BCA Gebyar UKM 2016 Siap Memajukan Kewirausahan di 18 Kota

Jangan pernah menganggap remeh para pelaku UKM, karena mereka justru menjadi tulang punggung perekonomian negara ketika krisis moneter terjadi di tahun 1997. Para pelaku wirausaha juga bisa dibilang sebagai pendukung kemajuan negara Indonesia. Oleh sebab itu BCA Gebyar UKM dilaksanakan untuk turut memajukan kewirausahaan Indonesia.

Acara yang dilaksankan di 18 kota ini akan dengan menghadirkan berbagai macam program yang inovatif dan tepat guna bagi UKM, diantaranya adalah acara BCA Gebyar UKM Indonesia 2016 dengan tema “Membangun Kewirausahaan Lokal”. Acara ini tak terlepas dari MarkPlus, Inc mendeklarasikan diri sebagai Social Business Enterprise pada 12 Mei 2015, dengan komitmen penuh mendukung tumbuh dan berkembangnya UKM di Indonesia.

Pada edisi perdana ini MarkPlus, Inc. bekerjasama dengan berbagai pihak seperti oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Bank BCA, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Lazada, LLP-KUKM, Galeri Indonesia WOW dan pihak-pihak lainnya untuk menghadirkan topik-topik menarik yang membuka peluang bagi UKM untuk mendapatkan Ilmu, jaringan, serta kesempatan ikut kurasi produk.

Baca Juga : Usaha kecil kecilan Untung Besar

Hermawan Kartajaya selaku President Asia Council for Small Business mengatakan acara ini diperuntukan bagi pelaku UKM agar bisa bertahan di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). “Banyak hal yang diperlukan oleh UKM seperti produk bagus, pelayanan baik, kualitas, dan kontinuitas yang terjaga”, jelas Hermawan. Hermawan juga menambahkan mentalitas dan manajemen yang baik juga sangat penting bagi UKM untuk tetap maju pada derasnya persaingan MEA.

Acara BCA Gebyar UKM ini menghadirkan tiga agenda utama pada setiap kegiatanya yaitu seminar, kurasi produk, dan juga pameran. Acara ini memang sengaja dibuat untuk membuka peluang bagi para UKM untuk menunjukan kualitas produknya melalui kurasi yang dipilih oleh Staf Khusus Menteri Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Samuel Wattimena dan para Kepala Dinas Provinsi kota terkait.

Produk yang lulus tahap kurasi akan mendapatkan berbagai benefit diantaranya adalah tempat berpromosi di Galeri Indonesia WOW dan kesempatan pembuatan sertifikat Hak Cipta dan Merek.

Acara ini juga mengajak produk-produk UKM lokal untuk melakukan pameran agar lebih dikenal oleh masyarakat. Tidak lupa ajang ini menjadi sarana pemberian apresiasi dari organisasi small medium enterprise dunia yaitu International Council for Small Business (ICSB) kepada insan penggiat UKM Indonesia yang didasari 4 pilar yaitu Policy Maker, Academicians, Researcher, & Business Practitioner.

Dan besok 27 Oktober 2016, Bandung  akan menjadi tempat kesembilan diselenggarakanya BCA Gebyar UKM tahun ini. Acara diselenggarakan di Auditorium RRI Bandung. Setelah Bandung Gebyar UKM akan kembali digelar di 17 kota besar lainya yaitu Manado, Pontianak, Jogja, Semarang, Banda Aceh, Padang, Banjarmasin, Jayapura, dan ditutup dengan Bali. Dengan begitu acara gebyar UKM ini akan menghasilkan wirausaha yang siap memajukan perekonomian Indonesia.

LEAVE A REPLY