Membangun Brand Image, Memajukan Usaha

brand image usaha

Membangun Brand image atau identitas produk adalah ciri khas yang menjadi pembeda produk Anda dengan kompetitor. Hal yang kedengarannya simpel, namun memiliki kegunaan yang luar biasa, khususnya dalam bisnis.

Maraknya trend untuk terjun sebagai pelaku usaha membuat banyak produk-produk atau bisnis yang serupa bermunculan. Sayangnya, hanya sedikit pelaku usaha yang berfokus untuk menciptakan identitas untuk produk mereka. Dengan adanya identitas produk yang baik, menjaring atensi masyarakat akan menjadi sangat mudah. Sebagai salah satu sarana promosi, identitas produk mampu ‘berbicara’ kepada publik dengan hasil yang efektif. Identitas produk yang menonjol dapat membantu mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Pentingnya Brand Image untuk usaha Anda

Jika konsumen sudah terbiasa dan cocok dengan produk Anda, mereka tidak akan mudah berpaling ke brand lain. Secara tidak langsung, identitas produk juga membangun loyalitas. Loyalitas konsumen inilah yang diharapkan oleh setiap pelaku usaha untuk menunjang kelangsungan bisnis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun brand image adalah:

  • Nama dan logo

Pilihlah nama yang simpel agar mudah diingat dan diucapkan. Ada baiknya jika nama yang dipilih memiliki makna tertentu. Bentuk juga sebuah logo yang sesuai dengan produk. Logo inilah yang akan memberikan kesan mewah dan istimewa pada brand yang Anda pilih. Perhatikan juga jenis font dan warna yang digunakan untuk nama dan logo.

  • Target pasar

Anda harus jeli dalam menentukan siapa sasaran utama bisnis Anda. Kalangan          menengah ke atas memerlukan tampilan dan kualitas produk yang mewah. Sebaliknya, kalangan  menengah kebawah mementingkan harga dibandingkan kualitas.

Perkenalkan produk Anda melalui orang-orang yang berpengaruh di suatu kelompok. Berikan sampel gratis dari produk Anda. Jika orang-orang tersebut menyukai produk Anda, mereka akan merekomendasikan produk ke lingkungan sekitarnya. Jangan lupa untuk membuat kartu nama, stiker yang dapat ditempel di kendaraan dan brosur produk. Ke manapun Anda melangkah, brand yang sedang dikembangkan juga harus hadir di sekitar Anda.

  • Panggilan dan sapaan terhadap konsumen

Panggilan atau sapaan untuk konsumen atau calon konsumen berguna untuk memberikan kesan santai dan tidak kaku. Gunakan panggilan atau sapaan yang mudah diucapkan dan diingat. Membangun komunitas yang baik dengan para konsumen Anda akan menghasilkan nilai jual brand yang tinggi.

  • Inovasi dan nilai tambah produk

Berfokuslah pada inovasi produk Anda. Inovasi inilah yang akan menjadi nilai tambah produk Anda. Sebaiknya nilai tambah ini memberikan pengalaman yang baru kepada konsumen sehingga dapat menumbuhkan loyalitas mereka. Nilai tambah bisa berupa kualitas/kuantitas produk, kemasan serta kemudahan mendapatkan produk.

Lakukan evaluasi hasil promosi dan branding yang sudah dilakukan secara berkala. Jangan lupa untuk terus mengacu pada target pasar yang Anda tentukan. Fokuslah pada satu target pasar karena tidak ada produk yang bisa tepat untuk semua golongan. Semoga dengan memahami hal-hal di atas, brand image yang Anda bangun dapat berkembang dan berperan memajukan usaha Anda.

LEAVE A REPLY