5 Jasa Pengiriman Barang yang Siap Membantu Bisnis Anda, Siapa Saja Mereka?

Bisnis Online Booming, Bukan Hanya Penjual dan Pembeli Online saja yang diuntungkan dengan naik daunnya bisnis ini. Namun juga sang pengantar barang atau lebih dikenal dengan kurir. Tanpa jasa pengirim barang ini tentunya bisnis online akan mandek di tengah jalan.

Dulu jasa pengirim barang hanya dilakukan melalui kantor pos saja. Namun sejak banyaknya permintaan untuk pengiriman barang baik untuk dalam kota, luar kota maupun dalam negeri membuat jasa pengirim barang cukup berkembang di Indonesia.

Lalu apa saja brand jasa pengirim barang di Indonesia? Lalu bagaimana sejarah berdirinya? Bagaimana cara mereka bertahan di tengah persaingan?

POS Indonesia

jasa pengirim barang

Keberadaan Pos Indonesia tentunya jauh lebih tua dibandingkan dengan jasa pengiriman barang lainnya yang ada di Indonesia. Bahkan lebih tua dibandingkan usia kemerdekaan negara kita. Kantor Pos berdiri pertama kali di Batavia yang sekarang dikenal dengan nama Jakarta.

Jasa Pengirim berplat orange bata ini didirikan oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Unhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa. juga bagi mereka yang datang dari dan pergi ke negeri Belanda.

Pos Indonesia telah berganti status hingga beberapa kali mulai dari Jawatan PTT, Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi, Perusahaan Negara Pos dan Giro, Perum Pos dan Giro, lalu menjadi PT Pos Indonesia (Persero).

Baca Juga: Cara kirim barang via pos 

Seiring berjalannya waktu, Pos Indonesia kini sudah mampu menunjukkan kreatifitasnya dengan memanfaatkan insfraktruktur jejaring yang dimilikinya hingga mencapai sekita 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/ desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Dan seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 4.800 kantor pos online jumlah titik layanan mencapai 58.700 titik dalam bentuk kantor pos, agen pos, mobile postal service, dan lain-lain.

JNE

jasa pengirim barang

Bagi yang sering mengirim barang pasti tak asing dengan nama ini JNE. Perusahaan yang memilki nama reski PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (TiKi JNE) ini didirikan sejak tanggal 26 November 1990 oleh H Soprapto Suparno.

Awalnya JNE dan TiKi (Titipan Kilat) merupakan satu perusahaan. JNE merupakan bagian dari TiKi, yang mengurusi bagain untuk jaringan kurir internasioanl yang kegiatan usahanya terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan atau impor kiriman barang atau dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Namun karena melihat plasa domestik di Indonesia cukup menjanjikan akhirnya JNE merambah ke pasar domestik pula sehingga selama beberapa lama JNE dan TiKi meski dalam satu naungan namun saling berkompetisi. Hingga kahisrnya JNE menjadi perusahaan sendiri dengan manajemen sendiri dan memiliki logo sendiri.

Titipan Kilat (TIKI)

jasa pengirim barang

Meski ditengah persaingan perusahaan yang bernama PT Citra Van Titipan Kilat ini tetap bisa bertahan. Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1970 oleh Soprapto dan Ny Nuraini Soeprapto ini kini memiliki 500 kantor perwakilan  yang mampu menjangkau pelosok baik di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Kirim barang ke luar negeri via Tiki 

TiKi kini juga memberikan kemudahan kepada konsumen secara penuh dengan membuka layanan hingga 24 jam di 9 titik sales counter dengan layanan drive thru. Dengan sistem kerja yang modern dengan teknlogi komputer memudahkan untuk memonitor mulai dari awal pengiriman, tracking, hingga status penerima.

Kini TiKi pun telah meraih berbagai penghargaan seperti Top Brand Award dengan kategori Courier Service di tahun 2013, Superbrands kategori Express Courier Service di tahun 2015, Indonesian Most Favorite Women di tahun 2015, Indonesia Wow Brand 2015 dan Sevice Quality (SQ) Golden Award tahun 2016.

SAP Express Courier

jasa pengirim barang

Jika dulu para pengirim jasa barang harus datang ke kantor lalu barang baru dikirim namun tidak lagi. Karena sejak tahun 2014 telah berdiri SAP Express Courier. Salah satu jasa pengiriman barang ini, kurir pertama yang menggunakan sistem online lewat android hingga sekarang banyak perusaah jasa yang mengikuti jejaknya.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jalan Pancoran Tumur Raya ini meski usiannya terbilang baru namun sudah memiliki cabang dan agen utama kurang lebih 70 buah, kurir dan suporting stadd 1200 di seluruh Indonesia yang terdiri dari 900 kurir motor,48 Blind Van 48, Truck CDE 16, Truk CDD 8 dan perwakilan kurang lebih 200.  Dan melayani secara kontinyu  pengembangan jaringan mulai dari kantor cabang di kota provinsi, maupun kantor cabang  pembantu di seluruh Indonesia agar semaksimal mungkin bisa melayani kiriman ke tujuan-tujuan di Indonesia.

Selain itu SAP juga memberikan jaminan keamanan data pelanggan 24 jam melalui dedicated sistem  yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berbasis cloud computing. Tak hanya itu SAP juga memberikan garansi kiriman misalnya penggantian barang yang hilang atau rusak 100% dari harga barang.

SAP juga menyediakan lapangan menyediakan privileg utuk para pelanggan korporasi berupa useri id dan log in pasword yang bisa diakses oeh single user maupun multiuser yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk bisa mengetahui secara menyeluruh status kiriman.

Kargo.co.id

Merupakan salah satu jasa pengiriman barang yang menggunakan teknologi yang menghubungkan antara perusahaan logistik dengan pengirim secara online. Vendor yang terdaftar telah melalui survei secara aspek legal, perizinan serta kondisi lapangan. Untuk menjaga keamanan barang, setiap pengiriman akan dihubungkan dengan perusahaan asuransi dari mitra Kargo.co.id.

Cargo sendiri merupakan pengiriman semua barang naik lewat udara laut atau darat dan biasanya untuk diperdagangkan baik  antara wilayah/ kota di dalam negeri maupun antar negara yang dikenal dengan istilah ekspor dan impor.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY