4 Cara Transaksi Aman Untuk Pengusaha Online Maupun Pembeli

Kesibukan membuat sebagian orang tidak menyempatkan waktu untuk berbelanja. Untungnya kini sudah banyak bertebaran toko online jadi hanya dengan sekali smartphone atau komputer mereka berbelanja bisa dilakukan disela-sela kesibukan. Namun Perlu di perhatikan cara aman transaksi online.

Berbelanja online memang menyenangkan karena kita tidak perlu ke toko tempat barang itu tersedia, tapi sayangnya bisnis ini juga banyak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntugan. Sehingga cukup banyak laporan penipuan yang dilakukan oleh penjual online gadungan bahkan pembeli.

Kasusnya beragam mulai dari barangnya tidak sesuai dengan yang dideskripsikan sampai memalsukan struk pembayaran. Nah, mengenai transaksi memang msalah yang paling vital. Untuk itu kali ini kami akan berbagi beberapa pilihan cara aman transaksi online untuk pengusaha online dan pembeli.

4 Aman Transaksi Online Untuk Jual-Beli di Indonesia

COD (Cash on Delivery)

Sistem pembayaran ini sangat aman karena penjual dan pembeli melakukan transaksi secara langsung dengan mementukan tempat pertemuan. Setelah transaksi dilakukan penjual akan langsung memberikan barangnya kepada pembeli. Kelebihan sistem pembayaran ini adalah pembeli tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya pengiriman dan bisa melihat langsung kondisi barang.

Cara transaksi ini juga beresiko bagi penjual karena harus bertemu diisatu tempat. Nah, untuk mencegah terjadinya kejahatan penjual perlu mengetahui kondisi lokasi pertemuan. Jangan mengiayakan jika si pembeli mengajak transaksi di tempat yang sepi. Bukan hanya itu pilih lah waktu yang masuk akal, maksudnya adalah jam-jam yang maih banyak orang yang beraktifitas. Bisa saat istirahat jam kantor atau pulang kantor.

Transfer Antar Bank

Cara transaksi aman selanjutnya adalah transfer antar bank yang juga aman untuk jadi metode transasksi. Namun saran kami untuk pembeli sebaiknya perhatikan terbelih dahulu reputasi si penjual. Karena banyak sekali kasus penipuan pembeli sudah melakukan transasksi namun barang tidak juga kunjung di kirim. Dan untuk penjual, Anda juga harus berhati-hati saat penjual sudah mengirimkan bukti transasksi, pastikan bahwa benar saldo Anda sudah bertambah baru melakukan proses pengiriman barang. Jika pembeli sudah memberikan bukti transaski tapi saldo Anda belum juga bertamabah baiknya Anda beritahu pelanggan dengan sopan bahwa belum ada transaksi yang masuk. Jangan sampai terburu-buru menuduh konsumen ingin menipu Anda. Karena bisa jadi permasalahannya ada di bank yang dipilih oleh pelanggan untuk melakukan transaksi.

Rekber atau Rekening Bersama

Cara lainnya adalah dengan menggunakan rekening bersama. Apa  itu rekening bersama? Metode transaksi ini menggunakan pihak ketiga. Tidak seperti melalui transfer bank, rekber menggunakan lembaga pembayaran yang telah dipercaya baik oleh pihak penjual ataupun pembeli. Pihak ketiga akan menapung dana transaksi jual beli online, jika  transaksi gagal, maka uang akan dikembalikan ke pembeli 100%. Keuntungan menggunakan Rekber ini adalah prosesnya lebih cepat dan tanpa registrasi. Selain itu, keamanannya juga sangat terpercaya karena dana pembelian akan bisa ditarik oleh penjual jika barang yang dibeli sudah sampai ke tangan pembeli dan seperti yang kami bilang, transaksi bisa digagalkan jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan. Namun barang juga harus dikembalikan ke penjual. Sistem ini biasa digunakan oleh member forum jual beli Kaskus, yang mempercayakan mangmangrekber sebagai pihak penengah transasksi antar penjual dan pembeli.

Pembayaran melalui payment gateway

Payment gateway adalah salah satu metode yang juga cukup aman untuk melakukan jual-beli di website e-commerce Anda dengan merchant bank Anda. Kini sudah cukup banyak startup yang menyediakan layanan payment gateway ini di Indonesia. Namun sayangnya masih sedikt orang yang menggunakannya karena takut terjadi penipuan. Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti karena kini sudah cukup banyak payment gateway yang sudah banyak payment gateway yang sudah kredible dan bekerja sama dengan bank-bank di tanah air. Seperti misalnya Doku, iPaymu, veritrans, TrueMoney, Finpay dan masih banyak lainnya. Dengan menggunakan sistem pembayaran ini Anda bisa dimudahkan dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit atau debit dari berbagai bank.

Nah, jadi demikian lah 4 cara aman transaksi online yang bisa digunakan penjual dan pembeli. Dapat disimpulkan bahwa dari keempat cara aman transaksi online di atas sebenarnya semua sama-sama aman, ASAL pembeli atau pun penjual cermat. Artinya pada saat membeli barang sebaiknya selidiki terlebih dahulu kredibilitas penjual dan bagaimana respons kostemer yang membeli produk mereka. Bila mencurigakan baiknya Anda lakukan pembelian di marketplace atau toko online terpercaya lainnya. Meskipun harganya tidak serupa tapi menghindari penipuan itu lebih baik. Dan untuk penjual jangan langsung gegabah mengirimkan barang, pastikan kalau pembayaran sudah sukses baru Anda bisa melakukan pengiriman.

Semoga informasi cara aman transaksi online di dunia maya ini berguna baik bagi pengusaha toko online maupun pembeli. Jadilah pembeli yang cermat dan penjual yang jujur sahabat UKM! Salam sukses!

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY