Bisnis Digital Printing : Usaha Percetakan yang Menjanjikan

Inovasi dari teknologi semakin berkembang pesat. Pada beberapa bidang, teknologi cetak memang menurun, tetapi tidak dengan dunia kreatif yang menjadikan teknologi printing semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan adanya bisnis digital printing.

Bisnis digital printing merupakan salah satu bisnis percetakan yang cukup menjanjikan karena memiliki prospektif dan akan terus berkembang.

Baca Juga : Jangan Asal Buka Bisnis, Ketahui Strategi Ini Agar Usaha Fotokopi Sukses

Apalagi jika melihat perkembangan dan kecanggihan teknologi komputer serta percetakan saat ini, tidak mengherankan jika banyak desain-desain menarik yang bermunculan. Hal tersebut akhirnya membuat bisnis digital printing semakin diminati.

Peluang Bisnis Digital Printing yang Menguntungkan

Bisnis digital printing dapat dikatakan sebagai bisnis yang dekat dengan masyarakat karena banyak sekali masyarakat yang membutuhkannya. Berikut beberapa peluang usaha digital printing yang cukup menguntungkan

Direct to Garmen

Direct to Garmen yang dimaksud ialah bisnis percetakan kaos. Di Indonesia sendiri, bisnis ini sudah berkembang sangat pesat dan merupakan salah satu usaha yang paling menguntungkan. Pengoperasian dan hasil yang bagus membuat bisnis ini semakin diminati.

Kebanyakan bisnis digital printing kaos menerapkan sistem custome atau sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya kaos dipesan untuk keperluan institusi pendidikan atau kantor yang ingin membuat seragam.

Stiker

Bisnis stiker yang bisa dijalankan jenisnya beragam. Mulai dari stiker mobil, motor, helm, hingga stiker kaca yang digunakan untuk menghias penampilan.

Untuk berbisnis stiker, Anda membutuhkan mesin cutting sticker yang bisa digunakan sebagai mesin pencetak pakaian. Bedanya mesin ini membutuhkan bahan khusus yang akan ditempelkan menggunakan press kaos agar bahan tersebut dapat melekat dengan sempurna.

Mug

Anda pasti tahu kan apa itu mug? Mug merupakan gelas yang memiliki gagang dan biasanya diberi gambar atau desain khusus. Anda memerlukan mesin press mug, yang nantinya digunakan untuk mencetak desain menggunakan printer dengan tinta sublim. Tinta sublim akan di tempelkan pada mug sebelum akhirnya di press agar gambar dapat menempel pada mug.

Pin

Meksipun hanya barang kecil, siapa sangka jika pin memiliki banyak peminat. Peminat pin bukan berasal dari kalangan biasa. Biasanya pin dipesan khusus saat musin liburan dan kampanye tiba. Berbisnis pin ini cukup mudah karena Anda hanya memerlukan mesin press pin.

Mesin tersebut bekerja mengunakan kertas injek yang sudah dicetak dengan desain bulat menyerupai pin. Setelah itu, desain tinggal ditempelkan pada pin dan di press menggunakan mesin press pin.

Stempel

Setiap institusi atau perusahaan pasti memerlukan stampel. Bisnis ini cukup menguntungkan karena banyak yang menggunakan stempel. Entah untuk bukti pelunasan pembayaran atau untuk pengesahan sebuah dokumen.

Cara Memulai Bisnis Digital Printing

Banyak pemula bisnis yang kebingungan harus memulai bisnis dari mana. Berikut cara memulai usaha digital printing

Persiapan Modal

Modal adalah hal utama yang harus Anda persiapkan. Buatlah rincian mengenai barang-barang apa saja yang Anda butuhkan selama menjalankan bisnis. Jangan lupa untuk mencantumkan modal untuk penentuan lokasi yang strategis.

Bisnis digital printing bukanlah bisnis musiman, Akan selalu ada pelanggan yang membutuhkan digital printing. Tak memungkiri jika Anda akan sibuk karena akan memperoleh banyak orderan.

Menentukan Lokasi Bisnis

Lakukan penentuan pada lokasi bisnis. Pastikan lokasi bisnis Anda merupakan lokasi yang strategis. Untuk pemula seperti UKM, Anda bisa memulai lokasi yang dilalui banyak orang. Selain memudahkan akses untuk pelanggan, lokasi tersebut diharapkan mampu mempermudah strategi promosi.

Tentukan Target Pasar

Penentuan target pasar harus dilakukan agar Anda dapat mempertimbangkan targetnya. Target Anda bisa saja dari kalangan remaja ataupun dewasa. Saat mendapatkan banyak orderan, hal tersebut akan menuntut Anda untuk bekerja lebih baik agar menghasilkan kualitas yang baik pula.

Memilih Mesin Digital Printing

Lakukan kunjungan ke toko mesin digital yang sudah terpercaya dan konsultasikan mengenai mesin apa yang cocok dengan bisnis Anda. Carilah mesin yang sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Melakukan Pemasaran

Selain bisa dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, Anda juga bisa melakukan promosi melalui media sosial. Pemasaran melalui media sosial merupakan cara yang cukup efektif karena bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Berikan diskon atau bonus untuk pemesanan dalam jumlah banyak. Cara ini dilakukan agar Anda bisa menggaet pelanggan baru atau memberikan kepuasan kepada pelanggan lama.

Bersaing dengan Kompetitor

Dalam berbisnis, persaingan merupakan hal yang tak bisa dihindari. Anda harus siap bersaing secara sehat dengan para kompetitor. Buatlah ciri khas dan kelebihan usaha Anda seperti kualitas yang lebih baik dengan harga terjangkau supaya komsumen tertarik.

Tips Memulai Usaha Digital Printing dengan Modal Kecil

Siapa bilang jika berbisnis digital printing harus mengeluarkan modal yang besar? Memulai usaha digital printing sangat mungkin dilakukan meskipun Anda hanya memiliki modal pas-pasan. Berikut tipsnya

Target Pasar Maupun Konsumen

Penentuan target tetap harus dilakukan meski memulai usaha hanya dengan modal kecil. Tentukan target pasar dan juga konsumen. Penentuan target bisa dilihat berdasarkan lokasi usaha yang Anda miliki. Jika toko yang Anda buka berada di kawasan perkantoran, maka pasar Anda merupakan karyawan dari beberapa perkantoran tersebut.

Pilih Jenis Mesin Digital Printing yang Hemat

Usahakan untuk memilih mesin digital printing yang hemat, terutama dalam hal tinta. Jangan sampai Anda harus terus-terusan mengganti karena memiliki kualitas yang buruk. Sebaiknya pilih mesin dan tinta yang pemakaiannya sedikit namun tetap memiliki kualitas cetak yang cukup tajam.

Pilih Mesin Digital Printing yang Memiliki Kecepatan Software Terbaik

Pemilihan software yang baik dapat membantu Anda mengatur pengeluaran tinta. Nantinya akan membantu printer dalam penyemprotan tinta di titik yang diinginkan.

Kelebihan Berbisnis Digital Printing

Kecanggihan teknologi memang memberikan banyak sekali kemudahan. Dulu, pencetakan hanya bisa dilakukan dalam jumlah yang besar karena proses produksi memerlukan biaya yang sangat mahal. Seiring berjalannya waktu, mencetak bisa dilakukan secara bebas, baik satuan maupun ribuan. Tak hanya itu, proses pun bisa dilakukan hanya dengan beberapa menit saja.

Kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang yang dicetak seperti banner, stiker, spanduk, kartu nama, dan lainnya menjadikan usaha digital printing sebagai usaha yang sangat menjanjikan, asalkan Anda mau fokus dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

Media yang Bisa digunakan untuk Bisnis Digital Printing

Media Flexi

Flexi biasa digunakan untuk beragam kebutuhan seperti baliho, billboard, banner, giant banner, ataupun spanduk.

Media Stiker

Untuk media stiker, terdapat dua media yakni gloss dan matte/doff. Biasanya media ini digunakan untuk iklan mobil, branding mobil, branding bus dan ada juga yang ditempel di dinding dengan menggunakan triplek melamin.

Media One Way Vision

Ditempel seperti stiker dibagian kaca. Seoerti kaca mobil, kaca bus, kaca kantor, dan kaca gedung. Berbeda dengan stiker, media One Way Vision tidak akan menghalangi pandangan Anda.

Media Wallpaper

Salah satu media baru yang memberikan keleluasaan dalam mendekor ruangan sesuai dengan desain yang diinginkan

Mesh

Media ini mirip dengan media flexi. Hanya saja, bahannya berlubang karena pada umumnya bahan ini digunakan untuk membuat iklan-iklan yang ditempel di gedung-gedung yang tidak menggunakan kontrusksi seperti billboard.

Baca Juga : Bisnis Hijab Printing, Pencetak Uang Baru dalam Dunia Fesyen

PVC Banner

Media baru dalam aplikasi banner agar media selalu tanpak rapi dan tidak melengkung

Backlite Film

Untuk aplikasi neonbox di dalam ruangan yang tanpa serat media

Photo Paper dan PP Paper

Photo Paper digunakan untuk mencetak foto, sedangkan PP Paper digunakan untuk banner.

Semoga ulasan diatas bermanfaat. Yang terpenting adalah Anda mau berusaha dan konsisten terhadap usaha yang akan atau sedang Anda jalani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here