5 Manfaat Pameran Bagi Promosi UKM

manfaat pameran

Bagi orang yang baru saja membuka UKM tentunya masih bingung bagaimana mau memasarkan produknya. Jika promosi dengan iklan tentunya mengeluarkan uang yang lumayan mahal. Apalagi iklan belum tentu ada yang baca atau menontonnya. Jika jual beli online pun banyak saingan. Sepertinya cara efektif untuk mempromosikan Produk UKM adalah dengan cara mengikuti pameran (manfaat pameran). Disana bukan hanya keuntungan dari penjualan produk yang di dapat tapi juga bisa banyak kenalan. Jadi kita bisa banyak link atau chanel jika kelak kita akan menjual lagi produk kita.

Berikut manfaat pameran bagi promosi UkM

  1. Meningkatkan Penjualan produk

Ketika pameran berlangsung biasanya berbagai kalangan berkumpul jangan kaget jika Anda bertemu dengan pengusaha dan tiba-tiba dia mau mengorder produk Anda dalam skala besar. Tapi bila ketika pameran Anda belum juga ada orderan jangan pesimis, tetap promosikan produk Anda dengan membagikan brosur yang dilengkapi oleh nomor handphone Anda. Kemungkinan sewaktu-waktu ada yang memerlukan produk yang Anda produksikan.

  1. Tempat Mencari Tambahan Modal

Jika Anda merasa kesulitan modal maka ikutilah pameran karena disana akan banyak pejabat pemerintah dan pengusaha yang datang. Waktu kedatangan mereka biasanya di saat hari pembukaan atau penutupan pameran. Disanalah Anda harus mengadu nyali Anda ketika berpapasan dengan mereka. Anda harus dengan keyakinan dan sikap percaya diri bahwa produk Anda memang pantas untuk dikembangkan dalam skala besar. Dan jika mereka mau menyuntikkan modal ke UKM Anda yakinkan bahwa mereka pasti mendapatkan keuntungan.

  1. Memperluas Jaringan

Di ajang pameran seperti ini dimana berbagai kalangan berkumpul dari masyarakat biasa, pejabat pemerintah, hingga pengusaha yang datang maka manfaatkan pameran ini meski hanya sekedar berkenalan atau bertukar kartu nama. Dengan keramahan, Anda bisa mendapatkan banyak teman sehingga bisa memperluas jaringan. Anda juga bisa bertukar pikiran, mendapatkan informasi bagaimana cara efektif untuk mengembangakn UKM, bagaimana jika mengalami kegagalan dan informasi lainnya yang bermanfaat bagi kemajuan UKM Anda.

  1. Bisa memperbaiki kualitas produk UKM

Di kesempatan sepertinya sepertinya moment yang pas bagi Anda untuk meminta saran dan kritikan bagi produk UKM yang Anda pamerkan. Disana sebaiknya Anda menyediakan kertas kecil untuk meminta saran kekurangan dari produk UKM Anda. Namun jika dinilai tidak efektif lebih baik Anda bertanya langsung kepada pengunjung yang datang setelah mereka menggunakan atau mencicipi produk yang Anda kenalkan.

  1. Survei Pasar

Moment pameran pun bisa digunakan untuk survei pasar. Jadi Anda tahu produk apa yang trend sekarang dan apa yang kira-kira trend di waktu dekat. Sehingga Anda bisa membuat produk yang sesuai dengan keinginan pasar.

LEAVE A REPLY