jika belum mempunyai mesin fotokopi. Namun, siapa sangka jika menyewa mesin fotokopi sebenarnya juga terbilang mahal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli mesin fotokopi bekas yang bagus untuk dipakai.

Tips Memilih Mesin Fotokopi Rekondisi

Mesin fotokopi yang beredar di Indonesia memang sangat bermacam-macam jenisnya. Apalagi jika Anda akan menggunakan mesin fotokopi bekas atau rekondisi. Agar Anda tidak kesusahan, berikut beberapa tips untuk memilih mesin fotokopi

Suku Cadang dan Sparepart

Pilihlah mesin yang suku cadang dan sparepart-nya mudah didapatkan dan juga murah. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengantisipasi saat mesin fotokopi mengalami kerusakan.

Perawatan

Pilih mesin fotokopi yang perawatannya mudah dan dapat dilakukan sendiri. Usahakan untuk melakukan perawatan sendiri agar bisa menekan biaya produksi.

Baca Juga: Peluang Usaha tahun 2018

Jaminan Garansi Total

Meskipun mesin fotokopi yang dibeli adalah mesin dfotokopi rekondisi, Anda tetap bisa mendapatkan jaminan garansi total saat ada kerusakan wajar ataupun tidak wajar sesuai dengan waktu tertentu.

Asuransi Kehilangan

Asuransi kehilangan ini berfungsi agar Anda mendapatkan jaminan penggantian secara utuh jika kehilangan mesin fotokopi yang telah diasuransikan.

Sangat penting sekali untuk mengetahui seluk beluk mengenai usaha fotokopi sebelum Anda benar-benar terjun untuk menekuni usaha tersebut. Membuka usaha fotokopi tidaklah susah dan peluangnya pun besar. Semoga berhasil.

SHARE

LEAVE A REPLY