5 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Menunjang Kemajuan Bisnis Anda

Seiring berjalannya waktu, dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Termasuk teknologi di dalam dunia bisnis. Salah satu teknologi terkini yang dapat membantu Anda dalam hal efisiensi bisnis adalah point of sales atau yang biasa disebut dengan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir belakangan sedang menjadi tren dan digunakan oleh banyak pengusaha untuk memudahkan transaksi agar lebih efisien. Dengan memanfaatkan aplikasi kasir, Anda dapat mengganti cash register manual dengan sebuah sistem pencatatan penjualan yang lebih efektif.

Belum banyak masyarakat yang mengetahui manfaat aplikasi kasir untuk menunjang bisnis mereka. Padahal dengan adanya aplikasi kasir, bisnis mereka bisa mendapatkan manfaat seperti:

  1. Efisiensi waktu

Salah satu manfaat aplikasi kasir yang bisa dirasakan langsung oleh pemilik bisnis adalah efisiensi waktu. Bayangkan jika Anda harus mencatat semua transaksi penjualan yang terjadi di toko Anda. Belum lagi ketika harus mencatat sisa inventaris yang Anda miliki setiap saat. Tentu ini jadi hal yang cukup merepotkan bukan?

Dengan aplikasi kasir, setiap transaksi penjualan akan tersimpan otomatis di dalam sistem yang bisa Anda lihat kapanpun. Beberapa penyedia layanan aplikasi kasir seperti Moka  bahkan memiliki fitur inventaris yang bisa mengatur jumlah bahan baku yang Anda gunakan.

  1. Menganalisis bisnis Anda

Aplikasi kasir yang baik dapat memberikan gambaran singkat bisnis Anda secara keseluruhan dengan mencatat semua cash flow secara otomatis. Selain itu, data mengenai rangkaian produk yang Anda miliki pun dapat kamu temukan dengan mudah.

Keuntungan lain yang didapatkan adalah Anda dapat menyimpan laporan mengenai status informasi keuangan hingga penjualan Anda. Selanjutnya, berdasarkan laporan tersebut Anda dapat melihat bagaimana performa bisnis Anda, seperti item apa yang paling banyak terjual dan lain sebagainya.

  1. Mengatur keuangan Anda secara akurat

Seperti yang sudah Anda ketahui, aplikasi kasir dapat mencatat semua rincian penjualan toko Anda dengan akurat dan cepat. Ia secara otomatis menjumlahkan total penjualan dalam beberapa periode, seperti satu hari, satu minggu, dan satu bulan, tanpa perlu Anda hitung secara manual. Tentunya hal ini dapat menghindari Anda dari risiko salah penghitungan, terutama jika terjadi banyak transaksi dalam satu hari.

Adanya penghitungan secara otomatis ini dapat membantu Anda mengatur keuangan dengan efisien. Anda bisa mengetahui kapan harus menambah stok barang hingga menghitung berapa keuntungan yang Anda dapatkan.

  1. Pilihan pembayaran yang lebih lengkap

Di zaman sekarang, masyarakat semakin mengandalkan metode pembayaran non tunai karena mereka tidak perlu repot-repot membawa uang tunai. Aplikasi kasir memiliki kapasitas untuk menerima transaksi pembayaran dalam bentuk yang berbeda-beda.

Sehingga, pelanggan Anda dapat menggunakan alternatif metode pembayaran yang lain selain uang tunai. Mulai dari sesederhana kartu debit, kartu kredit, hingga mobile wallet seperti Android Pay, OVO, GO-PAY, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, melihat antrian panjang saat pelanggan hendak membayar adalah hal yang cukup meresahkan. Ini mungkin terjadi ketika karyawan Anda harus mencatat satu per satu secara detil pembelian dari pelanggan. Akibatnya, antrian panjang tidak dapat dihindari dan banyak pelanggan yang merasa sebal.

Manfaat aplikasi kasir yang lain adalah mempercepat transaksi yang terjadi saat pelanggan hendak membayar. Bahkan, aplikasi kasir dapat membantu Anda memisahkan bill milik pelanggan secara instan. Ditambah, aplikasi kasir akan menyimpan struk penjualan secara otomatis sehingga karyawan Anda tidak perlu repot mengumpulkan struknya.

Selain itu, aplikasi kasir dapat menyimpan data pelanggan Anda secara otomatis dan melacak pembelian mereka sebelumnya. Dengan fungsi ini, sebagai pemilik bisnis Anda bisa mengetahui item mana yang paling sering pelanggan Anda beli. Informasi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah loyalty program dan mengirimkan penawaran spesial terkait item yang mereka sukai.

Pada dasarnya, dengan memiliki aplikasi kasir, Anda berkesempatan untuk mengenal pelanggan Anda lebih baik sekaligus meningkatkan performa penjualan Anda jadi lebih baik.

SHARE
Content writer GoUKM.id dan marketing GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY