Bisnis Sewa Gedung Serbaguna sebagai Peluang Usaha Jasa Penyewaan Gedung

Membuka bisnis bukan perihal susah apalagi bisnis sewa gedung serbaguna. Mengapa tidak sulit? Kesulitan memang pasti ada, tetapi peluang usaha ini lebih mudah dibandingkan usaha menjual barang. Karena yang Anda perlukan hanya gedung yang memiliki luas cukup minimal 500 orang sebagai salah satu peluang usaha jasa penyewaan gedung.

Mengapa sewa gedung kini banyak diminati para pengusaha? Gedung serbaguna sendiri biasa sering dijadikan untuk berbagai acara besar seperti pernikahan, wisuda, expo sampai acara-acara seminar besar dan lain sebagainya. Karena melihat peluang usaha dengan banyaknya minat konsumen yang meningkat dalam menyewa gedung serbaguna.

Baca Juga: Peluang Usaha Sewa Sepeda pada acara Car Free Day

Apakah Anda harus mempunyai gedung sendiri? Tentunya tidak perlu. Anda bisa saja menjadi agensi penyewaan gedung serbaguna dimana Anda menjadi pihak ketiga dalam melakukan transaksi penyewaan gedung. Caranya, Anda hanya perlu mencari beberapa gedung yang siap untuk disewa dan dapat diajak untuk kerjasama dalam usaha jasa Anda. Mudah bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Membuka Bisnis Penyewaan Gedung

Tidak ada perbedaan antara pemilik gedung maupun agensi jasa penyewaan gedung karena setiap jabatannya memiliki masing-masing tugas. Keduanya sama-sama mempunyai beberapa kelebihan dalam bisnis sewa gedung ini yaitu sebagai berikut,

Dengan Jasa Sewa Gedung, Waktu Bekerja Semakin Fleksibel karena Tidak Perlu “Stand By”

Apakah Anda ingin membuka usaha tetapi masih ingin bekerja? Maka usaha sewa gedung ini akan pas untuk Anda. Mengapa demikian? Karena Anda tidak perlu menetap dalam satu gedung saja, justru Anda bisa sambal bekerja dengan bebas. Tetapi jangan sampai lupa, Anda juga harus melakukan promosi. Bagaimana masyarakat tahu jika usaha Anda tidak melakukan promosi bukan?

Membantu Masyarakat dalam Mencari Gedung yang Tepat

Mencari gedung yang tepat untuk sebuah acara besar ternyata tidak semudah membalikkan tangan. Apalagi untuk mencari gedung untuk pernikahan. Konsumen perlu mencari gedung yang tepat karena akan banyak tamu yang akan datang. Maka dari itu, sebagai seorang agensi, pastinya pekerjaan Anda sangat dibutuhkan sekali.

Berada di lokasi strategis? Dapat Membantu Masyarakat dalam Berkumpul pada suatu Tempat yang Umum 

Apalagi tugas seorang agensi atau pemilik sewa gedung? Tentunya membantu masyarakat berkumpul pada suatu acara penting mereka. Konsumen biasanya memilih lokasi strategis seperti dekat dengan rumah penduduk, dekat dengan jalur tol, atau akses lainnya yang mempermudah tamu untuk datang. Maka dari itu sangat bermanfaat sekali memilik gedung yang mempunyai banyak akses.

Sebagai Agensi, Keuntungan akan lebih Mudah Tercapai

Anda adalah seorang agensi penyewaan gedung? Ya, sebagai agensi tentunya tidak berpatokkan kepada satu gedung saja. Anda bisa menawarkan pelbagai macam gedung yang telah Anda ajukan sebagai salah satu bentuk kerjasama dalam usaha sewa gedung.

Jika ada kelebihan, maka pasti ada kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari bisnis penyewaan gedung.

Sebagai Pemilik Gedung, Harus Punya Fasilitas Sendiri

Ini bisa sebagai kelebihan dan juga kekurangan, karena mempunyai fasilitas sendiri justru mempermudah pelanggan untuk memilih langsung fasilitas dari gedung yang kita sewakan. Tetapi dilain sisi, memiliki fasilitas sendiri itu perlu memakan budget yang cukup tinggi. Maka dari itu, persiapkan fasilitas gedung sedikit demi sedikit.

Tarif Sesuai Kemudahan Akses Gedung

Sebuah tempat yang strategis pastinya akan mendapatkan nilai jual yang tinggi. Contoh seperti rumah tinggal. Sebuah tinggal memiliki pengaruh besar apalagi jika tinggal di tengah perkotaan. Berbeda dengan rumah yang berada di kawasan perkampungan. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan akses-akses apa yang paling mudah untuk dicapai dari gedung tersebut.

Tips Membuka Usaha Sewa Gedung yang Menguntungkan

Sebuah usaha pastinya membutuhkan kerja keras. Tidak ada usaha yang langsung mendapatkan untung dan kaya raya. Berikut beberapa tips untuk membuka bisnis sewa gedung yang dapat membawa untung.

Gedung telah Mempunyai Fasilitas Lengkap

Memiliki gedung merupakan sebuah aset besar, apalagi jika mempunyai gedung yang sudah memiliki fasilitas yang lengkap dari fasilitas katering, sound system, panggung, dan lain sebagainya. Pastinya dengan fasilitas ini gedung milik Anda akan semakin disegani masyarakat karena semua orang ingin memiliki paket lengkap.

Contoh seperti pernikahan. Anda pasti membutuhkan gedung yang sudah memilki fasilitas lengkap. Hal ini akan mempermudah waktu dan budget konsumen sehingga konsumen akan semakin senang. Oleh sebab itu, fasilitas lengkap menjadi rekomendasi nomor  1 dalam bisnis penyewaan gedung.

Desain Gedung yang Fleksible untuk Berbagai Tema Acara

Sebuah gedung yang memiliki fasilitas lengkap belum tentu fleksible untuk pelbagai acara. Karena Anda membutuhkan dekorasi yang umum dan dapat dipakai untuk semua acara.

Baca Juga: Membuka Usaha yang Menjanjikan, Untuk Usaha Utama Atau Sampingan

Misalnya gedung Anda terfasilitasi dengan panggung hiburan serta ruang makan. Anda tidak bisa menggunakan gedung ini sebagai tempat manggung sebuah band atau artis hiburan karena Anda membutuhkan kursi atau sekedarnya berdiri di tempat masing-masing. Pastinya mereka tidak akan memilih gedung Anda karena sebuah acara hiburan membutuhkan tempat yang luas dan juga terbuka.

Manajemen yang Terorganisir

Sebuah manajemen yang baik adalah manajemen yang memiliki karyawan yang sesuai dengan tugasnya masing-masing. Sangat penting sekali dalam sebuah gedung atau tempat penyewaan memiliki karyawan atau penjaga untuk setiap tempatnya. Hal ini dapat mempermudah konsumen dalam melakukan survei atau biasanya “tanya-tanya” mengenai gedung yang Anda sewakan.

Sudah tertarik membuka bisnis sewa gedung serbaguna sendiri? Jangan khawatir dengan lahan, karena Anda bisa saja menjadi agensi sendiri yang lebih fleksibel dari pada memiliki satu gedung. Pastikan Anda selalu mengecek gedung Anda dan selalu terawat dengan baik karena gedung yang bagus adalah gedung yang terawat dan juga memiliki fasilitas yang lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here